• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Aloe Vera Gel Jadi Pelumas saat Berhubungan Intim, Amankah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Aloe Vera Gel Jadi Pelumas saat Berhubungan Intim, Amankah?

Aloe Vera Gel Jadi Pelumas saat Berhubungan Intim, Amankah?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Agustus 2022

“Bagi beberapa orang, menggunakan aloe vera gel sebagai pelumas bisa berbahaya. Terutama yang memiliki alergi lateks.”

Aloe Vera Gel Jadi Pelumas saat Berhubungan Intim, Amankah?Aloe Vera Gel Jadi Pelumas saat Berhubungan Intim, Amankah?

Halodoc, Jakarta – Secara umum, Aloe vera atau lidah buaya memiliki gel dengan sifat antiinflamasi yang bermanfaat bagi kulit. Selama ribuan tahun, gel ini telah digunakan untuk membantu menenangkan luka, luka bakar, dan kekeringan.

Salah satu kegunaan lain dari gel lidah buaya adalah sebagai pelumas alami saat berhubungan intim. Ini karena gel tersebut memiliki tekstur yang licin, mirip pelumas. Namun, apakah aman digunakan? Yuk cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut!

Keamanan Aloe Vera sebagai Pelumas

Jika pertanyaannya adalah, apakah lidah buaya merupakan pelumas yang efektif? Jawabannya, iya. Ia dikenal sangat lembut untuk kulit dan sebenarnya dapat dimakan.

Tingkat keasaman  atau pH lidah buaya adalah sekitar 4,5, ini membuat gel lidah buaya bisa jadi pelumas alami yang ideal untuk digunakan selama seks oral, penetrasi Miss V, atau masturbasi eksternal pada vulva atau penis. Tentunya selama benar-benar bersih.

Gel lidah buaya yang dibeli di toko, khususnya produk yang dipasarkan untuk pengobatan luka bakar, mungkin mengandung bahan tambahan atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit kelamin. Jadi, penting untuk selalu memeriksa labelnya sebelum menggunakannya.

Namun, Seseorang Bisa Alergi Karenanya

Penggunaan gel lidah buaya murni sebagai pelumas seks umumnya dianggap aman dalam banyak kasus. Namun, ini mungkin tidak cocok untuk mereka yang alergi atau sensitif terhadap lateks.

Sebab, daun aloe vera mengandung lateks alami, meskipun gelnya sendiri bebas lateks. Jika kamu bisa mengambil gel secara menyeluruh tanpa meninggalkan bekas daun, ini mungkin aman. 

Sebaiknya hindari produk gel lidah buaya yang dibeli di toko jika akan menggunakannya sebagai pelumas. Sebab lateks tidak selalu dapat dihilangkan sepenuhnya selama proses pembuatan.

Menggunakan gel aloe vera selama seks anal tidak selalu berbahaya bagi semua orang. Namun, sebaiknya sebisa mungkin dihindari. Sebab pH gel ini jauh lebih rendah daripada rektum, yang dapat mengganggu keseimbangan pH saluran dan menyebabkan iritasi atau kemungkinan infeksi saat digunakan selama penetrasi anal.

Selain itu, konsistensi gel lidah buaya murni berbeda dengan produk pelumas di pasaran yang lebih tebal dan memang dirancang untuk melumasi. Jadi, ada kemungkinan penetrasi anal tidak cukup nyaman dengan gel ini.

Gel lidah buaya murni umumnya tidak akan merusak kondom atau mainan seks dari bahan apa pun. Jadi kamu dapat menggunakan gel ini untuk melumasi semua bahan tersebut, selama tidak memiliki alergi atau hipersensitif terhadapnya.

Namun, sebaiknya hati-hati dalam menggunakan gel ini selama kehamilan. Sebab, beberapa wanita yang menggunakan gel ini berpotensi mengalami kontraksi rahim.

Cara Menggunakan Aloe Vera sebagai Pelumas

Jika kamu memiliki tanaman aloe vera di rumah, cukup potong satu bagian daun (sebaiknya salah satu daun terluar dan paling tebal). Lalu ambil gelnya, dan oleskan di tempat yang diperlukan, seperti:

  • Di vulva atau Mr P untuk masturbasi eksternal.
  • Bagian dalam Miss V sebelum penetrasi.
  • Langsung ke mainan seks (jika ada yang digunakan).
  • Langsung ke kondom setelah dipakai (dan sebelum penetrasi dimulai).

Kamu dapat mengoleskan gel yang dibeli di toko dengan cara yang sama. Namun pastikan kamu membeli gel yang murni 100 persen, tanpa bahan tambahan apapun.

Itulah pembahasan mengenai keamanan aloe vera gel sebagai pelumas saat berhubungan intim. Jika kamu mengalami masalah setelah menggunakan gel ini, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Natural Lube Alternatives.
Women’s Health Interactive. Diakses pada 2022. Can You Use Aloe Vera Gel As Lube Or For Anal Sex?
Condom-Sizes. Diakses pada 2022. Pros and Cons of Using Aloe Vera Gel As Lube — Plus An Alternative You Must Try.