Apa Saja Hal Wajib yang Harus Dilakukan saat Malam Pertama?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Saja Hal Wajib Yang Harus Dilakukan saat Malam Pertama?

Halodoc, Jakarta – Setelah menikah, pasangan suami istri yang sah akan mengalami momen bernama malam pertama. Malam pertama identik dengan hubungan intim. Sayangnya, tidak jarang pasangan pengantin baru merasa kebingungan untuk melewati malam ini sebab banyaknya mitos yang beredar seputar malam pertama. Mempersiapkan malam pertama juga menjadi hal yang susah-susah gampang dilakukan. 

Nyatanya, melakukan persiapan sebelum memasuki momen ini adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Namun, tidak jarang pasangan pengantin baru malah tidak bisa mempersiapkannya dengan baik, karena terlalu lelah, bersemangat, bahkan terpapar informasi yang salah seputar malam pertama. Alhasil, momen bersejarah ini bisa terlewat begitu saja tanpa satu kenangan indah. 

Baca juga: 5 Perubahan pada Tubuh Wanita Setelah Malam Pertama

Persiapan Menjelang Malam Pertama 

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pasangan pengantin baru sebelum malam pertama. Dengan begitu, momen ini bisa dilewati dengan baik dan perasaan bahagia. Kamu dan pasangan perlu tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum, sesaat, dan sesudah malam pertama berlangsung. Biar lebih jelas, simak pembahasannya berikut ini! 

  • Perawatan Tubuh 

Meski sudah menikah, tetapi tidak jarang pasangan pengantin ingin merasakan sensasi tersendiri saat malam pertama berlangsung. Hal itu juga terkait dengan perawatan tubuh sebelum menikah dan malam pertama. Kamu dan pasangan bisa melakukan perawatan, seperti waxing, lulur, dan lainnya. Selain membuat tubuh menjadi lebih bersih dan wangi, perawatan-perawatan ini juga bisa membuat pasangan pengantin menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi malam pertama. 

  • Setting Kamar  

Malam pertama tidak hanya seputar hubungan intim. Kamu dan pasangan juga perlu membangun suasana agar malam yang dilewati menjadi lebih penuh makna. Salah satunya adalah dengan setting kamar atau tempat tidur seromantis mungkin. Kamar pengantin menjadi tempat penting yang harus disiapkan menjelang malam pertama. Setting kamar yang pas bisa membantu merangsang mood dalam berhubungan intim. 

  • Pakaian yang Diinginkan 

Tidak ada salahnya bagi pasangan pengantin baru untuk “berpetualang” dengan pakaian saat melewati malam pertama. Dalam hal ini, kamu dan pasangan bisa saling menggoda dengan mengenakan pakaian seksi, tetapi pastikan tidak berlebihan dan norak. Membangun fantasi sebelum berhubungan intim, nyatanya bisa membantu kamu dan pasangan menikmati malam pertama. 

Baca juga: Agar Tidak Grogi, Ini Tips Mempersiapkan Malam Pertama untuk Wanita

  • Jangan Lupa Foreplay 

Satu hal penting yang wajib dilakukan sebelum berhubungan intim adalah foreplay. Aktivitas ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum berhubungan intim. Cara ini bisa dilakukan untuk mendapat keintiman dengan pasangan dan mencapai rasa nikmat yang penuh. Foreplay juga bisa membantu menyiapkan tubuh sebelum penetrasi dilakukan, sehingga terhindar dari rasa nyeri

  • Bersihkan Organ Intim 

Setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan, hindari langsung tidur. Agar tetap sehat, biasakan untuk mencuci dan membersihkan organ intim terlebih dahulu setelah malam pertama. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri atau ragi. Meski begitu, sebaiknya hindari membersihkan organ intim menggunakan sabun antibakteri. Sebab, bahan kimia dalam pembersih tersebut malah bisa mengacaukan tingkat pH pada Miss V, sehingga risiko infeksi atau iritasi bisa menjadi lebih besar. Selain membersihkan organ intim, biasanya juga untuk buang air kecil setelah bercinta. 

Baca juga: Pillow Talk, Ritual Penting Setelah Berhubungan Intim

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download  Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
The Healthsite. Diakses pada 2019. A step by step guide on how to have sex.
Lifestyles. Diakses pada 2019. A Guys Guide To Preparing Sex.
Women’s Health. Diakses pada 2019.  5 Things You Should Always Do After Sex.