• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang?

Apa Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Apa Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang?

“Daun ketapang disebut-sebut menyimpan berbagai keistimewaan bagi ikan cupang. Daun ini diduga dapat meningkatkan kualitas air akuarium, dan membuat ikan merasa berada di dalam habitat aslinya. Menariknya lagi, daun ketapang juga dapat membantu masalah kulit pada ikan cupang.”

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang memelihara ikan cupang, tentu sudah tak asing bukan dengan daun ketapang? Daun ini sering disebut sebagai daun ‘ajaib’ yang memiliki berbagai manfaat bagi ikan cupang.

Oleh sebab itu, tidak sedikit pecinta ikan cupang yang memasukan daun ini ke dalam akuarium mereka. Nah, mau tahu apa saja manfaat daun ketapang pada ikan cupang? Berikut ulasan selengkapnya. 

Baca juga: Ketahui 6 Jenis Ikan Cupang yang Cocok Dipelihara di Rumah

Manfaat Daun Ketapang bagi Ikan Cupang

Daun ketapang sering dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi ikan cupang. Daun ini diduga memiliki berbagai macam manfaat luar biasa bagi pertumbuhan dan kehidupan ikan cupang. Nah, berikut beberapa manfaat daun ketapang bagi ikan cupa.

1. Membuat Ikan Lebih Sehat 

Daun ketapang diduga memiliki sifat anti-parasit, anti-bakteri dan anti-jamur. Dengan kandungan sifat tersebut daun ketapang dapat menjaga air bebas dari patogen, menghasilkan ikan yang lebih sehat dan kuat. Terlebih lagi, beberapa peternak percaya bahwa daun ketapang dapat membuat ikan lebih mudah bertelur. 

2. Meningkatkan Kualitas Air

Daun ketapang perlahan-lahan akan rusak ketika dimasukkan ke dalam akuarium. Pada proses tersebut daun ini akan melepaskan asam tanat, tanin, dan zat lain ke dalam air di akuarium. Nah, ketika asam tanan dilepaskan, maka pH air dalam akuarium akan menurun sehingga lebih cocok dan ideal dengan kondisi ikan cupang. Sebab, air keran mungkin saja tidak sesuai dengan kondisi ideal cupang peliharaanmu.

Menariknya lagi, daun ketapang juga bisa mengubah warna air dalam akuarium. Nah, perubahan warna air ini diduga dapat mengurangi stres pada ikan, karena ikan cupang merasa berada di dalam habitatnya. 

Baca juga: Tren Pelihara Ikan Cupang, Ketahui Cara Tepat untuk Merawatnya

3. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat daun ketapang lainnya dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit. Banyak aquarists berpendapat bahwa daun ketapang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit atau cedera yang melibatkan kulit ikan, atau lebih tepatnya sisik mereka.

Zat tanin yang dilepaskan oleh ketapang dipercaya dapat membunuh bakteri, jamur dan virus, dan memungkinkan ikan yang terluka untuk sembuh lebih cepat. Bahkan, daun ini juga disebut-sebut lebih baik daripada antibiotik dan obat lain, saat melawan bakteri dan jamur di peternakan ikan komersial.

4. Lokasi untuk Bertelur

Manfaat daun ketapang lainnya sebagai tempat untuk ikan cupang melepaskan telurnya. Pada dasarnya, banyak ikan melepaskan telur mereka di atas atau di bawah daun yang berguguran. Hal ini membantu menyembunyikan telur mereka dari predator atau lenyap.

Daun ketapang juga memiliki manfaat untuk pemijahan, sebab banyak ikan hanya akan bertelur dalam kondisi air tertentu. Nah, penurunan pH dan kesadahan air berkhat khasiat daun ketapang, mungkin sebuah kondisi yang dibutuhkan ikan cupang untuk bertelur.

Nah, itulah beberapa manfaat daun ketapang bagi ikan cupang. Bagaimana, tertarik menggunakan daun tersebut dan memperoleh manfaatnya? 

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui tentang Ikan Cupang Aduan

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai manfaat daun ketapang, bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter hewan kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:

Bangkok Post. Diakses pada 2021. Tree of life: Leaves help good health take root
Fish lab. Diakses pada 2021. Indian Almond Leaves: Keeping your fish happy, naturally.

Kumparan.com. Diakses pada 2021. Lima Manfaat Air Rendaman Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang
Kompas.com. Diakses pada 2021. Ragam Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang, Sudah Tahu?