• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Terlambat Imunisasi? Ini Hal yang Harus Ibu Lakukan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Terlambat Imunisasi? Ini Hal yang Harus Ibu Lakukan

Anak Terlambat Imunisasi? Ini Hal yang Harus Ibu Lakukan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Oktober 2022

“Imunisasi anak adalah hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Namun, pada kasus tertentu bisa saja imunisasi yang dijadwalkan alami keterlambatan, sehingga perlu tahu tindakan yang perlu dilakukan untuk mengakalinya.”

Anak Terlambat Imunisasi? Ini Hal yang Harus Ibu LakukanAnak Terlambat Imunisasi? Ini Hal yang Harus Ibu Lakukan

Halodoc, Jakarta – Imunisasi adalah salah satu hal yang perlu dipenuhi oleh setiap anak. Gunanya untuk mendapatkan perlindungan dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Imunisasi perlu dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Tujuannya, agar efektivitas dari pemberiannya bisa maksimal. Namun, bisa saja anak terlambat untuk mendapatkan imunisasi akibat orangtuanya lupa atau sibuk.

Tentu hal ini bisa jadi berpengaruh terkait manfaat yang didapatkan oleh anak. Agar anak tetap terlindungi dari berbagai penyakit melalui tindakan imunisasi, sebaiknya ketahui tindakan yang tepat saat pemberian vaksin alami keterlambatan.

Langkah yang Perlu Dilakukan saat Anak Terlambat Imunisasi

Anak yang terlambat mendapatkan vaksinasi berisiko tertular penyakit yang seharusnya terlindungi saat mendapatkan imunisasi. Selain itu, keterlambatan vaksinasi dapat membuat anak rentan terserang infeksi yang terjadi dalam waktu lebih lama.

Ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin, baik yang ringan hingga parah, bisa juga mengancam nyawa. Maka dari itu, vaksinasi sangat penting untuk didapatkan oleh setiap anak.

Namun saat imunisasi anak terlambat dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para orangtua. Berikut tindakan yang bisa dilakukan oleh para orangtua:

Cara yang direkomendasikan untuk dilakukan saat anak terlambat dalam mendapatkan vaksin adalah dengan imunisasi susulan. Bukan hanya terlambat, tindakan ini juga dapat dilakukan pada seseorang yang belum pernah divaksin.

Berbagai penyesuaian ditentukan oleh dokter agar tetap memberikan perlindungan optimal. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyelesaikan jadwal vaksinasi dengan cara yang singkat dan efektif. Bukan hanya berlaku untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Selain itu, beberapa imunisasi anak aman untuk diberikan selama tidak melewati jangka waktu tertentu. Ada beberapa dosis vaksin yang bisa diberikan sebelum bayi genap berusia 1 tahun. Jika ibu berencana untuk melakukan imunisasi di usia 6 bulan dan terlewat, masih ada batas waktu yang cukup untuk mendapatkannya segera.

Maka dari itu, apabila tanggal janji temu untuk vaksin terlewati, segera hubungi dokter yang menanganinya. Hal ini berguna untuk menentukan waktu yang tercepat agar imunisasi susulan bisa dilakukan.

Selain itu, ada juga beberapa imunisasi anak yang bisa segera dilanjutkan sesuai jadwal tanpa harus mengulang dari awal, meski anak adanya keterlambatan. Beberapa contoh imunisasi tersebut adalah DPT dan polio.

Namun, ada juga imunisasi anak yang perlu mendapatkan pemeriksaan sebelum diberikan jika terlambat diberikan. Contohnya adalah vaksin BCG dan campak. 

Pada anak yang mendapatkan imunisasi susulan, pengujian tuberkulin perlu dilakukan untuk memastikan anak terserang bakteri TBC atau tidak. Vaksin bisa diberikan jika hasil pemeriksaan negatif. Apabila positif, kemungkinan tubuhnya sudah terlindungi secara alami.

Itulah pembahasan mengenai tindakan yang perlu dilakukan para orangtua saat anak yang terlambat mendapatkan imunisasi. Meski bisa melakukan imunisasi susulan, sebaiknya tetap mendapatkannya tepat waktu ya, bu. Agar anak tetap mendapatkan perlindungan maksimal dari berbagai penyakit yang mengancam.

Jika masih memiliki keraguan terkait mengambil tindakan jika anak terlambat mendapatkan imunisasi, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan saran langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Immunify Me. Diakses pada 2022. Delayed Vaccination – How It May Impact Your Child.
UCLA Health. Diakses pada 2022. How to catch up on your child’s missed vaccinations.