• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai?

Apa Saja Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apa Saja Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai?

Halodoc, Jakarta - Kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di sel-sel payudara. Kanker payudara merupakan kanker paling umum yang didiagnosis pada wanita. Meski begitu, kanker payudara juga bisa terjadi pada laki-laki. Penting untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara agar lebih waspada.

Mengetahui bagaimana payudara biasanya terlihat dan terasa adalah bagian penting dari kesehatan payudara. Meskipun melakukan tes skrining rutin untuk kanker payudara itu penting, mammogram tidak bisa menemukan semua kanker payudara. Artinya, penting bagi setiap perempuan untuk mewaspadai perubahan pada payudara dan mengetahui ciri-ciri kanker payudara. 

Baca juga: Jangan Tertukar, Ini Pengertian Kista dan Tumor Payudara

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

Pada tahap awal, kanker payudara mungkin tidak terlihat ciri-ciri yang mencolok. Pada banyak kasus, tumor mungkin terlalu kecil untuk bisa dirasakan, namun kelainan masih bisa dilihat pada mammogram. Jika tumor sudah bisa dirasakan, tanda pertama biasanya adalah benjolan baru di payudara yang sebelumnya tidak ada. 

Namun, tidak semua benjolan adalah kanker. Setiap orang memiliki gejala kanker payudara yang berbeda. Berikut ini beberapa ciri-ciri umum kanker payudara, yaitu: 

  • Muncul benjolan baru di payudara atau ketiak.
  • Bagian payudara menebal atau bengkak.
  • Iritasi atau lesung pipit pada kulit payudara.
  • Kemerahan atau kulit bersisik di area puting atau payudara.
  • Terasa nyeri di area puting ketika ditarik.
  • Keluar cairan dari puting selain ASI, misalnya darah.
  • Terlihat perubahan ukuran atau bentuk payudara.
  • Nyeri di setiap area payudara.

Perlu diingat, gejala ini bisa terjadi dengan kondisi lain selain kanker payudara. Jika mengalami salah satu dari ciri-ciri di atas, bukan berarti kamu mengalami kanker payudara. Misalnya, nyeri di payudara atau benjolan di payudara bisa disebabkan oleh kista jinak. 

Namun, jika kamu menemukan benjolan di payudara atau memiliki gejala lain, sebaiknya temui dokter untuk pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut. Kamu bisa membuat jadwa temu dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kanker Payudara

Jenis-jenis Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa jenis kanker payudara dan dikelompokkan menjadi dua kategori utama, yaitu “invasif” dan “non-invasif”, atau in situ. Meskipun kanker invasif telah menyebar dari saluran payudara atau kelenjar ke bagian payudara lainnya, kanker non-invasif belum menyebar dari jaringan aslinya. 

Kedua kategori ini digunakan untuk mendeskripsikan jenis kanker payudara yang paling umum, di antaranya:

  • Karsinoma duktal in situ. Karsinoma duktal in situ (DCIS) adalah kondisi non-invasif. Dengan DCIS, sel kanker terbatas pada saluran di payudara dan tidak menyerang jaringan payudara di sekitarnya. 
  • Karsinoma lobular in situ. Jenis ini merupakan kanker yang tumbuh di kelenjar penghasil susu di payudara. Seperti DCIS, sel kanker belum menyerang jaringan di sekitarnya. 
  • Karsinoma duktal invasif. Ini adalah jenis kanker payudara yang paling umum. Jenis kanker payudara ini dimulai di saluran ASI, kemudian menyerang jaringan terdekat di payudara. Setelah kanker payudara menyebar ke jaringan di luar saluran susu, kanker mulai menyebar ke organ dan jaringan terdekat lainnya. 
  • Karsinoma lobular invasif. Jenis kanker payudara ini pertama kali berkembang di lobulus payudara dan sudah menyerang jaringan di sekitarnya. 

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara yang Harus Diketahui

Jika ternyata kamu didiagnosis memiliki kanker payudara, maka kuncinya adalah perawatan dini. Kanker payudara stadium awal sering kali bisa diobati dan disembuhkan jika ditemukan dengan cukup cepat. Semakin lama kanker payudara dibiarkan tumbuh, semakin sulit pula pengobatannya.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. What Are the Symptoms of Breast Cancer?
Cancer. Diakses pada 2021. Breast Cancer Signs and Symptoms
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Breast cancer
Healthline. Diakses pada 2021. A Comprehensive Guide to Breast Cancer