• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda?

Apa Saja Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Desember 2021
Apa Saja Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda?

“Selama hamil, ibu bisa mendapatkan manfaat kelapa hijau yang sangat banyak. Ini karena kelapa hijau mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Namun, jika ibu hamil menggunakan kelapa hijau sebagai obat pelengkap, ada baiknya untuk tetap mengonsumsi obat utama dan pastikan diskusikan dengan dokter sebelum konsumsi air kelapa hijau.”

Halodoc, Jakarta – Air kelapa hijau merupakan salah satu minuman pengganti elektrolit yang cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan masalah, seperti sakit perut atau dehidrasi yang parah. Tak hanya itu saja, air kelapa juga dikenal berkhasiat untuk ibu hamil maupun janin.

Di dalam air kelapa, nyatanya terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan juga protein. Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, air kelapa dipercaya sangat baik untuk kesehatan ibu hamil muda. Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat kelapa hijau untuk ibu hamil muda, berikut ulasannya!

Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini beberapa manfaat kelapa hijau untuk ibu hamil muda yang perlu kamu tahu:

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kelapa hijau untuk ibu hamil muda yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Selain airnya, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi dua sendok makan minyak buah kelapa yang tidak diproses per hari. Ini karena minyak buah kelapa kaya akan sifat antivirus, antijamur, dan antibakteri. Air kelapa hijau juga memiliki manfaat yang sama, yakni memperkuat sistem kekebalan karena memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus.

Hebatnya lagi, minyak kelapa dapat membantu mencegah pilek, flu, dan virus lainnya yang sangat membantu ketika ibu hamil tidak ingin menggunakan obat, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan bayi yang belum lahir.

  • Mencegah Anemia

Manfaat kelapa hijau untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah mencegah anemia. Dengan mengonsumsi santan selama kehamilan, ini bisa menjadi cara ampuh dalam  mencegah anemia, yang merupakan masalah umum para ibu hamil.  Santan adalah makanan yang akan zat besi dan ibu hamil dapat mengonsumsi santan untuk mendapatkan zat besi secara teratur.

  • Mengurangi Morning Sickness

Manfaat kelapa hijau untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah mengurangi morning sickness. Ini karena saat ibu hamil minum air buah kelapa bisa mengurangi muntah. Air buah kelapa telah lama digunakan untuk mendukung pemulihan dari muntah yang disebabkan oleh penyakit, termasuk salah satunya adalah morning sickness.

  • Mengurangi Jerawat

Air kelapa hijau juga memiliki sifat antibakteri, karena kandungan asam laurat yang ada di dalamnya. Zat ini diyakini mampu membantu dalam mengobati jerawat. Ini adalah manfaat kelapa hijau untuk ibu hamil selanjutnya yang sayang dilewatkan. Selain itu, asam laurat juga ditemukan mampu memerangi aktivitas bakteri terkuat yaitu P. acnes, bakteri yang menyebabkan peradangan jerawat.

  • Mengurangi Tekanan Darah saat Hamil

Manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi tekanan darah. Untuk ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, minum air kelapa saat hamil diyakini bisa menjadi pilihan karena kandungan kalium di dalamnya. Nutrisi ini dikenal sebagai kontributor untuk mengatur aliran dan juga tekanan darah.

Namun, air kelapa hijau untuk ibu hamil ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan untuk tekanan darah tinggi atau preeklampsia. Jadi, ada baiknya untuk tetap berbicara dengan dokter tentang pilihan perawatan terbaik untuk kondisi ini.

Selain itu, jika ibu memiliki kekhawatiran lain saat menjalani kehamilan, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Untungnya kini kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit menggunakan aplikasi Halodoc sehingga lebih praktis. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Benefits of Drinking Coconut Water During Pregnancy.
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Coconut Water.
Weston A Price Foundation. Diakses pada 2021. A New Look at Coconut Oil.