29 August 2018

Aneh tapi Nyata, Anjing Kesayangan Bisa Tahu Kapan Ibu Melahirkan

ibu melahirkan,melahirkan

Halodoc, Jakarta – Banyak yang percaya bahwa hewan anjing memiliki indra keenam. Bagi Ibu yang memelihara anjing mungkin pernah melihat tingkah lakunya saat anjing merasakan bahaya, merasakan majikannya akan sakit, hingga merasakan sesuatu pada ibu hamil.

Menurut ahli, Jeff Werber PhD, presiden dan kepala dokter hewan di Century Veterinary Group di Los Angeles, manusia memiliki 5 juta reseptor di hidung sedangkan anjing memiliki 200 juta reseptor.

“Anjing dapat mendeteksi kapan kejang pada manusia bisa terjadi, ketika seseorang mengalami hipoglikemik dan anjing dapat mendeteksi kanker dan ketakutan, jadi pasti ada ‘aroma’ yang bisa mereka rasakan,” kata Jeff dikutip dari Romper.

Salah satu dari “aroma” tersebut termasuk kehamilan anjing lain, menurut sebuah artikel di Animal Planet. Bahkan, pasalnya anjing dapat mendeteksi apakah anjing lain telah mengalami kehamilan palsu melalui indra penciuman mereka. Perlu Ibu tahu bahwa bagian otak anjing mengendalikan bau 40 kali lebih besar daripada manusia, lho.

“Anjing tampaknya bisa mendeteksi ketika manusia hamil dan akan melahirkan, kemungkinan besar karena kombinasi dari aroma dan perubahan perilaku manusia,” tulis seorang sumber di website pelatih anjing terkenal Cesar Millan’s Cesar’s Way.

Biasanya sebagian besar ibu yang memelihara anjing akan merasa hewan peliharaan mereka seperti tahu bahwa mereka hamil bahkan sebelum para ibu melakukan tes kehamilan.

“Dia tahu persis saya hamil dan sehari sebelum saya melahirkan, dia terus menyenggol perut saya dengan kepalanya, atau hanya menggosok hidungnya di perut saya. Ketika saya benar-benar mulai mengalami kontraksi, anjing saya selalu ada di sisi saya sampai kami pergi ke rumah sakit. Anjing sangat intuitif,” kata seorang ibu di forum Baby Center.

Ada pula seorang ibu dari forum Reddit yang juga berbagi pengalamannya terkait anjing mengetahui tanda ibu akan melahirkan. Sang ibu mengatakan bahwa saat air ketubannya pecah, anjingnya menempel dan mengikuti ke mana pun dia pergi.

“Hal yang paling gila, pada hari saya melahirkan, saya pergi ke kamar mandi dan anjing saya mengikuti saya di sana dan pipis di lantai tepat di depan saya,” tulis ibu lainnya.

Sementara itu menurut ahli hewan di New York, Abel Greenbaum, anjing bahkan mampu mendengar bayi dalam rahim berkat pendengaran mereka yang sangat sensitif. Meskipun begitu tidak ada jaminan bahwa perilaku aneh anjing yang tidak biasa berarti sudah waktunya untuk para ibu hamil mempersiapkan persalinan.

Apakah Ibu juga memiliki pengalaman unik mengenai kehamilan dan hewan peliharaan? Jika Ibu memiliki keluhan atau pertanyaan seputar kehamilan dan melahirkan, Ibu bisa berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc Ibu bisa menanyakan seputar kehamilan tanpa harus keluar rumah hanya dengan bertanya via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, buruan download aplikasinya demi kemudahan pemeriksaan kesehatan!


Baca juga: