• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Hal yang Harus Dihindari Pengidap Radang Sendi?

Apa Hal yang Harus Dihindari Pengidap Radang Sendi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Hal yang Harus Dihindari Pengidap Radang Sendi?

“Penelitian menunjukkan bahwa pola makan sehat dapat mengurangi keparahan gejala pada orang dengan radang sendi dan serta meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Selain itu, peningkatan asupan lemak omega-3, yang ditemukan pada ikan berminyak, seperti sarden dan salmon juga dapat membantu meringankan radang sendi.”

Halodoc, Jakarta – Radang sendi adalah pembengkakan dan nyeri yang terjadi pada satu atau lebih sendi. Gejala utama radang sendi adalah nyeri dan kekakuan sendi yang biasanya memburuk seiring bertambahnya usia.  

Jenis radang sendi yang paling umum terjadi adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Osteoarthritis menyebabkan tulang rawan mengalami kerusakan, sedangkan rheumatoid arthritis adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sendi yang dimulai dari lapisan sendi. 

Pola Makan dan Aktivitas yang Perlu Dihindari

Perawatan radang sendi bervariasi tergantung pada jenis radang sendi. Tujuan utama pengobatan arthritis adalah untuk mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Lantas, apa yang harus dihindari pengidap radang sendi?

Tadi sudah disinggung kalau radang sendi adalah kondisi kesehatan umum yang melibatkan peradangan kronis pada persendian. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada persendian, tulang, dan bagian tubuh lainnya tergantung pada jenisnya radang sendinya.

Baca juga: Membongkar Mitos Seputar Radang Sendi yang Beredar

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang tepat seperti menghilangkan makanan dan minuman tertentu, dapat mengurangi keparahan gejala pada orang dengan radang sendi, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari pengidap radang sendi, termasuk:

1. Gula tambahan

Kamu harus membatasi asupan gula jika mengidap radang sendi. Gula tambahan ditemukan dalam permen, soda, es krim, dan banyak makanan lainnya. 

2. Daging olahan dan daging merah

Beberapa penelitian mengaitkan daging merah dan daging olahan dengan peradangan, yang dapat meningkatkan gejala radang sendi. Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi daging olahan dan daging merah dapat memicu peradangan sendi.

3. Makanan yang mengandung gluten

Beberapa penelitian menghubungkan adanya peningkatan peradangan saat mengonsumsi gluten pada orang dengan radang sendi.

4. Alkohol

Alkohol dapat memperburuk gejala radang sendi, siapa pun dengan radang sendi harus membatasi atau menghindarinya. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan alkohol dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan serangan asam urat. Konsumsi alkohol kronis juga dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoarthritis.

Baca juga: Radang Sendi Tidak Dapat Disembuhkan, Harus Apa?

Selain makanan, ada beberapa hal lain yang perlu dihindari bila kamu mengidap radang sendi, ini termasuk obesitas. Jika kamu mengalami obesitas, ini dapat semakin memberikan tekanan pada sendi. Penekanan pada radang sendi dapat membatasi mobilitas dan meningkatkan cedera sendi.

Jika kamu orang yang malas olahraga dan tidak aktif, sudah saatnya mulai aktif berolahraga.  Olahraga teratur dapat membantu menjaga sendi tetap fleksibel. Berenang dan aerobik air bisa jadi pilihan yang baik karena daya apung air mengurangi stres pada sendi yang menahan beban.

Menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang bisa memicu radang sendi begitu juga pola hidup sehat lain seperti olahraga. Sejauh ini tidak ada makanan pasti yang bisa menyembuhkan radang sendi, tetapi beberapa kondisi dapat dibantu dengan pola makan.

Baca juga: Inilah Masalah yang Sering Menyerang Tulang Belikat

Orang dengan kondisi peradangan, seperti rheumatoid arthritis dapat mengambil manfaat dari peningkatan asupan lemak omega-3, yang ditemukan pada ikan berminyak seperti sarden dan salmon.

Sedangkan untuk jenis radang sendi lainnya, kamu dapat menjaga kesehatan dengan cara makanan tinggi purin, termasuk jeroan, kerang dan bir, dan minum banyak air. Selain penanganan sendiri dengan menghindari pantangan, kamu bisa membeli obat untuk gangguan radang sendi melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Foods and Beverages to Avoid with Arthritis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Arthritis.
Very Well Health. Diakses pada 2021. 12 Foods To Avoid When You Have Arthritis.