• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Melakukan Masturbasi saat Hamil?

Amankah Melakukan Masturbasi saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Amankah Melakukan Masturbasi saat Hamil?

Halodoc, Jakarta – Saat hamil, ada beberapa hal yang harus dihindari atau bahkan dihentikan demi keamanan ibu maupun bayi yang dikandung. Sebab, kehamilan, terutama pada trimester awal cenderung sangat rentan sehingga mudah mengalami gangguan jika tidak berhati-hati. Apakah pembatasan juga perlu dilakukan dalam hal seksualitas selama hamil? Amankah jika calon ibu melakukan masturbasi saat hamil? Cari tahu jawabannya di sini! 

Masturbasi adalah salah satu cara atau rangsangan seksual yang dilakukan untuk diri sendiri. Sebagian ibu hamil mungkin merasa takut dan enggan untuk berhubungan intim dengan suami. Namun, tak dapat dimungkiri bahwa ibu tetaplah manusia dan memiliki hasrat seksual. Nah, dalam kondisi seperti itu, masturbasi sebenarnya bisa menjadi salah satu pilihan. Apakah hal ini aman? Jawabannya relatif aman. 

Baca juga: Keluar Darah Setelah Berhubungan Intim Saat Hamil, Bahayakah?

Masturbasi saat Hamil dan Hal yang Harus Diwaspadai 

Masturbasi saat hamil sebenarnya cukup aman dilakukan, asalkan calon ibu dan janin dalam keadaan yang normal serta sehat. Sebaliknya, hal ini mungkin tidak dianjurkan jika calon ibu memiliki beberapa masalah, termasuk risiko melahirkan secara prematur. Dalam kondisi tersebut, dokter mungkin akan menyarankan calon ibu untuk menghindari masturbasi. Sebab, kram dan kejang otot yang muncul akibat masturbasi atau orgasme bisa meningkatkan risiko proses persalinan lebih cepat terjadi. 

Tentu saja, hal ini bisa berbahaya dan memberi dampak pada bayi yang akan dilahirkan kelak. Karena dilahirkan sebelum waktunya, bayi mungkin akan menjadi rentan dan memiliki risiko terserang berbagai penyakit. Maka dari itu, ibu harus selalu berbicara terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk melakukan masturbasi saat hamil. Rutin melakukan pemeriksaan kandungan juga disarankan. 

Baca juga: 5 Tips Aman Orgasme bagi Ibu Hamil

Jika ragu, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai masturbasi saat hamil. Jika dalam keadaan darurat atau perlu segera pergi ke rumah sakit, Halodoc juga bisa digunakan untuk mencari daftar rumah sakit terdekat. Atur lokasi dan temukan rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play. 

Masturbasi saat hamil sebenarnya aman dilakukan. Namun, dalam beberapa kasus, dokter kandungan mungkin akan melarang calon ibu melakukan hal tersebut. Selain masturbasi, ibu hamil juga harus berhati-hati jika ingin melakukan hubungan intim dengan suami. Sebenarnya, sex saat hamil boleh dilakukan, bahkan bisa memberi manfaat. Namun, hal ini sebaiknya dihindari jika calon ibu mengalami beberapa hal, seperti: 

  • Memiliki tanda dan faktor risiko mengalami persalinan premature atau bayi lahir sebelum waktunya. 
  • Memiliki riwayat melahirkan secara premature. 
  • Didiagnosis dengan penyakit plasenta previa atau incompetent cervix. 
  • Mengalami perdarahan vaginal. 

Beberapa faktor risiko lain mungkin tidak disadari, tapi bisa memberi dampak pada kehamilan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika ibu memiliki risiko gangguan saat hamil dan harus menghindari hubungan intim, cobalah untuk melakukan masturbasi saat hamil. Calon ibu juga bisa mengajak atau melakukannya bersama pasangan. Hal ini dikenal dengan istilah multiple masturbation. 

Baca juga: Sebelum Promil, Ketahui 4 Fakta tentang Kesuburan Pria dan Wanita

Masturbasi saat hamil sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan cara yang berbeda. Selama dilakukan dengan benar, masturbasi tidaklah berbahaya. Ibu bisa melakukan masturbasi saat hamil dengan bantuan alat, seperti sex toys, atau tanpa bantuan alat. Jika kram atau kontraksi parah muncul saat melakukan hal ini, sebaiknya hentikan masturbasi dan pergi ke rumah sakit jika ada gejala parah. 

Referensi 
Healthline. Diakses pada 2021. Masturbating While Pregnant: Is It Safe?
Very Well. Diakses pada 2021. What to Know About Sex During Your Pregnancy. 
Baby Center. Diakses pada 2021. Masturbation during pregnancy.