• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Memberikan Obat Batuk pada Anak Tanpa Resep Dokter?

Amankah Memberikan Obat Batuk pada Anak Tanpa Resep Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Amankah Memberikan Obat Batuk pada Anak Tanpa Resep Dokter?

“Sebaiknya jangan panik saat anak mengalami batuk. Jika anak mengalami batuk tanpa demam, tidak mengi, dan masih bisa beraktivitas seperti biasa, berikan anak penanganan batuk secara alami di rumah. Hindari memberikan obat batuk pada anak tanpa resep dokter. Pastikan anak mengonsumsi obat sesuai saran dan anjuran dokter, apalagi jika anak masih berusia di bawah 3 tahun.”

Halodoc, Jakarta – Pergantian cuaca membuat banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya adalah batuk. Bukan hanya orang dewasa, nyatanya anak-anak juga rentan mengalami batuk. Namun, batuk pada anak merupakan kondisi yang normal sebagai reaksi perlindungan tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari saluran pernapasan.

Selama anak masih bisa beraktivitas seperti biasa, tidak mengalami demam, dan tidak mengi, ibu bisa memberikan perawatan sederhana di rumah. Dengan begitu, batuk pada anak dapat pulih. Jika ibu ingin memberikan obat batuk pada anak sebaiknya gunakan dengan resep dokter. Hindari memberikan obat batuk pada anak tanpa resep dokter. Simak ulasannya, di sini!

Baca juga: 9 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

Kenali Penyebab Batuk pada Anak

Tentunya orangtua akan merasakan khawatir ketika Si Kecil mengalami batuk. Namun, untuk membantu mengatasi batuk pada anak, sebaiknya kenali dulu penyebab batuk pada anak. Batuk merupakan tanda bahwa tubuh anak berusaha mengeluarkan benda asing yang mengganggu saluran pernapasan.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, seperti:

  1. Infeksi virus. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab yang cukup sering terjadi. Infeksi virus menyebabkan batuk tidak dapat diatasi dengan penggunaan obat antibiotik.
  2. Alergi. Alergi yang disebabkan oleh anak-anak juga dapat memicu gejala batuk. Selain itu, batuk yang disebabkan alergi akan disertai gejala lain, seperti kulit yang gatal dan memerah, mata berair, dan pembengkakan pada beberapa bagian wajah. Segera kunjungi rumah sakit.
  3. Asma. Jika anak memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan ketika anak mengalami batuk yang tidak kunjung reda. Batuk bisa menjadi gejala dari asma pada anak.

Baca juga: Ini Bedanya Batuk Berdahak dan Kering pada Anak

Alasan Hindari Memberikan Obat Batuk Anak Tanpa Resep Dokter

Tentunya pengobatan batuk pada anak tidak dapat dilakukan sembarangan. Pengobatan perlu dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Untuk itu, tidak disarankan memberikan obat batuk pada anak tanpa resep dokter.

Hindari memberikan obat batuk tanpa resep dokter pada anak di bawah 3 tahun. Apalagi jika obat batuk memiliki kandungan antibiotik di dalamnya. Selain itu, pastikan menghindari obat batuk yang mengandung aspirin pada anak-anak di bawah usia 18 tahun. Kandungan aspirin dalam obat yang diberikan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang dikenal sebagai Reye’s Syndrome.

Perawatan Batuk pada Anak di Rumah

Sebaiknya lakukan beberapa perawatan batuk pada anak di rumah untuk mengatasi batuk yang dialami anak. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala batuk pada anak:

  1. Pastikan anak tetap terhidrasi dengan memberikan cukup air putih atau cairan. Hal ini dilakukan untuk meringankan batuk yang dialami anak. Air dapat membuat saluran pernapasan tetap lembap.
  2. Memberikan campuran air hangat dan madu juga bisa pilihan alami untuk mengatasi batuk pada anak. Madu memiliki kandungan yang dapat membantu meringankan infeksi. Namun, hindari memberikan madu pada anak-anak di bawah usia 1 tahun.
  3. Ibu juga bisa memastikan posisi tidur anak. Gunakan tumpukan bantal agar kepala anak menjadi lebih tinggi. Posisi ini membuat anak merasa lebih nyaman saat tidur.
  4. Penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin anak. Ibu bisa memberikan anak buah dan sayur untuk membantu meningkatkan imun tubuh agar batuk segera diatasi.
  5. Berikan anak istirahat. Sediakan tempat istirahat yang nyaman agar kebutuhan istirahat anak dapat terpenuhi dengan baik.
  6. Ibu juga bisa menggunakan humidifier atau pelembap ruangan agar anak menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Ini 8 Cara Alami Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Itulah beberapa perawatan batuk pada anak yang bisa ibu coba di rumah. Segera lakukan pemeriksaan jika batuk tidak mereda dalam beberapa waktu. Apalagi jika anak masih berusia di bawah 1 tahun. Ibu bisa download Halodoc dan cari tahu rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Children’s Cough: Causes and Treatment.
RSAB Harapan Kita. Diakses pada 2021. Amankah Memberikan Obat Batuk Pilek pada Anak Tanpa Resep Dokter?
Healthline. Diakses pada 2021. How to Treat a Cough in Toddlers at Home?