• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Buah yang Sebaiknya Tidak Masuk Kulkas?

Apa Saja Buah yang Sebaiknya Tidak Masuk Kulkas?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apa Saja Buah yang Sebaiknya Tidak Masuk Kulkas?

Halodoc, Jakarta – Kulkas adalah perabotan elektronik yang penting di setiap rumah tangga. Kulkas sangat membantu dalam menyimpan dan membuat makanan lebih tahan lama serta terjaga kualitasnya. Hanya saja tidak setiap makanan, khususnya buah-buahan perlu disimpan di kulkas. 

Terlepas dari fungsi kulkas, ternyata mendinginkan buah-buahan tertentu bisa mengubah rasa. Bahkan bisa mengurangi kualitas nutrisi atau mempercepat proses pembusukan. Berikut ini penjelasan tentang beberapa buah-buahan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Buah yang Sebaiknya Tidak Masuk Kulkas

Ada beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya tidak masuk kulkas, yaitu:

1. Semangka dan Melon

Simpan semangka dan melon utuh (belum dikupas dan dipotong) di suhu ruang untuk menjaga rasa terbaiknya. Menyimpan melon dan semangka pada suhu ruangan bisa menjaga antioksidan di dalamnya jadi lebih utuh. Setelah dipotong, simpan di lemari es selama tiga hingga empat hari. 

2. Apel

Apel yang baru dipetik lebih baik diletakkan di meja dapur dibandingkan disimpan di dalam kulkas. Jika belum dimakan setelah satu atau dua minggu, barulah disimpan di kulkas agar tahan sedikit lebih lama.

3. Alpukat

Kualitas alpukat paling baik jika disimpan pada suhu ruang. Jika kamu punya banyak buah alpukat dan belum ada rencana untuk memotongnya, alpukat bisa disimpan di kulkas agar tetap baik selama beberapa hari. 

4. Berry

Buah-buahan berry segar yang baru dipetik akan terasa nikmat jika disimpan di suhu ruang. Sebaiknya, kamu segera memakan buah berry setelah dipetik atau dibeli. Untuk penyimpanan jangka panjang, simpan di kulkas. Untuk menghindari buah beri basah atau berjamur, bilas sebelum memakannya. 

5. Pisang

Pisang yang didinginkan di kulkas akan mengubah warna kulitnya menjadi cokelat sebelum waktunya. Selain itu, tekstur pisang akan berubah. 

Baca juga: Terapkan Gaya Hidup Sehat dengan 5 Langkah Sederhana Ini

Selain buah-buahan, ada juga makanan yang dikonsumsi sehari-hari yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, yaitu:

  • Roti

Membekukan roti tidak masalah, tapi menyimpannya di kulkas akan membuat roti lebih cepat kering. Sebaiknya simpan makanan yang segera kamu makan di suhu ruang dan bekukan sisanya. 

  • Kentang

Suhu dingin dari kulkas mempengaruhi rasa kentang. Maka itu, sebaiknya simpan kentang dalam kantong kertas. Hindari menyimpannya di kantong plastik, karena kantong plastik meningkatkan kelembapan dan mempercepat proses pembusukan.

  • Bawang Merah

Cara terbaik menyimpan bawang merah adalah dalam kantong kertas di tempat yang sejuk dan gelap, jauh dari kentang. Kentang cenderung melepaskan uap air dan gas yang bisa menyebabkan bawang membusuk. Bawang akan menyebarkan aroma pada makanan di dekatnya. Kelembapan kulkas akan membuat bawang cepat membusuk. 

  • Bumbu atau Saus Salad

Sama seperti bumbu lainnya, saus salad, yang berbahan dasar cuka atau minyak, bisa disimpan dengan baik di suhu ruang. Namun, saus salad yang berbahan dasar krim, yogurt, atau mayo harus disimpan di kulkas. 

  • Tomat

Tomat kehilangan rasa dan mulai lembek saat disimpan di dalam kulkas. Namun, untuk mematangkan tomat lebih cepat, simpan tomat di luar kulkas dalam kantong kertas. Setelah matang, tomat akan bertahan selama sekitar 3 hari. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

  • Kecap

Berkat cuka dan pengawet di dalamnya, kecap akan baik-baik saja meski disimpan di meja dapur. 

  • Minyak

Hampir semua minyak aman disimpan pada suhu ruang. Jika minyak memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah, maka sebaiknya simpan di tempat dingin. Satu-satunya minyak yang harus didinginkan adalah minyak berbahan dasar kacang. 

Itulah buah-buahan dan makanan yang sebaiknya tidak masuk kulkas. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang nilai gizi makanan yang sehat untuk dikonsumsi, diskusikan pada dokter spesialis gizi melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Food Network. Diakses pada 2021. 13 Foods to Help You Age Gracefully
Times Food. Diakses pada 2021. 24 foods you should STOP refrigerating!