Anak Sering Alami Mimisan, Pertanda Apa?

Anak Sering Alami Mimisan, Pertanda Apa?

Halodoc, Jakarta - Mimisan atau epistaksis adalah kondisi pecahnya pembuluh darah kecil yang terdapat pada hidung. Tidak menjadi hal yang mengherankan, karena lokasinya yang tak jauh dari permukaan kulit dengan dinding pelindung yang tipis membuat pembuluh darah kecil ini memang sensitif dan mudah pecah.

Mimisan rentan terjadi pada anak-anak, biasanya di usia antara 3 hingga 10 tahun. Penyebabnya beragam dan biasanya bersifat ringan, tetapi jika mimisan terjadi dalam waktu lama dan sering bisa mengacu pada masalah kesehatan yang serius. Apa saja?

  • Benturan Benda Keras pada Hidung

Hidung termasuk anggota tubuh yang tersusun atas jaringan tulang rawan. Artinya, hantaman benda keras pada hidung mudah menyebabkan mimisan. Tentu saja, hantaman yang terjadi membuat pembuluh darah kecil di hidung pecah, sehingga mimisan tidak bisa dihindari.

Baca juga: 5 Penanganan Pertama Saat Anak Alami Mimisan

Hantaman benda keras yang menyebabkan anak mimisan sering terjadi saat anak sedang bermain. Kurangnya kehati-hatian menjadi penyebab anak mimisan ketika berinteraksi di luar rumah. Jadi, ibu tetap mengawasi sang buah hati meski ia sedang bersenang-senang bersama teman-temannya.

  • Stres

Pertumbuhan anak yang berada pada lingkungan atau tekanan tertentu dapat memicu terjadinya stres. Jangan salah, ini berarti stres tidak hanya identik dengan orang dewasa, tetapi bisa juga terjadi pada anak. Stres menyebabkan terjadinya mimisan karena pembuluh darah yang berada di bagian hidung anak terbilang tidak sekuat orang dewasa.

Kondisi ini semakin buruk jika sang buah hati memiliki riwayat gangguan asma, karena ia menarik napas lebih kuat daripada orang sehat untuk memenuhi paru-parunya dengan udara bersih. Tarikan napas yang kuat ini memicu pembuluh darah di bagian hidung untuk bekerja lebih keras dari biasanya.

Baca juga: Sering Mimisan, Benarkah Gangguan Pembekuan Darah?

  • Kelelahan

Penyebab anak mimisan yang sering terjadi adalah tubuhnya terlalu lelah. Kondisi ini terjadi karena lemahnya pembuluh darah di hidung anak. Ketika anak mengalami kelelahan, pembuluh darahnya menegang dengan mudah, dan tentu saja rentan terjadi pecah. Akibatnya, mimisan pada anak pun tidak bisa dihindari. Jangan abaikan, karena penyebab mimisan satu ini butuh penanganan.

  • Keseringan Mengorek Lubang Hidung

Secara tidak sadar, Si Kecil mungkin memasukkan salah satu jari untuk mengorek lubang hidungnya. Ini juga sering dilakukan oleh orang-orang dewasa dengan tujuan untuk membersihkan kotoran di dalam hidung. Namun, karena anggota tubuh anak yang masih rapuh, mengorek lubang hidung terlalu sering justru bisa menyebabkan mimisan.

  • Perubahan Suhu Udara

Semakin waktu, cuaca dan iklim semakin tidak menentu. Terkadang, panas dan hujan datang dalam waktu berdekatan, bahkan bersamaan. Ketika perubahan menjadi suhu udara dingin, hal ini menyebabkan pembuluh darah menyempit dan iritasi mukosa hidung. Nah, perubahan cuaca yang ekstrim ini juga memicu mimisan pada anak.

Baca juga: Ini Beragam Penyebab Seseorang Bisa Alami Mimisan

Ternyata, ada banyak sekali penyebab anak mimisan yang perlu ibu ketahui. Ibu tidak boleh mengabaikannya, terutama jika anak mimisan terlalu sering. Jadi, segera tanyakan pada dokter, karena tindakan pengobatan bisa diberikan lebih cepat jika dampaknya diminimalisir. Tidak perlu khawatir, ibu bisa memilih sendiri rumah sakit sebagai tempat untuk membuat janji dengan dokter lebih mudah di sini. Bisa juga melalui aplikasi Halodoc yang sebelumnya ibu download terlebih dahulu.