• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Ciri-Ciri yang Menandakan Kulit yang Sensitif?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Ciri-Ciri yang Menandakan Kulit yang Sensitif?

Apa Saja Ciri-Ciri yang Menandakan Kulit yang Sensitif?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 November 2021
Apa Saja Ciri-Ciri yang Menandakan Kulit yang Sensitif?

“Ada banyak ciri ciri kulit sensitif yang perlu kamu ketahui dan dengan mengetahuinya, maka kamu bisa memilih perawatan yang paling tepat untuk mencegah kemunculan gejalanya. Selain itu, kamu juga bisa meminta rekomendasi dokter kulit seputar produk yang paling aman untuk merawat kulit sensitif.”

Halodoc, Jakarta – Kulit sensitif bukanlah penyakit yang dapat didiagnosis oleh dokter. Ini biasanya merupakan gejala dari kondisi lain. Kamu bahkan mungkin tidak tahu bahwa kamu memiliki kulit sensitif sampai memiliki reaksi buruk terhadap produk kosmetik, seperti sabun, pelembap, atau riasan.

Kondisi yang menyebabkan kulit sensitif juga jarang yang serius. Kamu biasanya dapat mengendalikan gejala dengan beberapa perubahan sederhana pada rutinitas perawatan kulit. Selain itu, penting juga untuk mengetahui ciri-ciri kulit sensitif sehingga kamu bisa segera melakukan perawatan untuk mencegah kondisi semakin memburuk.

Ciri-Ciri Kulit Sensitif

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kulit sensitif yang perlu kamu ketahui:

  1. Kulit Reaktif

Jika kamu memiliki kulit sensitif, maka kamu akan melihat ciri-ciri kulit sensitif yang pertama adalah kondisi kulit yang reaktif. Kamu mungkin memperhatikan bahwa sabun, deterjen, wewangian, parfum, produk perawatan kulit, dan produk rumah tangga dapat menyebabkan kulit mengalami perubahan atau bereaksi. Namun reaksi juga bisa berbeda-beda tiap orang, seperti gatal, kering, atau memerah. Selain itu, paparan dingin, matahari, dan angin juga bisa memperparah kondisinya. 

  1. Melihat Tanda Kemerahan

Ciri-ciri kulit sensitif lainnya adalah munculnya gejala kemerahan. Ini bisa berupa ruam merah, benjolan merah, atau sebagainya. Biasanya, kemerahan akan hilang setelah menghilangkan iritasi atau dengan perawatan ringan.

  1. Kulit Kering

Kulit kering dan kulit sensitif bisa berjalan beriringan. Ini dapat menyebabkan jerawat dan kulit pecah-pecah. Kamu mungkin akan memiliki lebih banyak masalah dengan kulit kering dalam cuaca dingin, kering, dan saat terkena angin. Menggunakan pelembap lembut dan melindungi kulit dengan baik dapat membantu melawannya.

  1. Sering Mengalami Ruam 

Ciri-ciri kulit sensitif lainnya adalah kulit sering mengalami reaksi berupa ruam merah, kering, bersisik, atau bergelombang saat terkena pemicu. Ini terutama berlaku untuk produk yang tertinggal di kulit, seperti krim wajah. Kamu mungkin mengalami ruam dengan sangat cepat setelah kontak. Ruam bisa membuat tidak nyaman, tidak enak dilihat, dan membandel. Namun, jika kamu alergi terhadap sesuatu, kondisi bisa lebih serius, daripada kondisi kulit sensitif semata.

  1. Rentan Berjerawat

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu mungkin mengalami jerawat yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula. Kamu mungkin juga menyadari bahwa sabun atau krim jerawat untuk mengobati jerawat hanya memperburuk gejala. Dokter kulit dapat membantu menentukan produk apa yang tepat untuk kulitmu dan membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi tambahan.

  1. Kulit Mudah Terbakar Sinar Matahari

Ciri-ciri kulit sensitif lainnya adalah kulit jadi lebih rentan terhadap efek berbahaya dari sinar matahari. Jika kulit sudah teriritasi atau mengelupas, kamu akan jauh berisiko. Kamu harus selalu memakai tabir surya ketika berada di luar, terutama di area wajah. Ini karena beberapa bahan dalam tabir surya dapat menyebabkan reaksi alergi. Carilah bahan-bahan yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Kamu juga perlu memilih tabir surya yang berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya kamu menemui dokter kulit untuk meminta saran atau bahkan meminta mereka merekomendasikan produk perawatan kulit yang sesuai untukmu. Kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Forefront Dermatology. Diakses pada 2021. 6 Signs You Have Sensitive Skin.
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Sensitive Skin and How Can I Care for It?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Sensitive Skin: Treatments and Causes.