• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Takut Liat Balon Bisa Jadi Tanda Globophobia

Anak Takut Liat Balon Bisa Jadi Tanda Globophobia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Dalam film IT, Pennywise yang merupakan makhluk halus berwujud seorang badut sering kali muncul dengan balon merah. Jadi selama menonton film tersebut, kemunculan balon merah ini menjadi pertanda bahwa Pennywise akan melakukan aksi jahatnya. Jadi, bagi mereka yang merasa takut, melihat balon merah saja, mereka akan bersiap-siap menutup mata. 

Namun, tahukah kamu bahwa selain fobia akan badut, ada juga segelintir anak yang fobia akan balon? Bukan hanya anak-anak, ketakutan ini bisa bahkan bisa terbawa hingga dewasa. Fobia akan balon atau disebut globophobia biasanya terkait dengan ketakutan bahwa balon akan meledakan tiba-tiba. Mayoritas orang dengan globophobia memiliki masalah ini sejak masa kanak-kanak yang bisa bermula akibat trauma. 

Baca juga: Hati-Hati, Fobia Bisa Sebabkan Depresi

Lebih dalam Mengenai Globophobia dan Penyebabnya

Orang yang mengidap fobia balon merasakan bahwa ketakutan yang mereka alami ini memang tidak wajar. Ketakutan ini pun bisa terjadi pada pikiran, penglihatan, sentuhan, atau bahkan bau balon itu sendiri. Kebanyakan orang, biasanya hanya takut dengan suara yang dihasilkan dari ledakan balon.

Gejala globophobia bisa bervariasi tergantung pada akar ketakutan. Beberapa orang mungkin bisa menahan ketakutan akan balon saat ia masih belum ditiup. Namun, saat seseorang mulai menggembungkan balon, pengidapnya akan merasa cemas. Dalam banyak kasus, pengidap globophobia bisa menahan ketakutan pada balon ini pada balon yang lebih kecil atau balon air.

Seperti kebanyakan fobia, glophobia berasal dari pengalaman negatif dengan balon di masa kanak-kanak. Fobia ini umum terjadi pada anak-anak yang lebih kecil dan secara bertahap berkurang seiring bertambahnya usia. Namun, pada beberapa orang, hal itu mungkin berlanjut hingga dewasa.

Seorang anak mungkin pernah mengalami kejadian traumatis baginya seperti balon meletus atau meledak di wajah. Dia kemudian mengingat ketakutan yang sama setiap kali seseorang melihat balon. Kebanyakan anak merasa takut untuk menghadiri pesta ulang tahun atau pameran karena acara-acara ini dikaitkan dengan balon. Ketika anak-anak lain menyadari hal ini, maka anak lain malah akan menggoda anak tersebut, sehingga kemudian ketakutan ini semakin menjadi. 

Globophobia sering digabungkan dengan ketakutan akan fobia badut. Badut dan balon berjalan beriringan dan, bagi seorang anak yang menghadiri acara yang memiliki kedua elemen ini, rasa takut mungkin akan semakin menjadi-jadi.

Baca juga: Idap Fobia Sosial Sebaiknya Periksa ke Mana?

Gejala Globophobia pada Anak

Bagi anak yang mengidap fobia balon, umumnya ia akan terus membayangkan bahwa balon akan meledak di depannya. Bukan hanya itu, ada beberapa gejala juga yang akan muncul, misalnya: 

  • Napas cepat atau dangkal.
  • Palpitasi yang dianggap sebagai nyeri dada.
  • Anak-anak mulai menangis, berlari atau bersembunyi untuk mencegah pertemuan dengan balon. Jadi, sudah pasti mereka akan menolak pergi ke pesta atau pameran.
  • Gemetar dan berkeringat saat melihat balon. 
  • Mungkin ada gangguan gastrointestinal seperti mual.

Mengobati Globophobia

Fobia jenis ini sangatlah nyata dan mereka bisa mendapat perawatan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membicarakannya dengan terapis atau orang yang dekat denganmu. Terapi bicara dapat membantu merasionalisasi ketakutan akan balon.

Kebanyakan orang mengerti bahwa balon tidak berbahaya, tetapi pengidapnya merasa tidak berdaya atas ketakutan mereka. Dengan memaparkan diri ke balon secara bertahap, maka fobia ini akan teratasi. Mereka bisa memulainya dengan melihat gambar, memegang atau menyentuh balon kempes. Kemudian, setelah merasa nyaman dengan ini, pengidapnya bisa melanjutkan untuk menghadapi balon yang mengembang. Teknik ini bisa dilakukan dalam bentuk self help therapy atau pun dengan bantuan terapis berpengalaman.

Manipulasi NLP atau Neuro Linguistic Memory juga efektif karena dapat membantu memahami dasar fobia. Metode ini secara bertahap dapat membantu pengidapnya menghadapi balon dan mengatasi globofobia secara permanen.

Baca juga: Benarkah Fobia Bisa Pengaruhi Kondisi Fisik Pengidapnya?

Kamu juga mendiskusikan hal ini terlebih dahulu pada psikolog di Halodoc, lho. Psikolog akan membantu menyarankan beberapa pengobatan untuk mengatasi fobia balon. Tunggu apa lagi, segera gunakan fitur chat di Halodoc untuk berdiskusi dengan psikolog kapan dan di mana saja.

Referensi:
FEAROF - Amazon Services LLC Associates Program. Diakses pada 2020. Fear of Balloons Phobia – Globophobia.
 Special Kids Company. Diakses pada 2020. What is Globophobia.
TranceForm Psychology. Diakses pada 2020. Globophobia Counselling.