• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Kidal Lebih Pintar dari Pengguna Tangan Kanan, Benarkah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Kidal Lebih Pintar dari Pengguna Tangan Kanan, Benarkah?

Anak Kidal Lebih Pintar dari Pengguna Tangan Kanan, Benarkah?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 September 2022

“Beberapa sumber menyebutkan jika anak kidal memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan tangan kanan. Memang ada beberapa keunggulan yang diketahui, salah satunya lebih cerdas dalam pelajaran matematika.”

Anak Kidal Lebih Pintar dari Pengguna Tangan Kanan, Benarkah?Anak Kidal Lebih Pintar dari Pengguna Tangan Kanan, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Anak-anak yang bertangan kidal atau dominan kiri memang jarang ditemui. Namun, bukan berarti hal tersebut disebabkan oleh gangguan tertentu sehingga perlu mendapatkan penanganan medis.

Di masa lalu, anak-anak yang bertangan kidal dipaksa menggunakan tangan kanan. Dengan perkembangan dunia medis, seseorang yang dominan kiri lebih diterima. Maka dari itu, setiap orang tua yang memiliki anak kidal, jangan paksa mereka untuk menggunakan tangan kanan.

Pada penelitian lainnya, anak yang dominan menggunakan tangan kiri dipercaya lebih pintar dibandingkan yang dominan tangan kanan. Meski begitu, fakta tentang hal ini masih perlu dijelaskan lebih dalam.

Anak Kidal Lebih Pintar Dibandingkan Anak Dominan Kanan?

Anak yang menggunakan lebih banyak tangan kiri dipercaya lebih pintar dibandingkan pengguna tangan kanan. Hal ini akibat anak kidal memiliki otak yang lebih terstruktur sehingga kemampuan intelektualnya di atas rata-rata, bahkan dalam banyak bidang.

Mengutip jurnal dari Neuroscience & Biobehavioral Reviews, tidak ada perbedaan terkait tingkat IQ antara seseorang yang kidal dan pengguna tangan kanan. Namun, seseorang yang memiliki bakat intelektual cenderung orang-orang dominan kidal.

Nah, berikut adalah beberapa kelebihan anak-anak kidal:

1. Lebih Cerdas Secara Matematika

Anak tangan kidal memiliki kemampuan lebih baik dalam segala hal yang berhubungan dengan matematika. Suatu studi mengamini hal tersebut, sebab lebih banyak siswa yang berbakat dalam matematika dominan tangan kiri. Bahkan, anak kidal lebih unggul dalam penyelesaian masalah yang berhubungan dengan fungsi matematika.

2. Logika Lebih Baik

Anak dominan tangan kiri memiliki fungsi otak kanan yang lebih unggul. Hal ini berhubungan dengan keunggulan pada proses nalar, kecerdasan terkait spasial, hingga penggambaran objek di kepala. Anak kidal memiliki keseimbangan pada kedua belah otak, sehingga lebih mudah untuk mengolah informasi yang diterima.

3. Lebih Kreatif

Anak kidal memiliki otak kanan yang lebih dominan, sehingga lebih unggul dalam imajinasi dan kreativitas. Otak kanan juga berhubungan dengan kemampuan terkait persepsi, seni, dan emosi. Maka dari itu, seseorang yang bertangan kidal memiliki ide-ide yang cemerlang.

4. Kemampuan Bermusik yang Baik

Seseorang yang kidal lebih handal dalam bermusik, sebab otak kanannya berfungsi dengan baik. Hal ini juga terjadi karena anak memiliki indera pendengaran yang lebih baik, terutama dalam suara yang dihasilkan. Bukan hanya musik, anak kidal juga unggul dalam seni dan arsitektur.

Maka dari itu, jika ibu memiliki anak yang dominan tangan kiri, ada baiknya untuk mengarahkannya pada sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas dan matematika. Bisa jadi, anak tahu keunggulan dalam dirinya dan akhirnya bisa memanfaatkannya untuk masa depannya. Tentu hal ini dapat menjadi langkah awal yang sangat baik bagi anak.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait keunggulan dari anak kidal, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Are Left-Handed People Smarter?
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Left-handedness.