• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anti Stres Selama Kerja di Rumah, Ini Tipsnya 

Anti Stres Selama Kerja di Rumah, Ini Tipsnya 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Kerja di rumah alias Work from Home (WFH) menjadi salah satu kebijakan yang diambil pemerintah di tengah wabah Corona. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan menghentikan penularan virus tersebut. Kebanyakan kebijakan kerja di rumah diberlakukan selama 14 hari atau 2 minggu. Tagar #dirumahaja pun menghiasi berbagai media sosial. 

Meski memiliki tujuan yang baik, tetapi tidak sedikit orang yang mengeluhkan rasa bosan, bahkan stres karena terlalu lama berdiam diri di rumah. Belum lagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengimbau untuk melakukan pembatasan sosial serta kontak fisik. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghindari stres saat kerja di rumah. Simak ulasannya di bawah ini! 

Baca juga: Kita Semua Vs Virus Corona, Siapa Pemenangnya?

Tips Menghindari Stres 

Stres bisa terjadi pada siapa saja, tetapi risikonya menjadi lebih besar saat seseorang berada di bawah tekanan atau situasi yang dianggap kurang menyenangkan. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, stres bisa berujung pada depresi jangka panjang. 

Nah, ada berbagai tips yang bisa coba diterapkan untuk menghindari stres saat kerja di rumah. Di antaranya: 

  • Konsumsi Makanan Sehat 

Konsumsi makanan sehat tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi juga mental. Nyatanya, makanan sehat bisa membantu meningkatkan suasana hati atau mood menjadi lebih baik sehingga terhindar dari stres. Jangan lupa juga untuk mencukupi asupan air putih harian, yaitu sebanyak 2 liter atau 8 gelas air putih. 

  • Memandang ke Halaman 

Saat mulai merasa stres atau tertekan dalam menyelesaikan tumpukan pekerjaan di rumah, cobalah untuk mengalihkan pandangan sejenak ke halaman rumah atau kebun. Nyatanya, menikmati atau berada di alam terbuka bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan mental. Tinggalkan sejenak pekerjaan dan nikmati hijaunya rumput serta langit yang biru. 

Baca juga: Fakta Baru, Virus Corona Mampu Bertahan di Udara

  • Berolahraga 

Siapa bilang di rumah saja berarti tidak bisa berolahraga? Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu praktikkan di rumah, bahkan di tengah mengerjakan tugas kantor. Berolahraga bisa memberi dampak baik untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Kamu bisa melakukan hal paling sederhana, seperti berjalan mengelilingi rumah atau gerakan olahraga dasar di ruang kerja. 

  • Lakukan Hal Menyenangkan 

Coba ambil waktu untuk menenangkan tubuh, salah satunya dengan melakukan hal yang menyenangkan. Kamu bisa mengisi waktu istirahat kerja dengan menonton film, mendengarkan musik, memasak, atau membaca buku. Kamu juga tetap bisa berbincang dengan keluarga asal menjaga jarak aman atau menghubungi teman melalui media sosial. Hal ini penting dilakukan untuk menyegarkan pikiran sehingga risiko stres bisa dicegah. 

  • Cukup Tidur 

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko stres adalah kurang tidur. Maka dari itu, meski di rumah saja, pastikan tubuh mendapat cukup istirahat pada malam hari sehingga memiliki energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Baca juga: Alami Gejala Corona, Ini Alasan Sebaiknya Lakukan Cek Online

  • Jangan Memaksakan Diri 

Meski kerja di rumah, kamu tetap harus mengikuti dan memperbaharui informasi. Namun, jika pemberitaan mengenai corona mulai membuat resah dan malah menambah stres, sebaiknya batasi informasi dan jangan memaksakan diri. Sebagai gantinya, kamu bisa mengecek pemberitaan pada waktu tertentu saja. 

Kamu juga bisa memperbarui informasi terkait corona atau penyakit lain melalui aplikasi Halodoc. Ada banyak artikel terpercaya yang bisa dibaca secara gratis. Kamu juga bisa menghubungi dokter di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mentalhealth.org. Diakses pada 2020. How to manage and reduce stress.
Web MD. Diakses pada 2020. 10 Tips to Manage Stress.
Healthline. Diakses pada 2020. 16 Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety.