• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anjing Melolong karena Melihat Makhluk Halus, Ini Faktanya

Anjing Melolong karena Melihat Makhluk Halus, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Kamu tentu pernah mendengar anjing melolong di malam hari. Menurut mitos yang beredar, anjing melolong karena melihat makhluk halus atau hantu. Hal ini tampak meyakinkan, karena selain “kata orang”, situasi anjing melolong sering muncul di film-film horor. Apakah benar? Lantas, kenapa anjing melolong di malam hari?

Jika hantu itu nyata, anjing akan menjadi makhluk pertama mengetahuinya. Anjing memiliki indra yang jauh di luar jangkauan manusia. Sehingga masuk akal untuk bertanya-tanya tentang kemampuan deteksi anjing. Sebelum percaya dengan rumor lolongan anjing ini, pahami terlebih dulu kenapa anjing melolong di malam hari. 

Baca juga: Pelihara Hewan di Rumah, Ini Manfaatnya untuk Anak

Kenapa Anjing Melolong di Malam Hari?

Lolongan anjing adalah bentuk ekspresi, yang mungkin juga respon otonom. Saat anjing melolong, biasanya anjing lain di sekitar akan ikut bergabung seolah membuat sebuah paduan suara. Hanya dengan satu lolongan, maka lolongan lainnya akan bersambutan. 

Namun, tidak seperti saat serigala melolong dalam film horor, lolongan anjing tidak berarti sesuatu yang buruk akan terjadi. Berikut ini alasan anjing melolong:

1.Komunikasi Vokal

Serigala melolong untuk mengirim pesan ke anggota keluarga yang terpisah, memberi tahu tentang keberadaan dan lokasi mereka saat ini. Metode ini membantu serigala menemukan satu sama lain. Anjing mewarisi perilaku ini dari nenek moyangnya. 

2.Kehadiran Anjing Asing

Perilaku teritorial adalah karakteristik lain yang diwarisi anjing dari serigala. Seperti serigala, anjing hidup berkelompok dan mempertahankan perbatasannya. Ketika mereka mengamati atau mencurigai seekor anjing dari kawanan lain yang melanggar batas, maka memicu lolongan untuk memperingatkan anjing itu dan memberitahu anggota kelompok anjing sendiri. 

Baca juga: Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

3.Merasa Gelisah akan Perpisahan

Secara alami anjing adalah hewan kawanan, dan mereka akan cemas akan perpisahan. Ketika mereka merasa terpisah dari kelompok, atau ketika ada anggota dari kelompok mereka yang hilang, maka akan memicu lolongan seolah-olah mengatakan, “Saya di sini, kamu di mana?”. 

4.Distress Isolasi

Jika anjing peliharaan dibiarkan sendiri dalam waktu lama, ia mungkin merasa terisolasi dan bisa melakukan kebiasaan yang tidak biasa. Kecemasan akan isolasi adalah masalah umum bagi semua anjing, dan anjing mulai melolong dan berperilaku tidak terduga jika dibiarkan sendiri. 

5.Mengalami Masalah Medis

Anjing liar akan melolong ketika mengalami cedera yang tidak disengaja. Terkadang anjing peliharaan kamu akan melolong karena sakit, atau ada sesuatu yang tidak beres secara fisik dan dia mengalami sakit di bagian dalam tubuh. 

Jadi, jika anjing melolong secara konsisten, kamu perlu memastikan dia tidak sakit dan memeriksa adanya cedera fisik. Jika anjing mengalami cedera yang terlihat, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan. Jika dokter meresepkan obat, kamu bisa beli obat melalui aplikasi Halodoc. 

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Jadi, Bisakah Anjing Melihat Hantu?

Hal ini masih belum bisa diketahui pasti. Secara ilmiah, belum ada bukti bahwa hantu itu ada. Dari segi indra anjing, masih banyak alasan yang bisa ditemukan, terutama dari perilaku lolongan anjing di malam hari. 

Namun, secara anekdot atau cerita singkat, banyak orang yang meyakini bahwa anjing melolong karena melihat makhluk halus. Mulai dari melolong pada sesuatu yang sebenarnya tidak ada hingga tetap dekat dengan tempat favorit anggota keluarga yang sudah meninggal. Ada kumpulan bukti yang dikumpulkan oleh pecinta anjing untuk membuktikan kasus bahwa kemampuan super anjing itu nyata. 

Jadi, kembali lagi pada keyakinan kamu akan hal-hal yang berbau mistis. Namun, tetap penting diingat, apa pun penyebab anjing melolong, utamakan memperhatikan anjing pada alasan yang lebih medis dan ilmiah. 

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. Can Dogs See Ghosts?
Pet Helpful. Diakses pada 2021. 10 Reasons Why Dogs Howl
WebMD. Diakses pada 2021. Howling in Dogs