• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alzheimer Bisa Dialami Usia 30an, Ketahui 10 Gejalanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alzheimer Bisa Dialami Usia 30an, Ketahui 10 Gejalanya

Alzheimer Bisa Dialami Usia 30an, Ketahui 10 Gejalanya

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Suasana hati yang mendadak berubah tanpa sebab seperti menangis tanpa sebab adalah salah satu gejala alzheimer di usia muda. Termasuk juga kesulitan mengenali nama, angka, dan tempat.”

Alzheimer Bisa Dialami Usia 30an, Ketahui 10 Gejalanya

Halodoc, Jakarta – Penyakit alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada pengidapnya yang terjadi secara progresif.  

Walaupun umumnya alzheimer dialami oleh orang-orang usia di atas 65 tahun, tidak jarang juga mereka yang berusia 30 an atau 40 an mengalami penyakit ini. Biasanya ditandai dengan mudah lupa, seperti lupa nama benda atau tempat, lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui, dan lupa mengenai isi percakapan yang belum lama dibicarakan bersama orang lain. 

Gampang Lupa dan Perubahan Emosi

Seiring bertambahnya usia, otak mengalami penurunan fungsi. Namun untuk pengidap alzheimer, penurunan fungsi otak ini lebih cepat dan memengaruhi area otak yang lebih luas. 

Mereka yang masih relatif muda juga bisa mengalami penurunan fungsi otak salah satunya dikarenakan faktor keturunan. Lantas, apa yang membedakan gejala alzheimer usia muda dan lansia? 

Berikut adalah gejala alzheimer di usia muda yang perlu diwaspadai:

1.  Hilang Ingatan Singkat atau Sesaat

Pada tahap awal pengidap ini sering mengalami hilang ingatan sesaat. Kondisi ini biasanya terjadi ketika melupakan percakapan atau sebuah instruksi sederhana. Hilang ingatan ini  berbeda dengan hilang ingatan pada orang lanjut usia.

2.  Tidak Bisa Mengambil Keputusan

Pengidap alzheimer di usia muda juga tidak bisa mengambil keputusan untuk diri sendiri. Biasanya kondisi ini sering ditemukan ketika mereka tidak bisa memilih memakai jenis pakaian apa yang tepat. Jadi mereka seperti bingung dan tidak bisa memilih mana yang harus dilakukan.

3. Perubahan Suasana Hati yang Tiba-tiba

Suasana hati yang mendadak berubah tanpa sebab seperti menangis tanpa sebab adalah salah satu gejala alzheimer di usia muda. Perubahan suasana hati paling sering dialami oleh orang dengan alzheimer–termasuk lansia. 

Biasanya ini terjadi ketika sedang mengalami cemas. Pengidap alzheimer di usia muda juga mudah tersinggung dan sering merasa bingung.

4.  Kesulitan Mengenali Angka dan Uang

Orang yang mengidap alzheimer di usia muda juga kerap mengalami kesulitan saat mengenali angka dan uang. Mereka akan menggunakan uang untuk hal yang tidak pernah diduga dan juga menahan mengeluarkan uang ketika harus mengeluarkannya. Semua hal yang berhubungan dengan angka akan menjadi hal yang paling sulit dikenali oleh orang dengan alzheimer.

5.  Lupa dengan Kegiatan Sehari-hari dan Kebiasaan

Pada tahap selanjutnya pengidap akan melupakan berbagai kebiasaan dan kegiatan yang sering dilakukan setiap hari. Misalnya, ketika masih sehat dulu ia punya kebiasaan membaca koran atau mandi pagi, ketika terserang alzheimer, ia bisa lupa kalau pernah punya rutinitas tersebut. Atau mungkin saja ia akan mengulangi aktivitas yang sama berkali-kali.

6.  Sering Lupa Meletakkan Sesuatu

Gejala Alzheimer di usia muda yang paling umum lainnya adalah mudah melupakan meletakkan barang atau sesuatu. Pengidap juga melupakan berbagai kebiasan penting seperti meletakkan kunci mobil, kunci rumah atau berbagai benda yang sering digunakan. Mereka tidak bisa mengingat dan bahkan mencurigai orang lain mengambil barang mereka.

7.  Sulit Berkonsentrasi

Pada tahap awal pengidap biasanya mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Mereka membutuhkan waktu yang lama, lalu menjadi sangat frustasi. Mereka akan marah-marah sendiri dan bukan tak mungkin melampiaskan amarahnya ke orang terdekat. 

8.  Sulit Berkomunikasi

Gejala lain yang paling sering terjadi adalah sulit untuk berkomunikasi. Beberapa pengidap awalnya merasa ingin mengeluarkan kata atau mengungkapkan sesuatu namun mereka tiba-tiba melupakan apa yang ingin disampaikan. Akhirnya, mereka sering salah menyebut nama benda dan terjadi salah paham.

9.  Mendadak Tidak Kenal Waktu dan Tempat

Pengidap merasa tidak bisa mengenali waktu dan tempat. Mengira siang namun ternyata malam. Ketika pergi mereka merasa tersesat dan tidak mengenali tempat. Gejala waktu yang paling sering terjadi misalnya ketika keluar selama lima menit tapi mereka mengira sudah lima jam atau sebaliknya.

10.  Senang Berjalan Tanpa Tujuan

Pengidap akan sering berjalan tanpa tujuan dan arah yang jelas. Mereka merasa ingin pergi ke suatu tempat yang jauh. Kemudian mereka akan mudah tersesat karena merasa tekanan dan ketakutan dalam perjalanan. Bahkan mereka merasa bisa bepergian jauh meskipun sebenarnya hanya ingin pergi ke ruangan lain di dalam rumah.

Itulah gejala alzheimer di usia muda. Kalau kamu mengalami beberapa gejala di atas dan ingin memastikan kondisi kesehatanmu, buat saja janji pemeriksaan lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Early-Onset Alzheimer’s Disease
Healthline. Diakses pada 2022. What Are the Signs of Early Onset Alzheimer’s Disease (AD)?
Very Well Health. Diakses pada 2022. An Overview of Younger People With Dementia