• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Harus Dilakukan saat Dada Kanan Terasa Sakit?

Apa yang Harus Dilakukan saat Dada Kanan Terasa Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Rasa sakit di sisi kanan dada dapat terjadi karena beberapa alasan. Nyeri dada di sisi kanan biasanya bukan akibat serangan jantung. Masalah pada organ ataupun jaringan lain akibat peradangan ataupun luka dapat memicu sakit di dada kanan. 

Rasa sakit bisa saja diakibatkan ketegangan otot, infeksi, stres, atau kecemasan. Mengetahui penyebab dada kanan terasa sakit dapat membantu kamu memberikan perawatan dan penanganan tepat untuk kondisi tersebut. Selengkapnya bisa dibaca di bawah ini!

Nyeri Dada Tidak Selalu Terkait Jantung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, nyeri dada tidak selalu terkait dengan kondisi jantung. Berikut ini adalah petunjuk bahwa nyeri dada mungkin bukan disebabkan oleh masalah jantung:

Baca juga: Penanganan Pertama saat Alami Nyeri Dada

1. Kamu mengalami rasa sakit yang tajam dan bisa secara tepat mengetahui posisi sakit tersebut.

2. Rasa sakit bertambah buruk saat kamu menarik napas dalam-dalam dan tidak bernapas selama beberapa detik mengurangi rasa sakit secara signifikan.

3. Rasa sakit terjadi ketika kamu bergerak atau menekan bagian tertentu dari dinding dada, leher, atau bahu.

4. Antasida meringankan rasa sakit.  

5. Rasa sakit hanya berlangsung beberapa detik. 

Jika kamu tidak yakin apakah gejala yang kamu alami adalah kondisi serius atau tidak, bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Nyeri dada yang tidak disebabkan oleh penyakit jantung bisa jadi merupakan tanda masalah kesehatan lain. Misalnya, problem di di aorta (pembuluh darah besar yang mengarah keluar dari jantung), paru-paru, atau organ pencernaan.

Dada kanan terasa sakit akan perlu segera dikonsultasikan ke dokter apabila sebelumnya kamu mengalami riwayat nyeri dada, atau ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penyakit arteri koroner (angina) ataupun punya riwayat anggota keluarga yang meninggal mendadak karena serangan jantung.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Angin Duduk dan Serangan Jantung?

Jika sakit di dada kanan bertahan lebih dari 5 menit, segera lakukan perawatan darurat. Ini terutama bila kamu mengalami gejala lain yang mengiringi seperti:

1. Berkeringat.

2. Sesak napas.

3. Mual atau muntah.

4. Nyeri yang menyebar dari dada ke leher, rahang, atau satu atau kedua bahu atau lengan.

5. Pusing.

6. Denyut nadi cepat atau tidak teratur.

7. Tanda-tanda syok (seperti kelemahan parah atau ketidakmampuan untuk berdiri atau berjalan).

Organ Lain yang Bersinggungan dengan Dada Kanan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya rasa sakit di sisi kanan dada tidak melulu karena jantung, tetapi bisa dikarenakan organ-organ lain yang bermukim atau berdekatan dengan dada kanan. 

Dada kanan adalah rumah bagi sebagian dari sisi kanan jantung, paru-paru kanan (tiga lobus), pembuluh darah besar, seperti aorta asenden dan pembuluh darah paru, kerongkongan, dan struktur lain, misalnya kelenjar getah bening, dan saraf. 

Tulang rusuk juga terletak di wilayah ini, dan gangguan tulang belakang mungkin dirasakan di wilayah ini juga. Gangguan perut bagian atas dapat dirasakan di sisi kanan dada, dan jika diafragma teriritasi, ini mungkin berhubungan dengan rasa sakit di bahu kanan juga. Hati, kantong empedu, dan bagian pankreas juga terletak di area ini. Masalah pencernaan, seperti gerd, masuknya benda asing di esofagus, infeksi kandung empedu, dan pankreatitis dapat memicu dada kanan terasa sakit.

Referensi:
VeryWell Health. Diakses pada 2020. Causes of Right Side Chest Pain.
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Chest pain: First aid.