• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Khasiat Mengonsumsi Minuman Rempah untuk Kesehatan?

Apa Khasiat Mengonsumsi Minuman Rempah untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Khasiat Mengonsumsi Minuman Rempah untuk Kesehatan?

“Rempah-rempah adalah salah satu tanaman yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Ada banyak jenis rempah untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga perlu dikonsumsi secara rutin.”

Halodoc, Jakarta – Indonesia adalah negara yang cukup terkenal karena kaya akan rempah-rempah. Ada banyak jenis rempah yang dapat sering kamu konsumsi, seperti jahe, kayu manis, kunyit, dan lain-lain. Rempah juga terkenal dapat menyehatkan tubuh, terutama saat diolah menjadi minuman. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa manfaat dari mengonsumsi minuman rempah untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Minuman Rempah untuk Kesehatan

Rempah adalah tanaman yang kerap digunakan untuk memasak karena dapat menimbulkan rasa yang khas dan menggugah selera. Bukan hanya makanan, rempah juga dapat diolah menjadi minuman. Selain meningkatkan rasa, rempah juga baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Rempah-Rempah yang Bisa Jadi Obat Diet Alami

Minuman rempah yang segar seringkali mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan herbal lainnya yang diproses atau dikeringkan. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa manfaat dari rempah untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut beberapa khasiat dari konsumsi minuman rempah bagi tubuh tergantung jenisnya:

1. Kayu Manis

Salah satu ramuan rempah untuk kesehatan yang dapat diolah menjadi minuman adalah kayu manis. Rempah ini mengandung senyawa yang disebut dengan cinnamaldehyde yang kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu, rempah ini juga dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Manfaat paling utama dari kayu manis adalah efeknya pada kadar gula darah. Kayu manis dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme, termasuk dengan memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Pengidap diabetes sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi minuman rempah ini untuk menjaga kesehatan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang manfaat rempah untuk kesehatan, dokter dari Halodoc siap membantu kamu untuk memberikan jawaban yang tepat. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Ketahui Berbagai Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

2. Kunyit

Kunyit juga kerap diolah menjadi minuman rempah yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini mengandung curcumin, antioksidan yang sangat baik untuk melawan kerusakan oksidatif dan meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh. Kandungan tersebut ampuh untuk mencegah penuaan dini dan banyak penyakit.

Sifat anti-inflamasi pada kunyit juga sangat baik untuk mengatasi peradangan pada tubuh. Faktanya, peradangan tingkat rendah dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit kronis. Maka dari itu, kunyit kerap dikategorikan sebagai tanaman yang dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

3. Jahe

Jahe juga termasuk salah satu rempah yang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Tanaman ini kerap digunakan untuk mengatasi mual dan memiliki sifat anti-peradangan. Beberapa masalah mual yang dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe adalah morning sickness, efek kemoterapi, dan mabuk laut.

Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat serta ampuh untuk mengatasi rasa sakit. Pada suatu penelitian, disebutkan jika 2 gram ekstrak jahe per hari dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Cara kerjanya mirip seperti aspirin yang dapat menurunkan peradangan pada usus besar.

Baca juga: Efektifkah Mengatasi Vertigo dengan Minum Air Jahe?

Nah, itulah beberapa jenis rempah yang dapat kamu olah menjadi minuman serta dapat menyehatkan tubuh. Selain menjaga tubuh tetap sehat, mengonsumsi olahan rempah ini juga tidak menimbulkan efek samping jika dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimiawi. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengonsumsi semua obat-obatan alami.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Delicious Herbs and Spices With Powerful Health Benefits.
Better Health. Diakses pada 2021. Herbs.