14 March 2018

Alat Bantu Olahraga yang Perlu Diketahui

Alat Bantu Olahraga yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang baru gabung di gym dan masih belum familiar dengan alat-alat bantu olahraga yang ada di sana, perlu banget untuk membaca artikel ini. Sebelum mengulik lebih dalam, kamu perlu tahu dulu kenapa butuh alat bantu olahraga.

Beberapa latihan dalam olahraga tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong, butuh alat bantu olahraga untuk memaksimalkan latihan sehingga terfokus pada otot yang ingin dibentuk. Selain manfaat fungsionalnya, alat bantu olahraga juga didesain guna menghindari kejenuhan saat latihan. Variasi dalam olahraga dapat membuat olahraga jadi menyenangkan. Nah, inilah macam-macam alat bantu olahraga yang perlu diketahui!

  1. Weight Plates

Kalau kamu melihat sesuatu berbentuk pipih seperti setir mobil dan berat, itu namanya weight plates dan digunakan untuk beban tambahan saat latihan angkat beban. Kamu bisa menggunakannya untuk membentuk otot tubuh ketika melakukan latihan fisik.

  1. Fitness Bench

Fitness bench adalah alat bantu olahraga seperti dudukan atau malah lebih menyerupai papan setrikaan dengan permukaan yang keras. Alat ini digunakan untuk latihan variasi seperti push up, sit up, squat dan lain-lain.

  1. Swiss Ball

Swiss ball adalah bola karet besar dengan ukuran diameter 45-75 sentimeter. Bola ini digunakan untuk latihan keseimbangan, ketahanan postur tubuh serta jenis latihan lain yang biasa dilakukan praktisi pilates maupun yoga.

  1. Matras

Banyak yang masih mengecilkan fungsi matras sebagai alas untuk melakukan olahraga. Sifat matras yang stabil dengan bidang bergerigi membuat kaki dan tubuh memiliki pijakan yang kuat sehingga tidak gampang bergeser saat melakukan gerakan. Apalagi kalau misalnya kamu berkeringat, struktur matras membuat pijakan kamu tetap kokoh walau matras basah.

  1. Leg Press Machine

Bentuknya seperti tempat duduk dengan posisi 45 derajat dan beban terpasang di tempat pijakan kaki. Alat ini digunakan untuk melatih otot betis dan paha dengan beban berat yang dapat diatur sesuai dengan keinginan.

  1. Chest Press Machine

Sesuai dengan namanya untuk alat bantu olahraga yang satu ini digunakan untuk membentuk otot dada dan melatih otot lengan juga secara tak langsung. Sama seperti alat lainnya, pengaturan bebannya bisa disesuaikan kenyamanan penggunanya.

  1. Treadmill

Bisa jadi alat bantu olahraga ini yang paling familiar di kamu. Tapi, apakah kamu sudah memaksimalkan fungsinya dengan benar? Pengaturan treadmill bisa dibikin sesuai dengan kebutuhan penggunannya. Trek seperti apa yang diinginkan, apakah mendaki, sedikit berbatu, datar atau kombinasi diantaranya? Variasi seperti ini membuat kamu tidak akan bosan walaupun hanya lari di gym. Kombinasi beban dan tantangan memberikan sensasi yang tak jauh berbeda kalau kamu lari di outdoor.

  1. Hip Abductor Machine

Alat ini paling pas digunakan untuk wanita yang ingin melatih otot pahanya. Penggunaan yang praktis dan nyaman akan membuat kamu betah berlama-lama menggunakannya. Jangan heran kalau pahamu akan berasa pegal sangat tapi pembentukan yang dilakukan melalui alat ini bisa masuk kategori maksimal.

  1. Chest Incline

Bentuknya seperti tempat duduk dengan dua pengait di belakang yang ditarik ke depan dan ke belakang untuk latihan. Fungsi alat ini tak lain membentuk otot dada depan dan mengencangkan lengan bagian dalam. (Baca juga Ketika Sakit, Bed Rest atau Olahraga?)

Punya pertanyaan soal alat bantu olahraga ataupun hal-hal lain seputar kesehatan lainnya? Bisa didiskusikan langsung dengan dokter-dokter yang ada di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.