• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Manfaat Mengonsumsi Yoghurt untuk Kesehatan?

Apa Manfaat Mengonsumsi Yoghurt untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Manfaat Mengonsumsi Yoghurt untuk Kesehatan?

Halodoc, Jakarta – Yoghurt adalah makanan yang merupakan fermentasi dari susu dan terkenal dapat menyehatkan karena kandungan probiotik yang tinggi. Namun, kebanyakan orang hanya tahu jika makanan ini dapat menyehatkan sistem pencernaan. Padahal, masih banyak manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin. Berikut beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui!

Manfaat Yoghurt Terhadap Kesehatan

Yoghurt merupakan produk susu yang dibuat dengan metode fermentasi. Makanan ini kaya akan kandungan protein dan kalsium, sehingga mampu meningkatkan bakteri baik yang ada di sistem pencernaan, terutama usus. Asam laktat dibutuhkan untuk menghasilkan yoghurt, agar protein susu dapat mengental dan memberikan rasa serta struktur yang unik. Apabila ditambahkan gula, beberapa produk susu ini menjadi tidak menyehatkan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Konsumsi Yogurt Bikin Pencernaan Sehat

Faktanya, masih banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi yoghurt secara rutin, meski tergantung pada jenis yang kamu konsumsi sehari-hari. Selain itu, makanan ini juga dapat menjadi pilihan seseorang yang tidak dapat mengonsumsi produk susu atau zat hewani akibat alergi atau intoleransi. Hal ini karena yoghurt mengandung lebih sedikit laktosa dibandingkan susu karena adanya proses fermentasi.

Nah, kamu juga perlu tahu beberapa manfaat dari yogurt untuk kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Salah satu manfaat yoghurt untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi ketika probiotik mengubah mikroflora usus dan mengurangi respons sistem kekebalan tubuh yang dapat memperburuk penyakit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan resistensi dan pemulihan dari infeksi. Penelitian menyebut jika durasi semua gangguan yang disebabkan oleh penyakit lebih pendek pada orang yang rutin mengonsumsi yoghurt, dibandingkan yang tidak.

2. Mencegah Osteoporosis

Nutrisi yang cukup sangat berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, terutama kandungan kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan ini terdapat dalam yogurt sehingga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang. Kalsium terbukti dapat meningkatkan massa tulang untuk semua orang tidak terpaku usia. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Mengenai Yogurt Kelapa

Jika kamu ingin memastikan tingkat kepadatan tulang dan seberapa besar kebutuhan terhadap kalsium dan vitamin D setiap hari, pemeriksaan di rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc dapat dilakukan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan tersebut hanya dengan penggunaan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lainnya dari yogurt untuk kesehatan tubuh adalah mengurangi risiko dari tekanan darah tinggi. Dipercaya jika susu rendah lemak yang mirip dengan yoghurt dapat membuat tekanan darah menjadi normal jika dikonsumsi secara rutin. Disebutkan jika penurunan risiko terkena darah tinggi mencapai 50 persen pada seseorang yang mengonsumsi 2–3 porsi susu rendah lemak dalam sehari. Tidak ada salahnya untuk mengganti susu rendah lemak dengan yoghurt.

4. Pilihan Baik saat Diet

Yoghurt juga dapat bermanfaat sebagai makanan yang sangat baik saat kamu sedang dalam program diet. Hasil fermentasi susu ini dipercaya dapat menjadi camilan yang tepat di jam-jam tertentu saat perut tiba-tiba lapar padahal jadwal makan selanjutnya masih lama. Memang telah terbukti jika makanan ini dapat membuat seseorang merasa kenyang dibandingkan camilan lainnya, serta mampu menyehatkan tubuh.

Baca juga: Yogurt Kelapa Lebih Sehat dari yang Berbahan Hewani, Benarkah?

Sekarang kamu tahu apa saja manfaat dari yoghurt untuk kesehatan tubuh, bukan hanya sistem pencernaan. Maka dari itu, ada baiknya kamu membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan hasil fermentasi ini. Tentu kamu tidak ingin kan memiliki osteoporosis saat tua karena kepadatan tulang yang terus menurun akibat faktor usia? Biasakan hal baik ini sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Impressive Health Benefits of Yogurt.
Web MD. Diakses pada 2021. The Benefits of Yogurt.