• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anjing Bisa Tahu Kapan Ibu Melahirkan?

Anjing Bisa Tahu Kapan Ibu Melahirkan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Anjing Bisa Tahu Kapan Ibu Melahirkan?

Halodoc, Jakarta – Banyak yang percaya bahwa hewan anjing memiliki indra keenam. Bagi Ibu yang punya anjing peliharaan mungkin pernah melihat perubahan tingkah lakunya saat anjing merasakan bahaya, merasakan majikannya akan sakit, hingga merasakan sesuatu pada ibu hamil.

Jeff Werber Ph.D., presiden dan kepala dokter hewan di Century Veterinary Group di Los Angeles mengatakan manusia memiliki 5 juta reseptor di hidung sedangkan anjing memiliki 200 juta reseptor.

“Anjing dapat mendeteksi kapan kejang pada manusia bisa terjadi. Ketika seseorang mengalami hipoglikemik dan anjing dapat mendeteksi kanker berdasarkan “aroma” yang mereka rasakan. Salah satu dari “aroma” tersebut termasuk kehamilan pada manusia. Informasi selengkapnya mengenai insting anjing mengetahui kapan ibu melahirkan bisa dibaca di sini!

Insting Anjing Bisa Tahu Kapan Waktu Melahirkan

Bagian otak anjing mengendalikan bau 40 kali lebih besar daripada manusia. Inilah yang membuat anjing bisa mendeteksi kapan manusia hamil dan kapan waktunya melahirkan. Bisa jadi ini dikarenakan kombinasi dari aroma dan perubahan perilaku manusia yang mampu ditangkap anjing. 

Berdasarkan pengalaman orang-orang yang memelihara anjing, anjing seolah sudah tahu lebih dulu kalau kamu sedang hamil. Anjing akan lebih sering menyenggol perutmu atau menggosokkan hidungnya ke area perut. Bahkan, ketika di penghujung waktu akan melahirkan, anjing akan selalu berada di sisi majikannya, seolah tahu kalau waktu melahirkan akan segera tiba. 

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Sementara itu menurut ahli hewan di New York, Abel Greenbaum, anjing bahkan mampu mendengar bayi dalam rahim berkat pendengaran mereka yang sangat sensitif. Meskipun begitu tidak ada jaminan bahwa perilaku aneh anjing yang tidak biasa berarti sudah waktunya untuk para ibu hamil mempersiapkan persalinan. 

Apa Tanda Ibu Akan Melahirkan?

Umumnya berdasarkan rekam medis, berikut adalah tanda kalau ibu akan segera melahirkan:

1. Perut Berubah jadi Kendur

Biasanya, bagi ibu hamil yang akan segera melahirkan, ia akan merasakan posisi bayi turun ke posisi yang lebih rendah dari panggul ibu. Pada posisi ini kepala bayi sudah berada di bawah yang siap untuk melahirkan. Posisi ini membuat ibu lebih mudah bernapas karena berkurangnya tekanan pada diafragma. Namun, kondisi ini memberi tekanan lebih pada panggul dan kandung kemih yang membuat ibu akan sering istirahat ke kamar mandi.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Memilih Bidan

2. Kontraksi Kuat dan Lebih Sering

Mendekati tahap terakhir kehamilan, rahim ibu akan siap untuk melahirkan. Kontraksi yang kuat dan lebih sering membuat posisi bayi menjadi lebih dekat dengan jalan lahir dan membantu mendorong bayi untuk dilahirkan.

Ada perbedaan antara kontraksi nyata dan kontraksi palsu (Braxton-Hicks). Perbedaannya adalah kontraksi nyata terjadi 6 kali setiap jam, lebih kuat dan berirama, dan lebih kuat secara berkala. Kontraksi yang sebenarnya tidak akan pernah hilang meskipun ibu mengubah posisi, bergerak, atau bahkan berbaring.

3. Air Ketuban Pecah

Janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu dilindungi oleh cairan ketuban. Saat istirahat, maka janin akan rentan terkena infeksi. Karena itu, ketika ketuban pecah, dokter akan segera berusaha mengeluarkan bayi dari kandungan.

Baca juga: Ini Kiat Menjaga Kecukupan Air Ketuban

4. Nyeri Panggul

Menjelang persalinan, panggul ibu akan semakin sakit. Hal ini karena otot dan persendian ibu meregang dan bergeser untuk proses persalinan. Selain itu, karena posisi janin yang bergeser ke bawah, punggung, dan pinggul ibu terasa kaku dan kram. 

5. Keputihan yang Banyak

Posisi janin yang semakin turun akan menekan dan meregangkan leher rahim ibu untuk mempersiapkan jalan lahir janin. Selama proses ini, sumbatan di leher rahim akan terlepas yang memicu keputihan.

Agar janin lebih cepat masuk ke jalan lahir, Ibu bisa melakukan beberapa aktivitas. Seperti aktivitas fisik ringan untuk merangsang pembukaan serviks, hindari duduk bersila dan jongkok, duduk di atas birth ball untuk membantu bayi bergerak ke bawah, dan berbaring di sisi kiri dengan bantal terselip di antara lutut.

Informasi selengkapnya mengenai tanda ibu akan melahirkan bisa ditanyakan melalui aplikasi Halodoc. Ibu juga bisa buat janji pemeriksaan kehamilan lewat Halodoc tanpa harus antre ke rumah sakit!

Referensi:
Pregnancy Birth Baby. Diakses pada 2021. Giving birth - early signs of labour.
Community Animal Hospital. Diakses pada 2021. 5 IMPRESSIVE THINGS DOGS CAN SENSE BEFORE THEY HAPPEN.
Wag Lab Inc,. Diakses pada 2021. Can Dogs Tell You Are Going Into Labor?