• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Angkat Sel Kulit Mati, Ini 5 Manfaat Yoghurt untuk Kulit Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Angkat Sel Kulit Mati, Ini 5 Manfaat Yoghurt untuk Kulit Wajah

Angkat Sel Kulit Mati, Ini 5 Manfaat Yoghurt untuk Kulit Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Desember 2022

“Berkat kandungan nutrisinya yang bermanfaat, yoghurt bisa menjadi bahan alami yang baik untuk masker wajah. Manfaat yoghurt untuk wajah, antara lain melembapkan dan mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan dan masih banyak lagi.”

Angkat Sel Kulit Mati, Ini 5 Manfaat Yoghurt untuk Kulit WajahAngkat Sel Kulit Mati, Ini 5 Manfaat Yoghurt untuk Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Yoghurt tawar sudah menjadi makanan yang semakin digemari banyak orang belakangan ini. Tidak heran, selain sehat dan penuh nutrisi, makanan hasil fermentasi susu ini juga baik untuk pencernaan, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Tidak hanya sebagai makanan, yoghurt sebenarnya juga sudah menjadi bahan alami yang populer untuk masker wajah. Hal itu bukan tanpa alasan. Bahan alami ini memang kaya akan banyak vitamin dan mineral yang juga sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit, termasuk seng, vitamin B, kalsium, dan asam laktat. Yuk, simak manfaat yoghurt untuk wajah di sini.

Manfaat Yoghurt untuk Wajah

Teksturnya yang tebal, lembut, dan dingin membuat yogurt menjadi bahan yang sempurna untuk dijadikan masker wajah. Produk olahan susu tersebut juga bisa ditambahkan bahan alami lainnya, seperti madu dan kunyit, untuk membuat masker yang sesuai dengan kebutuhan wajah kamu. Mengaplikasikan yoghurt pada wajah tidak hanya bisa melembabkan kulit, tapi juga mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit.

Nah, berikut manfaat yoghurt untuk wajah yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan kelembaban wajah

Mengoleskan yoghurt yang lembut ke kulit wajah bisa meningkatkan dan mengunci kelembabannya. Manfaat yoghurt untuk wajah tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2011.  Kandungan kalsium dalam bahan alami ini berperan penting dalam epidermis kulit yang bermanfaat untuk memulihkan kulit, sehingga kulit menjadi sehat dan terhidrasi. 

Selain itu, asam laktat juga mengandung humektan yang membantu menarik kelembapan dari udara, dengan menarik uap air dan menyerapnya ke bawah permukaan kulit.

2. Mencerahkan kulit

Asam laktat adalah asam alfa hidroksi (AHA) yang bisa menghancurkan sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Dengan menghilangkan lapisan atas sel yang kusam dan kering, hal itu bisa merangsang sel untuk diperbarui lebih cepat. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah dan lebih muda.

Manfaat yoghurt untuk mencerahkan kulit juga tidak terlepas dari kandungan vitamin B-nya. Vitamin ini mendukung regenerasi sel dan membantu menghasilkan lemak seluler yang lebih sehat agar kulit terlihat segar, montok, dan bercahaya.

3. Melawan garis halus

Manfaat yoghurt untuk wajah lainnya adalah untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit. Bahan alami ini kaya akan asam laktat yang juga merupakan bahan yang sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit anti-aging. Hal itu karena kandungan tersebut mampu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mengembalikan elastisitas kulit kamu. Selain itu, yoghurt juga mengandung antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan.

4. Meratakan warna kulit

Berkat kandungan seng dan asam laktat, yoghurt juga bisa memperbaiki masalah kulit, seperti lingkarang hitam di bawah mata, bekas jerawat dan noda pada wajah. Kedua bahan tersebut bekerja sama untuk mengelupas dan mengangkat sel kulit mati sekaligus mendorong reproduksi sel dan pertumbuhan jaringan. Dengan mengaplikasikannya 2-3 kali seminggu, yoghurt bisa membantu mengurangi bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata.

5. Mengatasi jerawat

Yoghurt yang kaya akan probiotik juga bermanfaat untuk membantu melawan bakteri P. acnes, penyebab utama peradangan jerawat. Menurut penelitian yang sama dari tahun 2015, kandungan tersebut mampu meredakan peradangan yang pada gilirannya akan mengurangi jerawat dan membantu mencegahnya muncul kembali. 

Selain itu, sifat antiinflamasi dari seng juga bekerja bersama-sama untuk meringankan munculnya jerawat dan mengatur produksi sebum, yaitu minyak di kulit yang menyebabkan jerawat dan menjadi sarang bagi bakteri. 

Nah, melihat ada banyak manfaat yoghurt untuk wajah, cobalah untuk memasukkan bahan alami tersebut ke dalam perawatan wajah rutin kamu. Bila kamu memiliki masalah kulit wajah yang membandel atau cukup parah, cobalah temui dokter kulit untuk mendapatkan perawatan. 

Kamu bisa berobat ke dokter kulit dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Benefits of a Yogurt Face Mask and How to DIY It.
Skincare by Alana. Diakses pada 2022. Benefits of Yogurt Face Masks.