20 March 2019

Aldi Taher Terkena Pembengkakan Kelenjar Getah Bening, Ini Penyebabnya

Aldi Taher Terkena Pembengkakan Kelenjar Getah Bening, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Kelenjar getah bening adalah kelenjar kecil yang berfungsi untuk menyaring getah bening, cairan bening yang bersirkulasi melalui sistem limfatik. Pembengkakan ini terjadi karena respons terhadap infeksi dan tumor. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja, dan aktor sinetron Aldi Taher menjadi salah satunya.

Cairan limfatik beredar melalui sistem limfatik yang terbuat dari saluran di seluruh tubuh, bentuknya sangat mirip dengan pembuluh darah. Sementara itu, kelenjar getah bening adalah kelenjar yang menyimpan sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk membunuh segala organisme penyebab penyakit.

Kelenjar ini terletak di seluruh tubuh. Kelenjar ini ditemukan di bawah kulit di banyak daerah, termasuk ketiak, bawah rahang, kedua sisi leher, kedua sisi pangkal paha, dan di atas tulang selangka. Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi terjadi pada tempat yang sesuai, misalnya penyebab kelenjar getah bening membengkak di leher terjadi karena respons terhadap infeksi saluran napas bagian atas.

Baca juga: Dari Penyakit Autoimun Hingga Kanker, Ini Pengobatan untuk Limfadenopati

Apa yang Menyebabkan Kelenjar Getah Bening Membengkak?

Ada banyak kondisi yang menyebabkan kelenjar getah bening membengkak, terutama kelenjar yang berada di kepala dan leher. Kondisi ini termasuk kelainan autoimun, jenis kanker spesifik, dan infeksi umum seperti flu. Jenis obat tertentu, seperti antimalaria, dan obat antikejang dapat menyebabkan pembengkakan.

Kebanyakan orang mengalami kondisi limfadenopati terlokalisasi, ketika hanya satu kelenjar getah bening di area tertentu yang mengalami pembengkakan. Jika pembengkakan terjadi di lebih dari satu area tubuh, ini disebut limfadenopati menyeluruh, dan menandakan penyakit sistemik dan memerlukan perhatian khusus. Berikut kondisi penyebab kelenjar getah bening membengkak:

  • Infeksi

Infeksi yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening sebagian besar berasal dari virus. Infeksi umum ini meliputi flu, infeksi sinus, mononukleosis, radang amandel, infeksi gigi atau gusi, radang tenggorokan, infeksi kulit, infeksi jamur, dan infeksi staph. Sementara itu, infeksi yang lebih parah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di lebih dari satu area kelenjar getah bening, seperti cacar air, TBC, campak, rubella, herpes, penyakit lyme, HIV, dan toksoplasmosis.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

  • Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Penyebab kelenjar getah bening membengkak bisa terjadi karena gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Gangguan ini bisa berupa penyakit lupus (penyakit radang kronis yang dapat menyerang sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung, dan paru-paru), sindrom Sjogren, dan radang sendi (penyakit radang kronis yang mengincar jaringan yang melapisi persendian).

  • Kanker

Jarang terjadi, pembengkakan pada kelenjar getah bening disebabkan karena kanker, termasuk limfoma, leukemia, sarkoma, metastasis, penyakit Hodgkin. Faktor risiko tertentu membuat seseorang mengalami masalah pembengkakan kelenjar getah bening seperti limfoma.

  • Pembengkakan di Area Selangkangan

Infeksi menular seksual, seperti sifilis dan gonore, dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, biasanya di daerah selangkangan. Kelenjar getah bening di pangkal paha dikenal dengan kelenjar getah bening inguinal. Penyebab lainnya termasuk infeksi berulang, infeksi tubuh bagian bawah, dan cedera kaki.

Baca juga: Ini Cara Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Itu tadi beberapa penyebab kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, seperti yang terjadi pada Aldi Taher. Kamu juga bisa menanyakan seputar penyakit apa pun melalui aplikasi Halodoc, caranya dengan dengan download aplikasi Halodoc dan memilih layanan Tanya Dokter.