02 June 2019

Anak Rewel Selama Mudik, Kenali Sumber Masalah dan Mengatasinya

Anak Rewel Selama Mudik, Kenali Sumber Masalah dan Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Mudik bisa menjadi pengalaman yang menegangkan bagi siapa pun. Namun, bagi orang tua yang bepergian dengan anak yang rewel. Tingkat stres bisa dengan mudah meroket.

Meskipun perjalanan keluarga selama mudik bisa membuat beberapa kenangan yang berharga, orang tua sering harus mengambil beban ekstra untuk menjaga anak-anak supaya tetap tenang. Kerewelan dapat berarti bahwa anak kewalahan oleh lingkungan baru, memiliki kesulitan mengatasi jetlag, menjadi pemilih makanan, atau hiperaktif dan membutuhkan stimulasi yang konstan.

Ketika anak menjadi pemilih dalam soal makanan, itu tandanya orang tua harus memulai membangun kebiasaan makan yang baik dari rumah. Sebelum berangkat, makanlah di kafe atau restoran secara teratur. Biasakan anak untuk duduk bahagia selama setidaknya 30 menit untuk waktu makan.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Mudik dengan Transportasi Umum

Buat waktu makan menjadi menyenangkan dengan cara mengemasi buku atau mainan aktivitas favorit anak. Biarkan anak-anak bermain sambil menunggu makanan tiba. Hadiahi makanan penutup favoritnya jika anak berperilaku kondusif.

Jika anak tidak ingin mencoba makanan baru, jangan khawatir. Pastikan saja anak memakan jenis makanan yang biasa dikonsumsinya. Jangan paksa anak untuk makan. Semakin orang tua  terkesan terburu-buru, semakin banyak tekanan yang dirasakan anak.

Supaya anak terhindar dari diare ataupun gangguan pencernaan lainnya, ada baiknya orang tua menerapkan tips-tips berikut:

  1. Hindari makanan berisiko seperti makanan laut, daging yang kurang matang, buah dan sayuran yang dikupas dan mentah, dan produk susu yang tidak dipasteurisasi.

  2. Jika orang tua tidak yakin dengan persediaan air bersih, belilah air minum dalam kemasan, hindari minuman ringan dan jus botolan

  3. Gunakan air botolan saat menyikat gigi.

  4. Cuci tangan anak sesering mungkin.

  5. Hindari makan makanan dari pedagang kaki lima.

Beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh orang tua selama mudik juga menyangkut hal-hal ini:

  • Temui dokter bila anak memiliki isu kesehatan

  • Kemasi tabir surya, topi dan obat nyamuk.

  • Berhati-hatilah dengan bahaya potensial dari tempat-tempat yang tidak dikenal, seperti kolam renang atau balkon yang tidak berpagar

  • Bawalah semua peralatan sterilisasi jika anak diberi susu botol

  • Hindari binatang, seperti anjing, kucing dan monyet, untuk mengurangi risiko gigitan.

  • Persiapkan P3K yang berisi barang-barang, seperti baby parasetamol, termometer, lotion anti-gatal, persiapan rehidrasi oral, dan bandaids

Baca juga: Jangan Ditinggal, 5 Benda yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Kondusifkan Suasana di dalam Mobil

Di dalam mobil, selalu gunakan pengekang yang sesuai, seperti sabuk pengaman atau kursi mobil. Jangan menumpuk item di langkan belakang mobil atau di atas setir, karena item ini bisa jadi akan melompat dan berbahaya jika orang tua harus mengerem secara tiba-tiba.

Gunakan kain peneduh untuk menjaga agar matahari tidak bersinar di wajah anak. Rencanakan banyak pemberhentian toilet. Berhenti istirahat yang sering membantu mengurangi risiko mabuk perjalanan

Baca juga: Perlukah Membawa Hewan Peliharaan Saat Mudik?

Di bus atau kereta, gunakan sabuk pengaman jika tersedia. Jangan biarkan anak merangkak atau berjalan di sekitar saat kendaraan bergerak karena mereka mungkin jatuh. Biarkan anak duduk sendiri atau nyaman di pangkuan orang tua.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak tips mengatasi anak rewel saat mudik serta masalah kesehatan yang biasanya timbul saat mudik, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to A Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.