• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Pantangan untuk Pengidap Infeksi Saluran Kemih?

Apa Saja Pantangan untuk Pengidap Infeksi Saluran Kemih?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Saja Pantangan untuk Pengidap Infeksi Saluran Kemih?

Halodoc, Jakarta - Infeksi dapat terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk juga pada saluran kemih. Masalah ini terbilang cukup rentan terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Seseorang yang mengalami masalah ini perlu mendapatkan pengobatan segera sebelum masalah yang lebih besar terjadi. Cara yang paling utama adalah mengonsumsi obat dan menghindari segala pantangannya. Apa saja pantangannya? Ketahui selengkapnya di sini!

Beberapa Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah gangguan infeksi yang terjadi sistem saluran kemih, seperti uretra, ginjal, serta kandung kemih. Banyak orang yang menyangka jika bakteri penyebab infeksi ini terdapat dalam urin. Faktanya, bakteri masuk ke sistem saluran kemih dari luar tubuh, seperti melakukan hubungan seksual dengan pengidap penyakit ini. Selain infeksi, gangguan ini juga menyebabkan peradangan pada tubuh.

Baca juga: Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah salah satu infeksi yang memang rentan terjadi pada semua orang, terutama wanita. Jika seseorang yang mengidap penyakit ini dalam kondisi yang sehat dan tidak ada komplikasi, dokter umumnya memberikan obat antibiotik yang harus dikonsumsi selama 3 hari. Hal ini untuk mengatasi perasaan sakit hingga terbakar saat buang air. Semakin dini masalah ini diobati, semakin sedikit dampak buruk yang dapat terjadi.

Selain pengobatan, kamu juga perlu untuk menghindari beberapa pantangan agar infeksi yang ada segera menghilang. Berikut ini beberapa pantangannya:

1. Hindari Beberapa Makanan dan Minuman

Hal pertama yang menjadi pantangan adalah hindari berbagai makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejala dari ISK. Makanan dan minuman ini dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih yang mengakibatkan rasa sakit yang lebih parah daripada sebelumnya, seperti:

  • Kopi dan soda dengan kafein.
  • Minuman beralkohol.
  • Makanan pedas.
  • Buah dengan rasa dan sifat yang asam.
  • Pemanis buatan.

Pada seseorang dengan infeksi saluran kemih sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih bahkan saat tidak haus. Hal ini berguna untuk mengeluarkan bakteri yang ada saat terdorong urin dari dalam tubuh. Kamu juga dapat mengonsumsi buah cranberry dan blueberry yang ampuh untuk menghilangkan bakteri. Terakhir, perbanyak konsumsi makanan dengan probiotik karena mengandung bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat.

Baca juga: Apakah ISK Termasuk Penyakit Berbahaya?

2. Hindari Keterlambatan Pemeriksaan ke Dokter

Saat kamu merasakan beberapa gejala yang berhubungan dengan infeksi saluran kemih, segera periksakan diri ke dokter. Pengobatan sendiri yang dilakukan dapat memberikan waktu tambahan untuk penyebaran infeksi yang terjadi. Semakin kamu menunda untuk mendapatkan pertolongan, risiko komplikasi kesehatan yang dapat terjadi semakin serius. Obat-obatan yang mudah diakses mungkin dapat menghilangkan rasa sakit, tetapi tidak mengatasi masalah yang ada.

Kamu juga dapat melakukan pemesanan pemeriksaan terkait gangguan pada sistem saluran kemih di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, pemesanan dapat dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone di tangan. Jangan ragu lagi, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Hindari Berhenti Konsumsi Obat Lebih Awal

Obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter berguna untuk mengatasi infeksi yang terjadi dan perlu dikonsumsi selama waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Hal ini berguna untuk menghilangkan segala bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Perasaan lebih baik dapat dirasakan beberapa hari setelah mengonsumsi obat bukan pertanda jika masalah yang ada sudah selesai.

Baca juga: Infeksi Virus vs Infeksi Bakteri, Lebih Berbahaya Mana?

Itulah beberapa pantangan yang perlu diperhatikan pada pengidap infeksi saluran kemih. Pastikan untuk menghindari segala hal yang telah disebutkan demi kesembuhan diri sendiri. Dengan menyepelekannya, mungkin saja masalah yang terjadi akan lebih lama untuk diatasi bahkan dampak buruk yang dirasakan semakin besar.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Urinary Tract Infections.
The Women’s Clinic. Diakses pada 2021. 5 Things to Avoid When You Have a UTI.