• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Jenis Makanan yang Bisa Sebabkan Usus Buntu?

Apa Saja Jenis Makanan yang Bisa Sebabkan Usus Buntu?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Penyakit usus buntu, atau yang dikenal istilah apendisitis adalah peradangan yang terjadi di bagian usus besar, di sisi kanan bawah perut. Pengidap kondisi ini ditandai dengan gejala mual dan muntah, penurunan nafsu makan, nyeri perut mendadak, demam, serta perut kembung. Sejumlah gejala yang muncul memang tidak bisa dipicu langsung hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Namun, sejumlah makanan berikut ini dapat meningkatkan risiko terjadinya usus buntu. Berikut ini sejumlah makanan penyebab usus buntu.

Baca juga: Gula Pasir dengan Gula Cair, Manakah yang Lebih Berbahaya?

Makanan yang Dapat Memicu Terjadinya Usus Buntu

Gejala sakit pada perut bagian kanan bawah akan semakin parah jika pengidap bergerak, menarik napas dalam, batuk, dan bersin. Jika kondisi ini dialami oleh wanita, nyerinya terasa pada perut bagian atas, karena posisi usus buntu menjadi lebih tinggi. Nah, salah satu faktor pemicu utama dari usus buntu adalah makanan. Apa saja makanan penyebab usus buntu? Berikut ini sejumlah makanan tersebut:

1. Makanan Pedas

Makanan pedas yang menjadi penyebab usus buntu adalah cabai atau paprika. Biji cabai yang tidak hancur dapat memicu penyumbatan pada usus dalam jangka panjang, sehingga memicu peradangan usus buntu. Efek makanan pedas sendiri memang tidak terlalu terlihat. Namun, cabai menjadi salah satu pemicu sakit perut, serta gangguan pencernaan yang menjadi gejala awal usus buntu.

Rasa nyeri akibat usus buntu akan berbeda dengan sakit perut pada umumnya. Selain rasa nyeri di perut kanan bagian bawah, gangguan yang satu ini menyebabkan rasa sakit parah di area tulang dada dan pusar, disertai dengan mual. Jika kamu mengalami sejumlah gejalanya karena sering mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya segera atasi masalah yang dialami, ya.

Baca juga: Ketahui Bahaya Es Batu yang Mengandung Bakteri

2. Makanan Rendah Serat

Makanan penyebab usus buntu selanjutnya adalah makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat. Salah satu contoh makanan jenis ini adalah junk food. Makanan jenis ini menjadi penyebab tidak langsung dari penyakit usus buntu, karena memicu sembelit. Sembelit ditandai dengan susah buang air besar karena feses yang mengeras, sehingga tidak bisa bergerak menuju anus dengan lancar.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan tinggi serat sangat penting hukumnya. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah sayur, buah, dan kacang-kacangan.

3. Makanan yang Tidak Hancur Dikunyah

Makanan yang tersumbat menjadi salah satu penyebab usus buntu. Jangan disepelekan, karena potongan kecil makanan dapat memblokir permukaan rongga di sepanjang usus buntu. Hal tersebut dapat memicu pembengkakan dan pembentukan nanah. Potongan kecil makanan tersebut akan memicu bakteri berkembang biak dalam usus buntu. Jika tidak diatasi dengan baik, peradangan tersebut akan menyebabkan usus buntu pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh.

Baca juga: Makanan Berminyak Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Itulah sejumlah makanan penyebab usus buntu yang perlu dihindari. Untuk mengetahui makanan lain penyebab usus buntu, silahkan bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya. Jika menemukan gejalanya, segera atasi. Jika tidak, komplikasi yang mengancam nyawa bisa saja terjadi.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2021. Can fruit seeds and undigested plant residuals cause acute appendicitis.
MedicineNet. Diakses pada 2021. Digestive Diseases: Appendicitis.
Everyday Health. Diakses pada 2021. What Causes Appendicitis? Obstructions and Other Contributors.