• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Perlu Dilakukan untuk Meredakan Demam?

Apa yang Perlu Dilakukan untuk Meredakan Demam?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa yang Perlu Dilakukan untuk Meredakan Demam?

Halodoc, Jakarta - Demam, yang dikenal sebagai hipertermia atau pireksia menggambarkan suhu tubuh yang lebih tinggi dari biasanya, yaitu lebih dari 38 derajat Celsius. Umumnya, demam terjadi sebagai reaksi dari imunitas dalam melawan infeksi karena virus, bakteri, jamur, atau parasit yang menjadi penyebab penyakit.

Meski begitu, ada pula kondisi yang dapat mengakibatkan demam, seperti suhu panas berlebihan, menstruasi, reaksi setelah imunisasi, dan efek samping dari obat-obat tertentu. Meski terasa mengkhawatirkan, sebagian besar demam yang terjadi karena virus bisa membaik dengan sendirinya. 

Apa Saja yang Perlu Dilakukan saat Demam?

Demam menjadi tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Sebenarnya, kondisi ini terbilang menguntungkan, tetapi jika suhu tubuh terlalu tinggi, tetap saja perlu penanganan medis. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika demam menyerang:

  • Konsumsi Obat Penurun Panas

Hal pertama adalah mengonsumsi obat penurun panas. Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang kondisimu. Biasanya, dokter akan meresepkan obat penurun panas dan obat lain yang diperlukan guna membantu mengurangi gejalanya. Obat ini juga bisa langsung kamu beli melalui layanan pharmacy delivery di aplikasi Halodoc. 

Baca juga: 5 Pertolongan Pertama pada Anak Demam

  • Pastikan Tubuh Terhidrasi

Keringat yang keluar dari tubuh untuk meredakan demam akan memicu terjadinya dehidrasi. Jadi, pastikan kamu memenuhi asupan cairan tubuh agar demam bisa segera turun dan kamu tidak mengalami dehidrasi. 

  • Bantu dengan Kompres

Kompres air suam-suam kuku atau hangat bisa membantu meredakan demam dan menurunkan suhu tubuh. Selain mengonsumsi obat penurun panas, kamu juga bisa menyiapkan kompres hangat untuk membantu membuat tubuh lebih nyaman. 

Hal yang Sebaiknya Dihindari

Namun, perhatikan, sebaiknya kamu tidak melakukan hal berikut ini ketika tubuh sedang demam:

  • Memakai Pakaian Tebal

Hindari berpakaian berlebihan atau mengatur suhu kamar terlalu panas. Pasalnya, hal tersebut justru dapat mengganggu termoregulasi tubuh dan membuat demam menjadi semakin parah. Kenakan pakaian yang nyaman dan mampu menyerap keringat. 

Baca juga: Ibu Harus Tahu, Inilah 4 Fakta Penting Demam pada Anak

  • Konsumsi Kafein dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan soda serta minuman beralkohol sebaiknya kamu hindari ketika sedang demam. Minuman tersebut akan membuat kamu dehidrasi, padahal kamu justru membutuhkan banyak asupan cairan ketika sedang demam. 

  • Membiarkan Perut Kosong

Meski kamu sedang demam dan tidak nafsu makan, tetapi jangan sampai kamu merasa lapar terlalu lama. Ini karena demam mempercepat metabolisme tubuh sehingga kamu membutuhkan lebih banyak kalori dari makanan. Kelaparan benar-benar dapat melumpuhkan sistem kekebalan tubuh.

  • Mandi Air Dingin 

Air dingin memang dapat menurunkan suhu tubuh dalam jangka pendek, tetapi juga dapat membuat tubuh menggigil. Mandi air dingin sangat tidak dianjurkan karena akan menyebabkan otot menggigil dan kram. Sebagai gantinya, kamu bisa mandi atau berendam air hangat.

Baca juga: Demam pada Anak, Ini Waktu Paling Tepat untuk ke Dokter

Bagaimana Mencegah Demam Muncul Kembali?

Membatasi paparan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah demam. Agen penyebab infeksi sering menyebabkan suhu tubuh meningkat. Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mencegah demam: 

  • Sering-seringlah mencuci tangan, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah berada di sekitar banyak orang.
  • Bawalah pembersih tangan atau tisu antibakteri jika kamu beraktivitas di luar.
  • Hindari menyentuh hidung, mulut, atau mata. Melakukannya akan memudahkan virus dan bakteri masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi.
  • Tutupi mulut saat batuk dan hidung saat bersin dengan masker.
  • Hindari berbagi cangkir, gelas, dan peralatan makan dengan orang lain

Kamu tidak perlu khawatir selama suhu tubuh kamu ketika demam tidak lebih dari 39 derajat Celsius. Segera lakukan penanganan dan jangan lupa perbanyak istirahat, ya!



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Fever.
Eat This. Diakses pada 2021. 11 Things You Should Never Do When You Have a Fever.
Parents. Diakses pada 2021. The Dos and Don'ts of Fighting a Fever.