• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Ciri-Ciri Seseorang Mengidap Maag Kronis?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Ciri-Ciri Seseorang Mengidap Maag Kronis?

Apa Saja Ciri-Ciri Seseorang Mengidap Maag Kronis?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Februari 2022

“Tak seperti maag akut yang sifatnya hanya sementara, ciri-ciri maag kronis bisa terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang lebih panjang. Gejala dari maag kronis sudah pasti tidak boleh disepelekan. Pasalnya, apabila tidak segera mendapatkan penanganan, sangat mungkin muncul komplikasi yang lebih serius dan membahayakan.”

Apa Saja Ciri-Ciri Seseorang Mengidap Maag Kronis?

Halodoc, Jakarta – Disebut juga gastritis kronis, maag kronis merupakan masalah pencernaan yang terjadi karena peradangan pada dinding lambung. Kondisi ini bisa terjadi secara perlahan dan bertahan hingga hitungan bulan atau bahkan tahun.

Ciri-ciri maag kronis sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi bakteri, efek mengonsumsi obat, gagal ginjal, dan diabetes. Tak hanya itu, maag kronis juga bisa terjadi karena konsumsi minuman beralkohol berlebihan dan masalah kesehatan pada imunitas yang mengakibatkan dinding lambung mengalami peradangan. 

Mengenali Ciri-Ciri Maag Kronis

Beberapa kasus maag kronis tidak menunjukkan gejala tertentu. Meski begitu, kamu tetap perlu mengenali apa saja ciri-ciri maag kronis, yaitu:

  1. Nyeri pada Perut Atas

Sakit perut menjadi gejala utama dari maag kronis. Akan tetapi, nyeri lebih sering terasa pada perut bagian atas saja, tepatnya di area ulu hati. Sebenarnya, rasa sakit muncul karena organ lambung yang mengalami peradangan ada di perut atas. Nyeri yang muncul tentu sangat membuat tidak nyaman, bahkan bisa menghambat aktivitas. 

  1. Sering Mual dan Muntah

Selain itu, pengidap maag kronis juga lebih sering mual dan muntah. Akibatnya, tentu makan pun menjadi tidak nyaman dan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh menjadi berkurang. Saat terserang gastritis kronis, mual dan muntah akan lebih sering terjadi setelah kamu makan. 

Terlebih jika kamu makan terlalu banyak dan tergesa-gesa. Meski terdengar sepele, kamu tetap tidak boleh meremehkan munculnya rasa mual dan muntah. Pasalnya, ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lainnya yang lebih berbahaya. 

  1. Perut Kembung

Perut terasa kembung sebagai ciri-ciri maag kronis lainnya terjadi karena bertumpuknya gas di dalam perut. Namun, kondisi ini tak selalu terjadi karena gastritis, ada pula kemungkinan medis lainnya, seperti GERD atau meningkatnya asam lambung. 

Dampaknya, kembung yang terasa membuat kamu cepat merasa kenyang meski baru makan dalam porsi yang sangat kecil. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu juga mengalami nyeri perut setelah makan.

  1. Perut Begah atau Penuh Setelah Makan

Apakah kamu sering merasa begah atau penuh pada perut setelah makan? Jika iya, bisa jadi kamu sedang mengalami maag. Bahkan, rasanya kamu sudah kenyang meski baru mengisi perut sedikit. Tak jarang, rasa begah juga diikuti dengan naiknya asam lambung. Tentu saja, hal ini akan membuat kamu merasa sangat tidak nyaman. 

  1. Nafsu Makan Menurun

Rasa cepat kenyang yang diikuti dengan sakit perut setelah makan tak jarang membuat kamu menjadi tak nafsu makan. Kondisi ini sebenarnya bukan karena tidak merasa lapar, melainkan adanya rasa tidak nyaman ketika makan dan setelahnya. 

Nafsu makan yang menurun ini menyebabkan kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, kondisi ini nantinya bisa membuat asam lambung lebih mudah naik. Tak hanya itu, berat badan juga menurun dan kamu pun menjadi lebih rentan terserang penyakit karena asupan nutrisi yang tidak terpenuhi. 

  1. Penurunan Berat Badan

Kurangnya gizi dan jumlah makanan yang masuk mengakibatkan penurunan berat badan. Ini adalah dampak yang muncul karena rasa tidak nyaman saat makan yang membuat kamu menjadi tidak bernafsu. 

Jadi, apabila kamu mengalami ciri-ciri maag kronis tadi, segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Jadi, penanganan bisa dilakukan dengan tepat. Jika membutuhkan obat, kamu bisa cek kebutuhan obat di apotek online di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc segera!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Chronis Gastritis.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What Are the Cause and Symptoms of Chronic Gastritis?
Medscape. Diakses pada 2022. Chronis Gastritis.