• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Cara Efektif untuk Mencegah Penularan HIV?

Apa Cara Efektif untuk Mencegah Penularan HIV?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Cara Efektif untuk Mencegah Penularan HIV?

Halodoc, Jakarta - Penyakit AIDS yang terjadi karena infeksi virus HIV telah lama diketahui sebagai penyakit menular yang membahayakan nyawa. Akan tetapi, sebenarnya pengidap penyakit ini tidak perlu dijauhi atau bahkan dikucilkan. Justru, dibutuhkan dukungan dari keluarga maupun orang terdekat agar pengidap tetap bisa menjalani hari dan aktivitasnya dengan baik. 

Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh orang lain adalah mencegah terjadinya penularan penyakit tersebut. Nah, berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan guna mencegah penularan HIV/AIDS berdasarkan CDC:

  • Pastikan Hanya Melakukan Hubungan Seksual yang Aman

Hal paling utama yang bisa dengan mudah menularkan penyakit AIDS adalah hubungan seksual. Ini artinya, setiap orang, termasuk kamu, harus melakukan hubungan intim yang aman, maksudnya adalah tidak berganti pasangan atau sebaiknya menggunakan alat pengaman (seperti kondom) saat berhubungan intim.

Baca juga: Hobi Berganti Pasangan, Hati-hati dengan Penyakit Berbahaya Ini

  • Hindari Konsumsi Obat Terlarang

Selain hubungan seksual, virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS juga sangat mudah menular melalui penggunaan jarum suntik. Ini karena virus tersebut bisa menular melalui darah, sehingga menggunakan jarum suntik bekas atau secara bergantian sangat mungkin meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit berbahaya ini.

  • Diskusikan dengan Dokter

Apabila kamu didiagnosis mengidap AIDS, jangan ragu untuk membicarakannya lebih lanjut dengan dokter spesialis terkait pengobatan yang bisa dilakukan dan cara mencegah penularan. Ini juga sangat disarankan pada ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil yang didiagnosis AIDS sangat rentan menularkan penyakitnya pada janin. Supaya tanya jawab dengan dokter lebih mudah, pastikan kamu menggunakan aplikasi Halodoc. Kapan saja, kamu bisa bertanya pada dokter atau membuat janji berobat ke rumah sakit melalui aplikasi Halodoc.

  • Jujur pada Pasangan

Jangan pernah merahasiakan penyakit ini pada pasangan. Jadi, pastikan kamu memberi tahu pasangan apabila memang terinfeksi virus HIV. Nantinya, pasangan pun bisa segera menjalani pemeriksaan. Semakin cepat virus terdeteksi, penanganannya bisa lebih mudah dan penularan pun bisa dicegah.

Baca juga: Jenis Persalinan untuk Ibu Hamil Pengidap HIV

Ketahui Cara Penularan HIV/AIDS

Jika membicarakan bagaimana cara mencegah penularan HIV/AIDS, kamu perlu tahu dulu bagaimana penyakit ini menular. Penularan virus HIV terjadi jika darah, cairan Miss V maupun sperma dari seseorang yang telah terinfeksi virus masuk ke dalam tubuh orang lain. Beberapa cara yang membuat hal tersebut sangat mungkin terjadi, yaitu:

  • Hubungan intim. Berhubungan seksual, baik secara vaginal maupun anal dengan seseorang yang mengidap AIDS menjadi cara penularan yang paling mudah. Pun, penularan juga bisa terjadi melalui seks oral, meski terbilang jarang. Kondisi ini hanya mungkin jika ada luka terbuka di dalam mulut, seperti sariawan atau gusi berdarah. 
  • Transfusi darah. Cara lain yang bisa menularkan virus HIV adalah transfusi darah. Apabila kamu menerima darah dari orang yang terinfeksi, sudah pasti penularan terjadi.
  • Penggunaan jarum suntik bekas atau secara bergantian. Menggunakan jarum suntik yang tidak steril, apalagi jarum yang sama dengan pengidap AIDS juga bisa menularkan penyakit tersebut. 
  • Kehamilan. Ibu hamil yang terinfeksi positif HIV/AIDS pun sangat berisiko menularkan virus ini pada ke janin. Virus dapat menular saat proses melahirkan atau lewat ASI saat menyusui.

Baca juga: Inilah 4 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Hubungan Intim

Itulah tadi berbagai cara penularan HIV/AIDS dan bagaimana pencegahannya yang perlu diketahui. Jangan khawatir, bersalaman atau berpelukan tidak akan membuat kamu tertular virus tersebut, begitu juga apabila kamu terkena butiran ludah dari pengidap.  

Referensi:
WHO. Diakses pada 2021. HIV/AIDS.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. HIV/AIDS Prevention.
WebMD. Diakses pada 2021. 6 Ways to Prevent AIDS.