• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Rewel, Ini Cara Menjadi Ibu yang Sabar

Anak Rewel, Ini Cara Menjadi Ibu yang Sabar

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Anak rewel tidak hanya membuat ibu menjadi resah. Pada beberapa kasus, ibu bahkan ikut tersulut emosinya hingga balik memarahi atau memukul. Terlebih lagi jika Si Kecil rewel di waktu dan tempat yang tidak tepat. Akhirnya, suasana pun jadi tidak menyenangkan karena ibu sibuk menenangkannya.

Dalam menghadapi hal ini, ibu memang dituntut untuk memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Ketika Si Kecil rewel, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Baca juga: Lakukan Ini Untuk Atasi Anak Cengeng dan Rewel

  • Berbicara dengan Nada Lembut

Jika anak rewel di muka umum, ibu tidak boleh menampakkan kekesalan dengan memarahi, membentak, atau bahkan memukulnya. Selain cara tersebut tidak enak dilihat, anak juga bisa merasa malu. Jika hal ini ibu lakukan secara terus-menerus, mental anak bisa perlahan-lahan rusak.

Salah satu cara menenangkan yang dapat dilakukan adalah memberi pengertian pada anak jika sedang dalam acara penting. Lakukanlaj dengan tenang dan dengan nada yang lembut. Jika ibu membentak atau memarahinya, Si Kecil bisa saja bertambah kesal dan terus menangis.

  • Beri Sedikit Ancaman

Ancaman yang dimaksud bukanlah ancaman yang menyeramkan ya, bu. Dalam hal ini, ibu bisa membisikkan hal-hal seperti tidak boleh menonton televisi, bermain ke luar rumah, atau bermain gadget saat liburan sekolah tiba. Hati-hati pula dengan apa yang ibu bicarakan, karena ibu harus konsisten dengan ucapan dan perilaku. Jangan mengancam akan memukulnya, karena hal ini sama saja ibu menanamkan nilai kekerasan pada anak sejak dini.

Baca juga: Anak Rewel Saat Mau Disuntik, Ini Solusi untuk Mengatasinya

  • Menuruti Keinginannya

Biasanya, anak akan rewel jika keinginannya tidak dituruti. Selagi keinginan itu tidak terlalu berat dan mungkin untuk dikabulkan, coba untuk penuhi keinginannya. Dengan begitu, ibu dapat menjalani aktivitas tanpa gangguan dari Si Kecil. 

  • Hadapi dengan Santai

Jangan terlalu merasa terbebani dengan sikap rewel Si Kecil. Hadapi dengan santai dan jangan terlalu diambil pusing. Anggap saja ini adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi sebagai orangtua. Dengan begitu, ibu sudah belajar melatih kesabaran dalam menghadapi si buah hati.

  • Manjakan Mereka

Memanjakan yang dimaksud bukan menuruti semua keinginannya ya, bu. Memanjakan anak dapat ibu lakukan dengan membelai rambut, memeluk, atau menciumnya agar anak berhenti menangis. Beri mereka kehangatan dan kasih sayang agar hatinya terasa sejuk, sehingga kerewelannya dapat mereda sedikit demi sedikit.

  • Meminta Bantuan Suami

Hal ini dapat dilakukan jika ibu benar-benar merasa kewalahan dalam menghadapi Si Kecil dan tidak tahu harus melakukan apa. Terkadang, beberapa anak lebih segan dengan ayah mereka. Cara ini bisa saja efektif untuk meredakan rewelnya. 

Baca juga: 7 Tips Mengatasi Anak Rewel Saat Bersilahturahmi di Hari Raya

Anak rewel jangan terlalu diambil pusing. Selagi mereka tidak membahayakan diri sendiri dan sekitarnya, nikmati saja masa-masa ini. Akan ada saatnya mereka mandiri seiring dengan bertambahnya usia. Jika ibu terlalu khawatir, ibu dapat meninggalkannya sendiri, agar anak dapat diam dengan sendirinya.

Dalam menentukan pola asuh yang baik bagi anak, ibu bisa diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc. Bagaimanapun sikap rewel anak, jangan pernah lakukan kekerasan pada mereka. Meskipun ibu hanya sekedar memaki, meneriaki, mencubit, atau menampar. Hal ini sama saja ibu telah menanamkan nilai-nilai kekerasan sejak dini pada mereka. Hal tersebut tentu akan membahayakan karakter mereka di kemudian hari.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. 14 Ways to Tame Your Kid's Tantrums.
Motherly. Diakses pada 2019. 7 Ways to Stay Calm During Your Child’s Tantrums.