• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Menggunakan Obat Kutil yang Dijual Bebas?

Amankah Menggunakan Obat Kutil yang Dijual Bebas?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Amankah Menggunakan Obat Kutil yang Dijual Bebas?

“Kamu bisa mengatasi kutil pada tubuh dengan melakukan berbagai pengobatan secara medis. Namun, amankah menggunakan obat kutil yang dijual bebas? Nyatanya, obat kutil yang dijual bebas bisa digunakan untuk mengatasi kutil yang terbilang ringan. Selain itu, hindari penggunaan obat kutil yang dijual bebas untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun.”

Halodoc, Jakarta – Kutil adalah salah satu gangguan kulit yang menyebabkan munculnya benjolan kecil pada permukaan. Umumnya, kutil juga memiliki tekstur yang cukup kasar. Namun, sebaiknya jangan abaikan perubahan pada kutil, seperti perubahan warna pada kutil, menyebabkan rasa nyeri, dan kutil yang membesar.

Tentunya, pengobatan bisa dilakukan secara medis untuk mengatasi kutil. Namun, amankah menggunakan obat kutil yang dijual bebas sebagai salah satu cara mengatasi kulit secara mandiri? Nah, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai penggunaan obat kutil yang dijual bebas, di sini!

Baca juga: Inilah Mekanisme Tumbuhnya Kutil di Tubuh

Kenali Lebih Banyak Mengenai Kutil

Kutil atau common warts adalah gangguan pada kulit yang disebabkan oleh infeksi virus. Umumnya, kutil disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) dan menular. Penularan dapat terjadi melalui kontak seksual, tetapi common warts bisa menular melalui kontak secara langsung maupun penggunaan barang-barang pribadi.

Biasanya, seseorang dengan kondisi imun tubuh yang rendah lebih rentan mengalami gangguan kesehatan ini. Anak-anak, seseorang dengan usia lanjut, dan pengidap gangguan imun merupakan beberapa kelompok yang berisiko tinggi mengalami kutil.

Human papillomavirus menyerang permukaan kulit sehingga kulit memproduksi keratin secara berlebihan. Kelebihan keratin inilah yang menyebabkan penumpukan pada permukaan kulit sehingga terbentuk tekstur kulit baru dan dikenal sebagai kutil.

Kutil atau common warts memiliki beberapa tanda, seperti benjolan kecil menyerupai daging, memiliki tekstur kasar, berwarna merah muda atau cokelat, dan memiliki titik-titik kecil hitam yang merupakan pembuluh darah kecil yang menggumpal.

Baca juga: 5 Perawatan untuk Menangani Kutil di Leher

Penggunaan Obat Kutil yang Dijual Bebas

Meskipun menular, tetapi kutil termasuk ke dalam kategori yang ringan. Tentunya, pengobatan kutil akan disesuaikan dengan tingkat keparahan atau kondisi kutil. Lalu, amankah mengatasi kutil dengan menggunakan obat kutil yang dijual bebas? Nyatanya, kamu bisa menggunakan obat kutil yang dijual bebas di apotek untuk mengatasi kutil.

Biasanya, obat-obatan ini memiliki kandungan asam salisilat yang memang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh penebalan dan pengerasan kulit. Seperti kutil atau mata ikan.

Asam salisilat bekerja dengan meningkatkan kelembapan kulit dan membantu pengelupasan sel kulit mati. Namun, hindari menggunakan obat kutil yang dijual bebas untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun. Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter untuk mengatasi kutil pada anak-anak agar tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Kutil yang mengalami perubahan dan menyebabkan nyeri, sebaiknya atasi dengan pengobatan medis sesuai anjuran dan resep dokter. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutil secara medis, seperti:

  1. Peeling. Teknik peeling yang dilakukan biasanya menggunakan kandungan asam salisilat untuk menghilangkan kutil secara perlahan.
  2. Krioterapi. Tindakan ini akan dilakukan dengan menggunakan bantuan cairan nitrogen untuk mematikan jaringan. Setelah membeku, akan terpenuh luka lepuhan di sekitar kutil yang dapat menyebabkan kutil terkelupas dalam waktu 1 minggu.
  3. Kauterisasi. Kauterisasi dikenal juga sebagai laser treatment. Dalam tindakan ini, jaringan kutil akan dibakar menggunakan sinar laser yang terdapat pada ujung alat yang digunakan.
  4. Kuret. Tindakan kuret dilakukan dengan memotong jaringan kutil dengan pisau bedah. Setelah terangkat, bagian dasar akan dikikis hingga bersih. Tindakan ini dapat menyebabkan rasa nyeri beberapa hari setelah tindakan, tetapi kuret dinilai menjadi pengobatan yang paling efektif untuk mengatasi kutil.

Baca juga: Benarkah Vaksin HPV Bisa untuk Mengobati Kutil?

Itulah beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutil. Cegah penyebaran kutil dengan meminimalkan sentuhan pada kutil agar virus tidak menyebar. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Common Warts.
Web MD. Diakses pada 2021. Common Warts.