• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anjing Mengeluarkan Liur Berlebihan, Waspada Gangguan Kesehatan

Anjing Mengeluarkan Liur Berlebihan, Waspada Gangguan Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya merawat anjing kesayangan. Memperhatikan kesehatannya menjadi hal lainnya yang tidak kalah penting. Sebaiknya ketahui beberapa tanda yang menunjukkan anjing sedang dalam kondisi yang kurang baik. Mulai dari penurunan nafsu makan, menurunnya aktivitas fisik, hingga produksi liur yang berlebihan.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Meskipun pada beberapa jenis anjing memang mengeluarkan liur berlebihan, tetapi tidak salah jika kamu mengenali kondisi yang perlu diwaspadai. Untuk itu, yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Kenali Gangguan Kesehatan pada Anjing yang Ditandai Liur Berlebihan

Nyatanya, ada beberapa jenis anjing yang mengeluarkan liur berlebihan. Mulai dari Saint Bernards, Bloodhounds, hingga Mastiff memiliki kebiasaan mengeluarkan liur berlebihan. Hal ini disebabkan jenis anjing ini memiliki bibir atas yang lebih longgar dibandingkan jenis anjing lainnya.

Selain itu, anjing juga dapat mengeluarkan air liur saat mereka mengharapkan sesuatu yang enak, misalnya makanan. Air liur menjadi hal yang sangat penting bagi sistem pencernaan anjing. Bahkan, saat anjing mengonsumsi obat dengan rasa yang tidak mereka suka pun kerap membuat anjing mengeluarkan liur.

Lalu, kapan sebaiknya pemilik anjing perlu waspada terhadap kondisi liur berlebihan pada anjing kesayangannya? Sebagai pemilik anjing, tentunya kamu perlu mengetahui berbagai tanda pada anjing ketika anjing mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya dengan mengeluarkan liur berlebihan.

Waspada jika anjing mengeluarkan liur berlebihan dan disertai dengan beberapa tanda lainnya. Mulai dari bau mulut, penurunan berat badan, batuk, sensitif saat disentuh area mulut, perubahan perilaku, diare, hingga penurunan aktivitas fisik. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada anjing.

Baca juga: Tidak Hanya Gigitan, Jilatan Anjing Juga Perlu Diwaspadai

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang ditandai dengan liur berlebihan pada anjing.

1.Gangguan Kesehatan pada Mulut

Penumpukan tartar menjadi salah satu penyebab anjing mengeluarkan liur berlebihan. Jika ada perubahan warna pada gigi anjing, gusi membengkak, dan perdarahan, sebaiknya segera lakukan perawatan terhadap area gigi dan mulut anjing agar kondisi ini dapat diatasi. 

Selain itu, patah gigi, tumor, atau adanya benda asing di dalam mulut bisa menjadi penyebab lain anjing mengeluarkan liur berlebihan. Tidak ada salahnya rutin lakukan pemeriksaan mandiri terhadap kondisi kesehatan gigi dan mulut anjing di rumah.

2.Cuaca Panas

Cuaca yang terlalu panas dapat menyebabkan anjing mengalami heat stroke dan mengeluarkan liur berlebihan. Pastikan anjing berada dalam cuaca dan lingkungan yang nyaman, agar terhindar dari situasi berbahaya yang disebabkan oleh heat stroke.

3.Gangguan Fungsi Organ

Saat anjing kesayangan bertambah usia, pastikan kamu selalu membawa anjing ke dokter hewan secara rutin untuk memastikan fungsi organ berjalan baik. Adanya gangguan pada hati dan ginjal dapat ditandai dengan liur berlebihan pada anjing. 

4.Mengonsumsi Kandungan Berbahaya

Pastikan anjing berada di lingkungan yang aman. Tidak sengaja mengonsumsi kandungan berbahaya yang berasal dari tanaman maupun hewan dapat menyebabkan anjing sakit dan mengeluarkan liur berlebihan. 

5.Merasa Cemas

Bukan hanya manusia, anjing juga dapat mengalami perasaan cemas yang ditandai dengan mengeluarkan liur berlebihan. Anjing yang cemas akan membuka mulutnya lebar-lebar dan bernapas. Inilah yang membuat anjing mengeluarkan liur terus-menerus. 

6.Infeksi Saluran Pernapasan Bagian Atas

Mengeluarkan liur berlebihan bisa menjadi tanda adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas anjing. Misalnya, pada bagian tenggorokan serta hidung.

Baca juga: Waspada, Ini 4 Bahaya Air Liur Anjing untuk Kesehatan

Itulah beberapa tanda dan penyebab anjing mengeluarkan liur berlebihan. Segera download Halodoc agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat seputar keluhan anjing kesayangan dari dokter hewan. Praktis kan? Yuk, tunggu apalagi!

Referensi:
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Why Does My Dog Drool So Much?
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Is Your Dog’s Drool Cool? When It’s Natural and When It’s Cause for Concern.
Pet Helpful. Diakses pada 2021. 7 Reasons Why Your Dog Is Drooling Too Much and Why You Should Be Worried.