• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Alami Sinusitis, Apa Saja Gejalanya?

Anak Alami Sinusitis, Apa Saja Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Anak Alami Sinusitis, Apa Saja Gejalanya?

Halodoc, Jakarta - Pernahkah anak ibu mengalami hidung tersumbat dalam waktu yang lama? Mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh gangguan sinusitis. Gangguan ini terjadi karena rongga sinus yang mengalami peradangan. Memang terbilang sulit untuk membedakan antara flu biasa dengan sinusitis disebabkan gejalanya yang sangat mirip pada tahap awal.

Sinusitis yang tidak segera mendapat penanganan juga dapat berkembang menjadi gangguan yang parah hingga menimbulkan komplikasi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa gejala dari sinusitis pada anak agar mampu mencegah komplikasi untuk terjadi. Berikut beberapa gejala sinusitis yang dapat diketahui!

Baca juga: Perhatikan Cara Pencegahan Sinusitis pada Anak-Anak

Gejala Sinusitis pada Anak

Sinus adalah ruang udara yang lembap di dalam tulang-tulang wajah pada sekitar hidung. Saat mengalami infeksi, peradangan dapat terjadi sehingga terjadi pembengkakan, yang disebut juga dengan sinusitis. Infeksi ini umumnya mengikuti gangguan pilek atau terserang alergi. Meski begitu, sinusitis yang terjadi dapat dengan mudah diobati.

Sinusitis yang menyerang anak-anak dapat terlihat berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Anak yang mengidap gangguan ini dapat mengalami batuk, bau mulut, tubuh yang lemas, hingga pembengkakan di sekitar mata, bersamaan dengan cairan berwarna kuning-kehijauan yang keluar dari hidung.

Pada sebagian besar kasus, anak-anak yang didiagnosis dengan sinusitis karena virus dapat membaik sejalan dengan perawatan untuk mengatasi gejalanya. Selain itu, penggunaan antibiotik dapat dilakukan apabila penyakit tersebut sudah menyebabkan gangguan yang parah.

Sinusitis pada anak dapat menyebabkan hidung mengalami sumbatan. Ternyata, hal tersebut dapat menyebabkan bakteri mulai tumbuh dengan subur yang akhirnya infeksi dapat menjadi lebih parah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa gejala yang timbul saat anak mengidap sinusitis agar dapat diatasi segera. Berikut beberapa gejalanya:

Pada Anak yang Berusia Sangat Muda

Sinusitis yang terjadi dapat menyebabkan gejala yang berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Selain itu, gejala ini dapat dibedakan tergantung usia anak yang terserang. Berikut adalah beberapa gejala yang timbul pada anak dengan usia yang sangat muda atau di bawah 9 tahun:

  • Timbulnya gejala menyerupai flu, seperti hidung tersumbat dan pilek.
  • Mengalami sedikit demam.

Apabila anak ibu mengalami demam selama 5-7 hari setelah gejala flu terjadi, maka hal tersebut dapat menandakan sinusitis atau bahkan infeksi gangguan berbahaya lainnya. Maka dari itu, penting untuk memberitahu dokter terkait gangguan ini.

Selain itu, sakit kepala yang berhubungan dengan demam juga biasanya bukan disebabkan oleh infeksi karena sinusitis. Hal tersebut karena bagian sinus di dahi belum berkembang sejauh itu pada anak dengan usia 9 hingga 12 tahun. Maka dari itu, tidak terbentuk cukup ruang untuk menginfeksi hingga anak berusia remaja.

Baca juga: Anak Alami Gejala Sinusitis, Begini Cara Meredakannya

Pada Anak yang Lebih Tua

Beberapa gejala sinusitis dapat terjadi pada anak yang lebih tua hingga remaja adalah:

  • Batuk yang tidak kunjung membaik setelah 7 hari dari terjadinya gejala flu.
  • Mengalami demam.
  • Hidung mampet yang terbilang sudah buruk.
  • Mengalami bau mulut hingga sakit gigi.
  • Terasa sakit pada telinga dan wajah yang menjadi kaku.

Dalam kasus yang jarang, anak-anak dengan rentang usia remaja juga dapat mengalami beberapa gejala lainnya, yaitu sakit perut, mual, sakit kepala, hingga rasa sakit yang terjadi di belakang mata.

Dengan mengetahui beberapa gejala yang dapat timbul ketika anak terserang sinusitis, diharapkan pengobatan dini dapat dilakukan. Hal tersebut dapat mencegah penyakit tersebut menjadi lebih parah karena dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Selain itu, ibu juga disarankan untuk mengetahui alergi tubuhnya agar sinusitis dapat dihindari.

Baca juga: Ketahui 3 Jenis Sinusitis dan Gejalanya

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait gejala-gejala yang timbul saat anak terserang sinusitis. Selain mengetahui gejala, ibu juga dapat bertanya cara mengatasi gangguan tersebut yang efektif. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
ENT Health. Diakses pada 2020. Pediatric Sinusitis.
Kids Health. Diakses pada 2020. Sinusitis.