• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Artinya Hasil Testpack 1 Garis tapi Warna Sangat Samar?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Artinya Hasil Testpack 1 Garis tapi Warna Sangat Samar?

Apa Artinya Hasil Testpack 1 Garis tapi Warna Sangat Samar?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Desember 2021
Apa Artinya Hasil Testpack 1 Garis tapi Warna Sangat Samar?

Hasil testpack garis samar mungkin membingungkan. Terutama bagi orang-orang yang tengah menantikan kehamilan. Faktanya, hasil testpack bisa diartikan sebagai tanda hamil dengan ketentuan 1 garis berarti negatif sementara 2 garis pada hasil testpack berarti positif hamil.”

Halodoc, Jakarta – Testpack garis samar mungkin membuat bingung. Apakah ini tanda kehamilan atau tidak. Lantas, apakah jika hasil testpack 1 garis, tetapi warna sangat samar berarti hamil? Testpack adalah alat bantu yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Biasanya, alat ini digunakan sebagai pemeriksaan awal setelah seorang wanita menyadari dirinya terlambat haid. 

Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi keberadaan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) di dalam tubuh. Saat seorang wanita hamil, tubuhnya memang akan secara otomatis memproduksi hormon hCG dalam jumlah lebih banyak. Nah, testpack akan mendeteksi peningkatan kadar hormon tersebut dan mengartikannya sebagai tanda kehamilan atau bukan. 

Mengapa Terjadi Hasil Testpack Garis Samar? 

Jika testpack menunjukkan hasil 2 garis, itu bisa diartikan sebagai tanda positif hamil. Sebaliknya, hasil testpack 1 garis berarti negatif hamil. Namun, ada kondisi di mana muncul hasil testpack garis samar. Bisa jadi ini memang tanda hamil, tetapi ada juga kemungkinan hal itu menunjukkan “false positive” atau hasil positif yang palsu. 

Memeriksakan kehamilan sendiri dengan testpack memang harus dilakukan dengan cermat, terutama dalam mengenali hasilnya. Faktanya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hasil testpack garis samar, antara lain: 

  1. Testpack sudah Kedaluwarsa 

Salah satu kemungkinan hasil testpack garis samar adalah alat tersebut sudah rusak atau kedaluwarsa. Hal ini nyatanya memang bisa memengaruhi kemampuan alat ini dalam mendeteksi kehamilan. Coba perhatikan lagi kemasan testpack untuk mengetahui kemungkinan alat ini rusak. 

  1. Positif Hamil 

Munculnya 2 garis di testpack, biarpun garis samar, bisa diartikan sebagai tanda kehamilan. Hal ini mungkin terjadi akibat kadar hormon hCG yang dihasilkan tubuh masih sangat rendah sehingga belum terdeteksi semua. 

  1. Sampel Urine Bermasalah 

Selain pada testpack, kesalahan juga bisa terjadi pada sampel urine yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Ada kemungkinan urine telah menguap atau tercampur dengan zat asing sehingga merusak hasil tes. Selain itu, waktu yang kurang tepat saat melakukan pemeriksaan juga bisa meningkatkan risiko gangguan pada hasil tes, termasuk hasil testpack garis samar. 

  1. Gangguan Kesehatan 

Testpack memang digunakan sebagai alat pendeteksi kehamilan, tetapi hasil yang ditunjukkan mungkin juga berkaitan dengan kondisi tubuh. Salah satu hal yang paling mungkin terjadi adalah gangguan hormon dalam tubuh. Selain itu, hasil garis samar pada testpack juga bisa menjadi tanda keguguran atau pernah menjalani aborsi. 

  1. Mengonsumsi Obat Kesuburan 

Bagi sebagian wanita, mungkin dibutuhkan usaha lebih untuk bisa mendapatkan kehamilan, salah satunya mengonsumsi obat kesuburan. Hal ini ternyata bisa memengaruhi hasil pemeriksaan testpack karena ada kemungkinan kandungan obat merangsang produksi hormon tertentu. 

Lakukan Hal ini Jika Masih Ragu 

Hampir semua alat testpack yang dijual memiliki tingkat akurasi hingga 99 persen. Namun, bukan berarti kesalahan tidak mungkin terjadi. Jika masih ragu dengan hasil testpack 1 garis, tetapi warna sangat samar, coba lakukan pemeriksaan ulang. Gunakan testpack baru dan tentukan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan, misalnya beberapa hari setelah tes pertama. 

Cek kebutuhan testpack atau alat pendeteksi kehamilan di aplikasi Halodoc. Pilih jenis yang sesuai dan pastikan tidak kedaluwarsa. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera tanpa harus keluar rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
What to Expect. Diakses pada 2021.  Does a Faint Line on a Pregnancy Test Mean It’s Positive or Negative?
Baby Gaga. Diakses pada 2021. 10 Reasons You Might Get A Faint Positive On A Pregnancy Test.