• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Anjing Diberi Makan Apel? Berikut Ini Faktanya!
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Anjing Diberi Makan Apel? Berikut Ini Faktanya!

Amankah Anjing Diberi Makan Apel? Berikut Ini Faktanya!

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 29 November 2021
Amankah Anjing Diberi Makan Apel? Berikut Ini Faktanya!

“Kamu mungkin pernah bertanya, amankah anjing makan apel? Jawabannya adalah aman, asalkan kamu memberikannya dalam jumlah yang wajar. Apel mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan anjing. Selain itu, pastikan untuk memotong dan membersihkan biji apel sebelum memberikannya kepada anjing.”

Halodoc, Jakarta – Bagi manusia, apel adalah salah satu buah sehat yang sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, bagaimana dengan anjing, amankah anjing makan apel? Pasalnya memang ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada anjing, Sebab mereka bisa memicu reaksi negatif yang malah membuat anjing harus mendapatkan perawatan. 

Jika kamu ingin tahu amankah anjing makan apel, cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini! 

Amankah Anjing Makan Apel?

Untungnya, anjing peliharaan kamu bisa konsumsi apel dengan aman dan kebanyakan anjing akan menyukai suguhan sehat ini. Buah apel memang baik untuk anjing dan ia merupakan sumber vitamin C, vitamin A, potasium, dan antioksidan. Mereka kaya akan serat, terutama di kulitnya, yang membantu anjing mempertahankan berat badan yang sehat sambil menjaga kesehatan pencernaan mereka.

Selain itu, apel adalah makanan rendah kalori yang sempurna untuk anjing manapun yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badannya. Namun, karena setiap apel mengandung sekitar 19 gram gula, satu apel utuh kemungkinan akan terlalu banyak untuk anjing. Meski begitu, apel adalah cara yang bagus untuk memuaskan keinginan makan manis yang dirasakan anjing. 

Hebatnya lagi, tindakan mengunyah apel dapat membantu membersihkan gigi anjing, meski kadang kulit apel bisa tersangkut di antara giginya. Selain itu, makan apel tidak boleh menggantikan perawatan gigi biasa seperti menyikat gigi setiap hari dan pembersihan gigi hewan secara teratur.

Berapa Banyak Apel yang Bisa Dimakan Anjing?

Anjing peliharaan kamu mungkin suka mengunyah apel, tetapi jangan biarkan terlalu banyak. Makan apel secara berlebihan dapat menyebabkan anjing mengalami sakit perut atau diare, jadi selalu sajikan dalam jumlah sedang. Satu atau dua irisan apel saja sudah cukup untuk memuaskan hasrat anjing.

Anak anjing juga bisa makan apel. Jika kamu belum pernah memberi mereka apel sebelumnya, mulailah dengan jumlah kecil, seperti irisan atau potongan kecil. Awasi mereka untuk memastikan mereka tidak memiliki reaksi alergi. Lihat apakah mereka mengalami masalah pencernaan, seperti muntah atau diare. Jika anjing memiliki masalah setelah makan apel, jangan memberi mereka makan apel lagi dan segera hubungi dokter hewan jika diperlukan.

Cara Aman Mempersiapkan Apel untuk Anjing

Sebelum mempersiapkannya, pastikan kamu tidak memberi makan biji atau bagian inti apel pada anjing. Ini karena bagian tersebut mengandung sedikit sianida yang dapat menyebabkan bahaya jika tersedak. Begini cara mempersiapkan apel untuk anjing:

  1. Mulailah dengan mencuci dan menggosok apel untuk menghilangkan bakteri dan kuman. Apel yang dibeli di supermarket, seperti banyak buah dan sayuran lainnya, diberikan pestisida, sehingga membilasnya dengan bersih menjadi sangat penting.
  2. Bersihkan biji dan bagian intinya.
  3. Potong apel menjadi irisan atau kubus kecil agar anjing dapat memakannya dengan mudah. Mengupas apel akan memudahkan anjing mencerna dan mengurangi jumlah serat yang didapatnya.

Dan ingat, hanya karena anjing menyukai apel tidak berarti mereka bisa makan pai apel. Gula tambahan dan kerak emas yang dinikmati manusia terlalu banyak untuk anjing. Selain itu, jika anjing makan pai apel yang mengandung pala, yang mengandung racun yang disebut myristicin, mereka mungkin mengalami masalah kesehatan. Dalam dosis kecil, pala dapat menyebabkan gangguan pencernaan ringan. Dalam dosis yang sangat besar, dapat mengakibatkan halusinasi, tekanan darah tinggi, dan kejang.

Jika anjing mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya segera buat janji dengan dokter hewan di klinik hewan atau rumah sakit hewan di Halodoc untuk melakukan pemeriksaan. Dengan buat janji di Halodoc, kamu jadi lebih mudah dan tak perlu repot lagi. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Apples? How to Safely Feed Apples to Dogs.
 American Kennel Club. Diakses pada 2021. Fruits and Vegetables Dogs Can or Can’t Eat.
Dogtime. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Apples? Are Apples Safe For Dogs?