• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alergi Bisa Sebabkan Mimisan, Ini Alasannya

Alergi Bisa Sebabkan Mimisan, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Alergi adalah gangguan umum yang terjadi pada banyak orang disebabkan oleh suatu benda ketika menempel di kulit atau terhirup oleh hidung melalui udara. Selain itu, alergi juga dapat menyebabkan berbagai efek buruk pada tubuh, seperti ruam merah, kesulitan bernapas, hingga gangguan pencernaan. Selain itu, alergi juga dapat sebabkan mimisan pada beberapa orang.

Umumnya, alergi yang dapat menyebabkan pengidapnya mimisan berhubungan dengan alergi rhinitis. Penyebab paling umum seseorang mengalami gangguan ini disebabkan oleh serbuk sari yang dilepaskan oleh tumbuhan. Lalu, bagaimana caranya alergi yang terjadi dapat menyebabkan keluarnya darah dari hidung? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Benarkah Alergi Bisa Memicu Mimisan?

Alergi Mampu Sebabkan Mimisan

Alergi rhinitis adalah gangguan yang timbul ketika seseorang terkena alergen, sehingga menimbulkan reaksi pada tubuh. Beberapa alergen yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah rumput, debu, hingga serbuk sari. Gejala yang umum terjadi saat seseorang mengalami alergi rhinitis adalah pilek dan bersin. Pada tahap yang parah, seseorang mampu mengalami mimisan.

Hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang terdiri dari pembuluh darah kecil dan terbilang mudah pecah. Maka dari itu, saat alergi menyerang hidung, bagian tersebut dapat pecah yang disebabkan reaksi yang ditimbulkan. Hal ini terjadi karena hidung yang sangat gatal dan ingus yang terus keluar, sehingga pengidapnya kerap menggosok hidungnya.

Bersin yang tidak kunjung sembuh juga dapat memperparah hal tersebut. Gesekan dan tekanan yang terjadi pada hidung dapat membuat pembuluh darah tersebut menjadi pecah dan akhirnya mengeluarkan darah yang berupa mimisan. Maka dari itu, penting untuk menahan diri dari menggosok hidung agar mimisan tidak terjadi.

Hal lainnya yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mimisan saat mengalami alergi adalah saluran hidung yang mengering. Dampak buruk tersebut terjadi karena obat alergi yang disemprotkan pada hidung. Kekeringan menghasilkan kerak yang membuat risiko terluka dan berdarah lebih tinggi dari biasanya.

Memang, alergi dapat sebabkan mimisan lebih rentan terjadi pada anak-anak. Hal tersebut karena pembuluh darah pada hidungnya masih lemah, sehingga lebih mudah untuk pecah. Saat anak pilek dan bersin yang tidak kunjung sembuh, pembuluh darah di hidungnya dapat pecah yang berakhir pada mimisan.

Memang, mimisan yang berhubungan dengan alergi umumnya tidak menimbulkan bahaya. Hal ini dapat terjadi dalam waktu 1 hingga 3 menit dan darah yang keluar terbilang sedikit. Penting untuk menghentikan darah yang keluar dengan cara menyumbatnya menggunakan tisu kering agar darah tidak tercecer.

Baca juga: Jika Mimisan Jadi Tanda Penyakit Serius

Cara Mencegah Alergi yang Dapat Sebabkan Mimisan

Seseorang dapat mencegah terjadinya mimisan yang disebabkan oleh alergi dengan cara menjauhi benda-benda yang dapat memicu gangguan tersebut terjadi. Saat dirasa alergi menyerang, cobalah untuk menahan diri agar tidak menggosok hidung terlalu sering. Penting untuk mengatasi alergi rhinitis tersebut sebelum mimisan terjadi.

Jika mimisan terjadi, cobalah untuk menutup lubang hidung selama kurang lebih 10 menit agar darah yang keluar berhenti. Pastikan tubuh tetap dalam posisi tegap, bukan mendongak atau berbaring. Diharapkan posisi ini mampu mencegah darah darah untuk masuk kembali ke dalam yang mampu menyebabkan sumbatan pada saluran napas dan menimbulkan bahaya.

Itulah pembahasan mengenai alergi yang dapat sebabkan mimisan pada beberapa orang. Penting untuk mengetahui hal ini jika kamu kerap mengalaminya, sehingga tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi lagi. Hal yang paling penting adalah menghindari beberapa pemicunya agar alergi tidak terjadi.

Baca juga: Mimisan Bisa jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara alergi dapat sebabkan mimisan. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
Raleigh Capitol. Diakses pada 2020. Why Do Allergies Cause Nosebleed?
ENT Specialist. Diakses pada 2020. Nosebleeds.