• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Rumus untuk Menghitung Masa Subur?

Apa Saja Rumus untuk Menghitung Masa Subur?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Menghitung masa subur setelah menstruasi merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk mendapatkan kehamilan. Kecocokan masa subur dengan berhubungan intim dapat memberikan peluang besar mendapatkan keturunan. Hal tersebut dikarenakan, di masa subur, sel telur yang sudah matang siap dibuahi oleh sperma. Namun, bagaimana rumus menghitung masa subur? Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini, ya.

Baca juga: Adakah Penjelasan Medis tentang Mood Ibu Hamil di Trimester Pertama?

Ingin Hamil, Begini Rumus Menghitung Masa Subur Wanita

Salah satu benda penting yang diperlukan untuk menghitung masa subur wanita adalah kalender. Jika ingin mengetahui waktu subur yang pasti, kamu harus menandai setiap tanggal awal menstruasi. Jika bingung, begini rumus menghitung masa subur:

  • Catat Berapa Lama Waktu Menstruasi

Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari pertama kamu mengalami menstruasi, sampai hari terakhir. Panjang siklus menstruasi setiap orang akan berbeda-beda setiap bulan, untuk mengetahui rata-ratanya, setidaknya catat selama 8 bulan.

  • Menghitung Perkiraan Masa Subur

Setelah mengetahui berapa lama waktu menstruasi, tahap selanjutnya adalah menghitung perkiraan masa subur. Caranya adalah dengan mencari siklus terpanjang dan siklus terpendek dari menstruasi. Setelah ditemukan, lakukanlah perhitungan seperti di bawah ini:

  1. Kurangi 18 hari dari siklus terpendek. Misalnya, masa siklus terpendek adalah 25 hari, maka hari pertama masa subur adalah hari ke tujuh, dihitung dari hari pertama menstruasi.
  2. Kurangi 11 hari dari siklus terpanjang. Misalnya, masa siklus terpanjang adalah 29 hari, maka hari terakhir masa subur adalah hari ke 18 setelah hari pertama menstruasi.

Dari perhitungan tersebut diketahui jika berhubungan seks sebaiknya dilakukan di antara waktu tersebut, yaitu hari ke 7–18 setelah menstruasi selesai. Hari-hari tersebut adalah kesempatan terbaik agar wanita cepat mengalami kehamilan. Waktunya sendiri akan berbeda-beda pada setiap wanita. Jadi, silahkan hitung masa suburmu sendiri, ya.

Baca juga: Ini 10 Tanda Mual Ibu Hamil Sudah Masuk Tahap Waspada

Begini Tips Menjaga Kesuburan pada Wanita

Selain mengetahui rumus menghitung masa subur, kamu juga perlu menjaga kesuburan rahim dengan beberapa langkah berikut ini:

1. Hindari lemak jahat. Lemak yang baik memang dibutuhkan, tetapi lemak jahat akan memengaruhi kesuburan seorang wanita. Jadi, sebaiknya dihindari, ya.

2. Produk susu berlemak tinggi. Mengonsumsi produk susu berlemak tinggi dapat meningkatkan kesuburan wanita. 

3. Berolahraga. Bukan hanya memiliki tubuh yang sehat saja, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.

4. Kurangi stres. Stres yang tinggi dapat menurunkan peluang kehamilan seorang wanita. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh saat sedang stres.

Baca juga: Alasan Asam Folat Penting Dikonsumsi di Awal Kehamilan

Itulah rumus menghitung masa subur, beserta cara menjaga kesuburan wanita. Jika kamu ingin melengkapi kesehatan dan peluang kehamilan dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan, silahkan gunakan aplikasi Halodoc dan gunakan fitur “beli obat” di dalamnya, ya.

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. What is Ovulation?
Healthline Parenthood. Diakses pada 2021. What Is Ovulation? 16 Things to Know About Your Menstrual Cycle.