• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Harus Dilakukan sebelum Operasi Gigi Bungsu?

Apa yang Harus Dilakukan sebelum Operasi Gigi Bungsu?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa yang Harus Dilakukan sebelum Operasi Gigi Bungsu?

Halodoc, Jakarta - Kesehatan gigi harus selalu dijaga untuk mencegah timbulnya rasa tidak nyaman di mulut. Saat tumbuh dewasa, pertumbuhan gigi masih dapat terjadi, yang disebut juga dengan gigi geraham ketiga atau gigi bungsu. Biasanya, pertumbuhan gigi ini terjadi di usia 17 hingga 24 tahun. 

Namun, pertumbuhannya terkadang tidak sesuai harapan sehingga perlu dilakukan operasi. Perasaan nyeri yang intens dapat dirasakan setiap hari hingga gigi ini dicabut. Sebelum operasi dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar semuanya berjalan dengan lancar. Berikut pembahasan lebih lengkapnya!

Baca juga: Apakah Semua Orang Akan Tumbuh Gigi Bungsu?

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Operasi Gigi Bungsu

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga dan terakhir yang muncul saat seseorang berusia 17–24 tahun. Bagian ini dapat banyak memberikan manfaat jika tumbuh dengan sehat dan sejajar. Apabila tidak, kamu dapat merasakan sakit dan nyeri hingga kesulitan untuk makan dan berbicara. 

Masalah yang timbul akibat gigi baru ini terkadang menjadi tidak tertahankan, sehingga membutuhkan pencabutan dengan cara operasi. Jika diabaikan, masalah yang lebih besar dapat terjadi dan membutuhkan perawatan gigi yang lebih rumit serta mahal. Maka dari itu, jika kamu merasakan ada masalah terkait gigi bungsu, ada baiknya segera mendapatkan perhatian khusus dari dokter gigi.

Bagaimana cara gigi bungsu bisa menimbulkan masalah?

Alasannya sederhana, rahang manusia tidak mencukupi untuk menampung tumbuhnya gigi bungsu. Oleh karena tidak cukup ruang untuk gigi ini, biasanya dapat tumbuh dengan posisi miring. Selain itu, gigi bungsu juga gagal muncul sepenuhnya dan sisa gigi yang ada dapat menimbulkan masalah di mulut. Gigi bungsu juga sering merusak gigi yang ada di sebelahnya dan butuh pencabutan dengan cara operasi.

Baca juga: Cara Mengetahui Gigi Bungsu Bermasalah

Sebelum melakukan operasi gigi bungsu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hal tersebut karena pada kebanyakan kasus, proses pencabutan gigi bungsu dilakukan dengan prosedur rawat jalan. Artinya, kamu dapat pulang di hari yang sama setelah operasi dilakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa persiapan yang dibutuhkan sebelum operasi dilakukan:

1. Atur Transportasi

Operasi pencabutan gigi bungsu mengharuskan ahli bedah menggunakan anestesi saat dilakukan. Hal ini membuat seseorang tidak dapat mengemudi sendiri setelah prosesnya selesai. Maka dari itu, persiapan untuk mengatur transportasi saat pulang sangat penting untuk dilakukan. Cobalah untuk meminta rekan, keluarga, dan orang terdekat lainnya agar tetap aman hingga tiba di rumah.

2. Hindari Makan atau Minum Sebelumnya

Saat operasi gigi bungsu dilakukan, kamu akan dibius, sehingga perlu menghindari makan apa pun agar tidak muntah. Kebanyakan orang dapat mengalami mual atau ketidaknyamanan setelah mendapatkan anestesi umum. Selain tidak makan dan minum, penting juga untuk memberitahu dokter gigi jika mengonsumsi obat yang dikonsumsi untuk menghindari reaksi buruk.

3. Datang Lebih Awal

Kamu juga disarankan untuk datang lebih awal sebelum operasi gigi bungsu dilakukan. Hal ini dapat digunakan untuk bertanya pada dokter gigi tentang semua prosedur yang akan dilakukan agar menimbulkan rasa nyaman dan rileks sebelum operasi. Salah satu hal yang penting juga untuk bertanya jenis anestesi yang akan digunakan, agar kamu dapat mempersiapkannya secara fisik dan mental.

Baca juga: 4 Serba Serbi tentang Gigi Geraham Bungsu

Itulah beberapa hal yang dapat diperhatikan sebelum operasi gigi bungsu dilakukan. Dengan persiapan yang matang, tentu kamu bisa menghindari segala hal yang tidak terduga. Pastikan jangan sampai datang terlambat, selain dapat mengganggu jadwal dokter, kamu juga tidak memiliki waktu untuk menenangkan diri sebelum operasi dilakukan.

Kamu juga dapat melakukan pemesanan untuk pemeriksaan atau bahkan pencabutan gigi di rumah sakit yang berafiliasi dengan Halodoc. Caranya mudah saja, cukup dengan download aplikasi Halodoc, pemesanan tindakan dapat ditentukan sendiri sesuai jam atau rumah sakit yang diinginkan. Untuk mendapatkan kemudahan ini, segera unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Springvale Dental. Diakses pada 2021. As a Patient How Can You Prepare for Your Wisdom Teeth Extraction.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Wisdom tooth extraction.