• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anjing Tidak Mau Makan? Ini Solusinya

Anjing Tidak Mau Makan? Ini Solusinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tidak berbeda dengan manusia, hewan peliharaan juga bisa kehilangan nafsu makan, dalam hal ini anjing kesayangan. Ketika ini terjadi, anjing mungkin sedang kehilangan selera dan nafsu makannya. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti kamu terlalu memanjakan anjing peliharaan, sedang sakit, atau bahkan sedang stres. 

Tentu saja, sebagai pemiliknya kamu pasti sangat khawatir. Tidak hanya lapar, anjing yang tidak mau makan bisa lemas dan lebih mudah terserang penyakit. Ia pun jadi tidak seaktif biasanya. Kalau sudah begini, kamu bisa melakukan cara berikut ini agar anjing mau makan lagi:

  • Terapkan Waktu Makan Lebih Teratur

Memulihkan nafsu makan anjing yang menurun bukan perkara mudah. Mungkin, hal ini terjadi karena kamu tidak teratur dalam menerapkan waktu pemberian makannya. Jangan meletakkan mangkuk makan di hadapannya jika anjing sedang tidak bernafsu makan, karena justru hal tersebut akan membuat ia semakin malas makan.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan Sedang Mengalami Sakit

Sebisa mungkin, buatlah jadwal makan lebih teratur untuknya seperti waktu makan kamu, mulai pagi, siang, hingga sore atau makan malam. Perlu diingat, kamu juga disarankan untuk mengatur jadwal pemberian makan anjing sesuai dengan usianya. Anak anjing hingga usianya 3 bulan, berikan makan hingga empat kali dalam sehari berjarak antara 4–5 jam. 

Lalu, anjing yang usianya sudah lebih dari 3 bulan bisa kamu beri makan sebanyak tiga kali sehari dengan jeda waktu antara 6–7 jam. Sementara untuk anjing yang sudah berusia lebih dari 6 bulan, berikan makan sebanyak dua kali dengan jeda waktu 12 jam. 

  • Hindari Memberikan Camilan Berlebihan

Ternyata, memberi camilan berlebihan pada anjing bukan hal yang disarankan, lho, apalagi jenis camilan yang memiliki banyak rasa. Ini akan membuat anjing kamu lebih menyukai camilan dan menolak makanan utamanya.

Padahal, makanan utama jelas mengandung lebih banyak gizi yang dibutuhkan tubuh dibandingkan dengan camilan. Sebaiknya, berikan camilan sebagai selingan sebanyak sekali atau dua kali saja dalam sehari di sela waktu makan dan berikan dalam porsi yang pas alias tidak berlebihan. 

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

  • Coba Berikan Stimulasi

Stimulasi atau rangsangan juga bisa menjadi salah satu cara mengembalikan nafsu makan anjing peliharaan. Caranya bisa dengan memberikan aroma dan mengudap makanan di depan anjing kesayangan. Dengan demikian, rasa lapar anjing akan terangsang secara alami. 

Lakukan hal ini secara berkala sebelum jam makannya. Hindari memberikan kulit ayam atau tulang sebagai kudapan. Sebagai gantinya, berikan daging putih rendah lemak untuk mengembalikan nafsu makannya. 

  • Makan Bersama dengan Anjing Lainnya

Kalau kamu memelihara lebih dari satu anjing di rumah, makan bersama dengan anjing lainnya bisa menjadi cara lain mengembalikan nafsu makannya. Ini akan memacu keinginannya untuk kembali makan dengan lahap secara naluriah. Tetap pastikan kamu melakukannya tepat pada saat waktu makan tiba, ya.

Baca juga: Ketahui 7 Penyakit yang Rentan Dialami Oleh Anak Anjing

Jika cara di atas masih belum mengembalikan nafsu makan anjin, kamu bisa memberinya vitamin dan menanyakan pada dokter cara lain yang mungkin belum kamu coba. Tanya jawab dengan dokter hewan kini bisa kamu lakukan lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kondisi kesehatan hewan kesayangan.



Referensi: 
Dokterhewan. Diakses pada 2020. Yang Harus Dilakukan Jika Anjing Anda Tak Mau Makan.
Anjing.org. Diakses pada 2020. Memulihkan Nafsu Makan Anjing.