• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Yoga Mampu Meredakan Tingkat Stres, Wajib Dicoba!

Alasan Yoga Mampu Meredakan Tingkat Stres, Wajib Dicoba!

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Tekanan pekerjaan atau berbagai masalah yang menimpa dalam hidup terkadang menyebabkan kondisi stres pada seseorang. Tingkat stres yang tidak dikelola dengan baik menyebabkan berbagai dampak buruk pada kesehatan. Penurunan konsentrasi, hilangnya nafsu makan, terganggunya hubungan sosial, hingga kondisi gangguan mental lainnya dapat menjadi risiko dari stres yang tidak dikelola dengan baik.


Baca juga: Mau Kurangi Stres, Yoga Saja


Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk mengelola stres, salah satunya dengan melakukan olahraga yoga. Kegiatan yoga dinilai cukup efektif untuk membantu kamu mengatasi kondisi stres. Tidak ada salahnya kenali lebih banyak mengenai olahraga yoga dan berbagai pose yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini.


Inilah Alasan Yoga Mampu Redakan Stres

Banyak orang yang menganggap olahraga yoga hanya dapat digunakan untuk meregangkan tubuh dan bermanfaat mengatasi nyeri sendi yang dialami. Padahal, olahraga yoga sendiri memiliki banyak manfaat yang belum diketahui, salah satunya untuk meredakan stres yang dialami.


Yoga lebih dari sekedar olahraga fisik. Melansir dari Teens Health, kunci untuk dapat melakukan yoga dengan optimal dengan fokus pada pikiran dan juga pernapasan. Kegiatan ini dapat menyatukan disiplin fisik dan juga mental sehingga tubuh dan pikiran akan merasa lebih tenang dan damai. Inilah alasan mengapa yoga dinilai mampu membuat seseorang merasa lebih rileks dan dapat mengelola stres serta kecemasan lebih baik.


Melansir Mayo Clinic, ada beberapa komponen inti dari olahraga yoga yang akan kamu lakukan sehingga manfaatnya lebih optimal. 


1.Pose

Pose yoga merupakan rangkaian gerakan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan serta kelenturan tubuh.


2.Pernapasan

Belajar mengontrol pernapasan merupakan hal penting dalam yoga. Dengan mengontrol pernapasan, kamu dinilai akan mampu mengontrol tubuh serta menenangkan pikiran.


3.Meditasi atau Relaksasi

Tahap meditasi atau relaksasi dalam yoga akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih tenang dan selalu berpikir positif.


Baca juga: 5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa


Itulah beberapa alasan yoga dapat membantu kamu untuk mengelola stres dengan baik. Jika kondisi stres dirasa sudah mengganggu aktivitas dan kondisi kesehatan fisik, jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog untuk penanganan yang tepat.


Siapa Saja yang Boleh Melakukan Yoga?

Memilih gerakan atau postur yang tepat tentunya dapat mengoptimalkan manfaat dari yoga. Untuk membantu kamu mengontrol stres, kamu dapat melakukan beberapa postur yoga, seperti cat pose, child pose, pigeon pose, tree pose, happy baby, seated forward fold, dan juga savasana. Jangan lupa untuk meminta bantuan pada orang-orang yang terlatih agar kamu dapat melakukan gerakan atau postur dengan tepat.


Lalu, siapa saja yang boleh melakukan yoga? Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi ada beberapa gerakan yoga yang sebaiknya dihindari bagi orang-orang yang memiliki kondisi, seperti:


  1. Seseorang dengan penyakit hernia.
  2. Pernah memiliki riwayat penggumpalan darah.
  3. Memiliki gangguan penglihatan, seperti penyakit glaukoma.
  4. Sedang menjalani kehamilan.
  5. Mengalami gangguan keseimbangan tubuh.
  6. Memiliki riwayat penyakit osteoporosis.
  7. Mengalami gangguan pada tekanan darah.


Baca juga: 4 Gerakan Ringan untuk Meningkatkan Kebahagiaan


Sebaiknya segera hentikan yoga saat kamu mengalami gangguan pada tubuh, seperti nyeri. Konsultasikan pada dokter sebelum kamu melakukan yoga agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Yoga: Fight Stress and Find Serenity.
Very Well Mind. Diakses pada 2020. How Yoga Can Help Reduce Stress.
Teens Health. Diakses pada 2020. Why Yoga for Stress Relief?