Alergi Dingin Bisa Sebabkan Sinusitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
alergi-dingin-bisa-sebabkan-sinusitis-halodoc

Halodoc, Jakarta – Alergi dingin dan sinusitis adalah dua penyakit yang sama-sama terjadi pada saluran napas bagian atas. Kedua jenis gangguan kesehatan ini sebenarnya berbeda, tapi berhubungan erat satu sama lain. Ini karena alergi dingin yang tidak ditangani dengan baik bisa memicu terjadinya sinusitis. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Bedanya Alergi Dingin dan Sinusitis

Alergi dingin merupakan salah satu jenis alergi yang disebabkan oleh suhu yang dingin, sehingga memicu reaksi alergi pada tubuh. Kondisi ini kemudian bisa membuat munculnya gejala pada hidung, mata, dan kulit. Bahkan pada kasus tertentu, alergi dingin bisa menyebabkan asma.

Sementara sinusitis merupakan peradangan pada salah satu atau lebih rongga sinus yang ada pada wajah, yaitu sinus frontalis, etmoidalis, sfenoidalis, dan maksilaris. Peradangan ini biasanya disebabkan karena adanya hambatan atau gangguan aliran cairan sinus, sehingga menyebabkan infeksi.

Meski terkesan sama, tapi kedua gangguan kesehatan ini sebenarnya berbeda. Alergi dingin umumnya menyebabkan gejala berupa bersin, keluar cairan ingus dari hidung, serta hidung tersumbat dan terasa gatal. Gejala ini paling sering muncul pada malam sampai pagi hari karena suhu udara biasanya lebih dingin pada saat itu.

Selain itu, bila kamu terserang alergi, maka kamu akan menemukan beberapa tanda yang khas. Mulai dari adanya garis pada hidung, daerah sekitar mata menghitam, sampai perubahan pada lidah yang disebut dengan istilah geographic tongue.

Baca juga: Ini Reaksi Umum Tubuh Saat Alergi Dingin Kambuh

Meski sinusitis juga bisa menyebabkan gejala bersin, hidung tersumbat, dan keluarnya ingus dari hidung, tapi biasanya sinusitis juga disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau pusing, demam, rasa nyeri pada wajah, dan kadang-kadang menyebabkan bau mulut.

Berbeda dari alergi dingin yang sering terjadi pada malam sampai pagi hari akibat suhu udara yang dingin, gejala sinusitis bisa muncul kapan saja tanpa dipengaruhi oleh waktu dan kondisi dingin. Bila kamu mengalami sinusitis, kamu juga akan merasakan nyeri saat dahi, hidung, ataupun pipi ditekan. Sebab, ketiga organ ini merupakan bagian dari daerah sinus.

Baca juga: 4 Cara Tepat dalam Mendiagnosis Penyakit Sinusitis

Alergi Dingin Bisa Memicu Sinusitis

Meski berbeda, tapi alergi dingin yang tidak ditangani dengan baik berpotensi menyebabkan cairan semakin menumpuk dan tidak dapat keluar dari rongga sinus. Kondisi ini akhirnya membuat sinus menjadi tempat yang nyaman bagi mikroorganisme untuk berkembangbiak, sehingga menyebabkan infeksi atau sinusitis.

Alergi dingin ditambah lagi dengan peradangan akibat sinusitis akan membuat pengidap mengalami gejala berupa rasa sakit dan tekanan pada wajah. Gejala sinusitis lainnya yang juga sering dikeluhkan, di antaranya hidung tersumbat, pusing, dan sulit mencium bau.

Cara Menangani Sinusitis Akibat Alergi

Untuk menangani sinusitis akibat alergi dingin, maka yang harus dilakukan adalah mengatasi penyebab utama alergi dingin terlebih dahulu. Berikut perawatan yang bisa kamu lakukan:

  • Hindari udara yang terlalu dingin. Bila kamu tidak bisa tidur tanpa menggunakan air conditioner (AC) pada malam hari, kamu bisa mengecilkan suhu AC agar tidak terlalu dingin. Saat cuaca sedang dingin, akibat hujan misalnya, kamu bisa menghangatkan badan dengan cara minum-minuman hangat, seperti wedang jahe atau teh panas.

  • Menghirup uap panas. Untuk melancarkan pernapasan, kamu juga bisa menghirup uap dari mangkuk berisi air hangat dengan sebuah handuk menutupi kepala kamu. Inhalasi ini akan membantu mengencerkan lendir pada hidung, sehingga lebih mudah dikeluarkan dan tidak terendap di dalam rongga sinus.

  • Cara lainnya untuk mengatasi sinus adalah dengan mengaliri hidung dengan larutan air garam yang dimasukkan ke dalam alat penyemprot hidung.

  • Kadang-kadang kamu juga perlu mengonsumsi obat golongan antihistamin atau dekongestan untuk mengatasi keluhan pilek, gatal, dan bersin karena alergi.

Baca juga: 3 Jenis Obat untuk Atasi Alergi Dingin

Itulah penjelasan mengapa alergi dingin bisa menyebabkan sinusitis. Kamu juga bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan dengan menggunakan aplikasi Halodoc lho. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.