• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Pantangan saat Melakukan Diet Keto?

Apa Saja Pantangan saat Melakukan Diet Keto?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Apa Saja Pantangan saat Melakukan Diet Keto?

Halodoc, Jakarta – Diet keto tidak boleh sembarangan dilakukan. Sebelum memutuskan untuk menjalani metode diet ini, penting untuk mengetahui informasi yang benar, termasuk hal-hal yang harus dilakukan dan hal lain yang sebaiknya dihindari. Diet keto sendiri saat ini semakin diminati, karena disebut bisa membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. 

Hampir sama dengan metode diet lainnya, diet keto perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar aman dan bisa menghasilkan penurunan berat badan yang maksimal. Secara umum, metode diet ini dilakukan dengan cara menerapkan makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Biar diet ini tetap aman dan hasilnya maksimal, ada beberapa pantangan dalam diet keto. Apa saja? 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diketahui sebelum Memulai Diet Keto

Hal yang Harus Dihindari saat Diet Keto

Metode diet ini disebut mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun hati-hati, sebaiknya cari tahu lebih dahulu semua informasi terkait diet ini sebelum memutuskan untuk ikut menjalani diet keto. Kamu juga perlu mengetahui hal apa saja yang sebaiknya dihindari atau pantangan pada saat menjalani diet keto. 

Diet keto hanya boleh dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan sebaiknya di bawah pantauan dokter. Nah, biar terhindar dari gangguan yang bisa muncul sebagai efek samping diet keto, ada beberapa pantangan yang harus dijauhi, di antaranya: 

1.Terburu-buru 

Jika kamu ingin mencoba menjalani diet ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah “merelakan” jumlah konsumsi karbohidrat harian. Porsi makan dalam diet keto standar adalah 75 persen konsumsi lemak, 20 persen protein, dan 5 persen konsumsi karbohidrat. Namun, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dalam mengubah porsi makan, sebab hal itu bisa memberi dampak pada tubuh. Cobalah lakukan pemangkasan asupan makanan secara perlahan.

Pada metode diet ini, kamu juga disarankan untuk membatasi asupan garam, tetapi hal ini sebaiknya tidak dilakukan secara ekstrem. Sebenarnya, tubuh tetap membutuhkan asupan garam dalam jumlah yang wajar. Kekurangan asupan sodium yang didapat dari garam bisa memicu dampak buruk bagi tubuh, seperti penyakit kardiovaskuler.

Baca juga: 5 Fakta yang Harus Diketahui Tentang Diet Keto

2.Terlalu Banyak Makan Lemak 

Prinsip dasar diet keto memang mengganti asupan karbohidrat dengan lemak serta protein. Namun, bukan berarti kamu boleh memakan lemak sebanyak-banyaknya, apalagi sembarangan dalam memilih jenis lemak. Pasalnya, tidak semua lemak bersifat baik dan boleh dikonsumsi secara berlebihan. 

3.Jarang Minum Air Putih 

Saat sedang menjalani diet keto, hindari dehidrasi akibat jarang minum air putih. Asupan air putih sangat penting untuk menjaga agar cairan dalam tubuh tetap tercukupi. Saat menjalani diet keto, asupan air yang cukup merupakan hal yang perlu diperhatikan. 

4.Kurang Tidur 

Metode diet keto juga harus dibarengi dengan istirahat cukup. Mengabaikan waktu tidur adalah kebiasaan yang sama sekali tidak boleh dilakukan, sebab bisa memberi dampak bagi program diet yang sedang dijalani. Selain itu, kurang tidur juga bisa memengaruhi kadar gula dalam tubuh. 

Baca juga: Jalani Diet Keto? Hati-Hati Flu Keto

Cari tahu lebih lanjut seputar diet keto dan hal apa saja yang harus dihindari dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Top Me. Diakses pada 2020. The Ketogenic Diet: 7 Common Keto Mistakes to Avoid. 
Well and Good. Diakses pada 2020. 5 Common Mistakes People Make When Starting the Ketogenic Diet.
Health. Diakses pada 2020. The 6 Biggest Keto Diet Mistakes.