• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alpukat Baik untuk Diet Keto

Alpukat Baik untuk Diet Keto

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Diet keto adalah salah satu metode yang umum dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Metode ini dilakukan dengan pola makan yang tinggi lemak, tetapi dengan kandungan karbohidrat yang rendah. Selain itu, tidak semua buah dapat kamu konsumsi saat melakukan diet keto.

Salah satu buah yang boleh dikonsumsi ketika melakukan diet tersebut adalah alpukat. Buah tropis ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Maka dari itu, kamu harus tahu semua manfaat alpukat yang baik untuk tubuh, terutama saat melakukan diet keto. Berikut pembahasan lengkapnya!

Baca juga: Benarkah Diet Keto Efektif Menurunkan Berat Badan?


Manfaat Alpukat untuk Diet Keto

Alpukat adalah buah yang sangat tepat saat seseorang menjalankan diet keto. Buah ini sangat baik untuk menjaga sistem imun karena kandungan antioksidannya yang kuat. Hal tersebut juga diikuti dengan beberapa kandungan penting, seperti glutathione, kandungan serat yang banyak, dan lemak yang sehat. Maka dari itu, banyak menu-menu pada diet keto menyarankan konsumsi alpukat secara rutin.

Alpukat memang tidak seperti kebanyakan buah, karena kandungan yang tinggi lemak, rendah karbohidrat, serta kaya serat. Kandungan serat di dalamnya dapat mencapai 9 gram pada satu buah dan hal ini sangat baik untuk seseorang yang butuh serat tanpa menambahkan kandungan karbohidrat. Setiap orang direkomendasikan untuk mengonsumsi 20 gram serat setiap harinya agar pencernaannya tetap lancar.

Buah tropis ini sangat padat nutrisi dan mengandung banyak kandungan yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh. Beberapa kandungan yang dapat dipenuhi, antara lain vitamin K, folate, vitamin C, kalium, vitamin B5, B6, dan E. Selain itu, alpukat secara alami mengandung senyawa karotenoid yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan fitonutrien bersamaan dengan vitamin C, folat, dan vitamin E dapat menjaga kekebalan tubuh seseorang.

Manfaat paling utama dari alpukat adalah kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Buah ini dapat menjadi makanan sempurna untuk produksi keton karena dapat memasok tubuh dengan banyak lemak agar dapat dikonversi menjadi energi. Selain itu, sebagian besar lemak kandungan dari alpukat juga dalam bentuk asam oleat. Hal tersebut dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat alpukat untuk diet keto. Kamu juga dapat bertanya tentang cara menurunkan berat badan yang efektif dengan memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasinya. Makanya, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Diet dengan Keto Smoothies, Intip Cara Mudahnya


Resep untuk Membuat Menu Diet Keto dari Alpukat

Resep ini dapat mudah dibuat dan sangat cocok untuk yang sedang menjalankan diet keto karena menggunakan alpukat dengan kandungannya yang rendah karbohidrat dan kaya akan lemak. Setelah itu, kamu dapat menyiapkan telur sebagai pelengkap.

Pertama-tama, panaskan oven hingga panas agar dapat dengan cepat membuat matang. Setelah itu, belah alpukat menjadi dua dan keluarkan bijinya. Sendok beberapa daging alpukat pada bagian tengah agar telur dapat muat saat diletakkan di tengahnya. Lalu, letakkan alpukat pada loyang kecil dan pecahkan telur tepat di bagian tengah alpukat.

Setelah itu, masukkan alpukat tersebut ke dalam oven yang sudah panas dan panggang selama 15 hingga 20 menit. Waktu memasak dapat tergantung dari ukuran telur dan pemilihan alpukatnya. Setelah dilihat sudah cukup matang, keluarkan dari oven dan berikan bumbum secukupnya agar dapat menimbulkan rasa yang lebih lezat.

Baca juga: 7 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh

Itulah manfaat dari alpukat yang sangat baik saat kamu menjalankan diet keto. Jika kamu berkeinginan untuk menurunkan berat badan menjadi batas normal, tidak ada salahnya untuk mencoba metode diet ini. Sudah banyak orang yang terbukti dapat menurunkan bobotnya asalkan benar-benar konsisten melakukannya.



Referensi:
Naomi Whittel. Diakses pada 2020. Are Avocados Keto? Benefits of Avocados on A Keto Diet.
Ketogenik Info. Diakses pada 2020. Avocado Benefits: The Keto Dieter’s Best Friend.