• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Mengonsumsi Suplemen Klorofil? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Mengonsumsi Suplemen Klorofil? Ini Faktanya

Amankah Mengonsumsi Suplemen Klorofil? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Agustus 2022

“Suplemen klorofil aman untuk dikonsumsi asal tidak berlebihan. Selain itu, perhatikan juga efek samping yang bisa terjadi seperti misalnya diare.”

Amankah Mengonsumsi Suplemen Klorofil? Ini FaktanyaAmankah Mengonsumsi Suplemen Klorofil? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Klorofil adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tanaman untuk membuat daunnya tetap sehat dan berwarna hijau. Namun, bukan hanya untuk tanaman, klorofil memiliki beragam kandungan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kamu bisa mendapatkan klorofil dengan mengonsumsi berbagai sayuran yang berwarna hijau. 

Namun, klorofil yang didapat secara alami biasanya tidak akan bertahan lama dalam pencernaan sehingga penyerapannya kurang optimal. Untuk merasakan manfaat klorofil, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen agar manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal. Lantas, apakah mengonsumsi suplemen klorofil aman untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Fakta Mengenai Pengonsumsian Suplemen Klorofil

Klorofil terdapat pada tanaman atau sayuran yang berwarna hijau. Klorofil memiliki kandungan vitamin, antioksidan, dan juga beberapa senyawa yang memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan klorofil secara alami, kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran yang memiliki warna hijau, seperti bayam, kale, atau brokoli. Sayangnya, klorofil alami yang terdapat dalam sayuran tersebut tidak bertahan lama dalam pencernaan tubuh sehingga penyerapannya dirasakan kurang maksimal.

Hal ini membuat banyak orang mengonsumsi suplemen klorofil agar manfaat klorofil bisa dirasakan lebih optimal. Padahal, suplemen klorofil yang dijual tidak serupa dengan klorofil yang ada di dalam tanaman atau sayuran.

Suplemen klorofil sebenarnya merupakan klorofilin yang merupakan campuran mineral, seperti natrium, tembaga, dan magnesium. Namun, jangan khawatir, manfaat dari klorofilin hampir serupa dengan klorofil dalam tubuh.

Lantas, amankah mengonsumsi suplemen klorofil? Konsumsi suplemen klorofil terbilang aman asal dikonsumsi sesuai takaran dan tidak berlebihan. Melansir dari Livestrong, peggunaannya yang sesuai dapat memberikan manfaat pada tubuh, salah satunya untuk mempercepat penyembuhan luka. 

Penggunaan suplemen klorofil yang tidak sesuai anjuran dan berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  1. Diare atau Nyeri Perut

Konsumsi suplemen klorofil secara berlebihan akan membuat kamu mengalami diare. Selain itu, diare yang terjadi akan disertai dengan nyeri atau kram perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman. 

  1. Perubahan Warna pada Feses

Suplemen klorofil dapat menyebabkan perubahan warna pada feses. Umumnya, feses akan berubah warna menjadi kehijauan. Akan tetapi, kondisi ini dapat menghilang ketika kamu menghentikan pengonsumsian suplemen klorofil.

  1. Perubahan Warna Lidah

Pengonsumsian suplemen klorofil juga membuat perubahan warna pada lidah. Biasanya, lidah akan menjadi warna lebih gelap dari kondisi normal.

Itulah fakta mengenai pengonsumsian suplemen klorofil. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit jika efek samping akibat pengonsumsian suplemen klorofil tidak menghilang atau membaik setelah penghentian suplemen. Cari tahu lokasi rumah sakit terdekat yang bisa kamu kunjungi melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Manfaat Klorofilin bagi Tubuh

Asalkan penggunaannya sesuai, nyatanya klorofilin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Memperbaiki Kulit. Klorofilin bermanfaat untuk meringankan peradangan dan menurunkan risiko infeksi bakteri pada luka. Bahkan, suplemen klorofil bisa membantu kamu mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.
  • Menurunkan Berat Badan. Sebuah penelitian pada tahun 2014 membuktikan bahwa 38 wanita yang mengonsumsi suplemen klorofil dapat menurunkan berat badan lebih baik dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi suplemen ini.
  • Menurunkan Risiko Bau Badan. Suplemen klorofil dapat membantu kamu mengurangi bau badan. Meskipun dinilai mampu menurunkan bau mulut, tetapi penelitian mengenai ini masih sangat sedikit ditemukan. Oleh karenanya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Itulah fakta dan manfaat mengenai suplemen klorofil bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat agar kebutuhan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. The Benefits of Chlorophyll.
Livestrong. Diakses pada 2022. Side Effects of Chlorophyll Supplements.