• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Benar Miom Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Apakah Benar Miom Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apakah Benar Miom Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah mengalami menstruasi yang menyebabkan rasa sakit disertai dengan perasaan tidak nyaman pada punggung? Apabila mengalami gejala tersebut, mungkin saja kamu mengidap penyakit miom. Gangguan ini termasuk dalam sel tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim. Meski begitu, banyak wanita yang bertanya jika miom bisa hilang tanpa dilakukan pengobatan. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Miom Bisa Hilang Tanpa Melakukan Pengobatan

Miom adalah pertumbuhan tumor jinak yang terjadi di dalam rahim. Gangguan ini disebut juga dengan fibroid uterus, mioma, dan leiomioma. Miom terjadi di dalam dan di sekitar dinding rahim, yang terbentuk dari otot dan jaringan lainnya. 

Meski termasuk tumor, miom tidak bersifat kanker atau mengancam nyawa pengidapnya. Meski begitu, pada kasus yang jarang terjadi, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi dan masalah terkait kesehatan. 

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Miom & Ketahui Bahayanya

Diketahui jika ukuran tumor yang tumbuh pada setiap wanita dapat berbeda-beda, sehingga pengobatannya juga tidak sama. Pada miom dengan ukuran sangat kecil, kemungkinan sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Jika ukurannya terbilang besar, maka dapat memengaruhi ukuran dan bentuk rahim, hingga munculnya komplikasi yang harus mendapatkan penanganan segera untuk pencegahan.

Namun, apa benar jika miom bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan?

Miom bisa hilang dengan sendirinya bergantung dari ukuran tumor yang terbentuk. Pada seseorang yang mengalami fibroid dengan pertumbuhan yang cepat, gejalanya dapat memburuk sejalan dengan waktu. Namun, pada wanita yang mengalami tumor berukuran kecil, gejalanya tidak terlihat dan juga dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan baru dilakukan saat perasaan tidak nyaman dirasakan bahkan mengganggu aktivitas harian.

Namun, kamu juga dapat melakukan pola hidup sehat agar miom bisa hilang tanpa melakukan pengobatan. Beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain mengonsumsi buah-buahan, sayuran berdaun hijau, daging rendah lemak, hingga susu murni. Diketahui hal ini dapat memperlambat pertumbuhan fibroid dan mengurangi gejala yang timbul, sehingga masalah yang ada menjadi lebih baik.

Baca juga: Mengenal Miom pada Rahim dan Bahayanya

Nah, ketahui juga beberapa diet dan gaya hidup lebih sehat untuk mengatasi mion, antara lain:

1. Melakukan Diet Mediterania

Salah satu cara agar miom dapat sembuh adalah dengan melakukan diet mediterania. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau segar dan matang, ditambah dengan kacang polong serta ikan. Dengan melakukan pola diet ini secara rutin dapat membantu untuk menurunkan risiko dari fibroid. Di sisi lain, mengonsumsi daging sapi, kambing, dan daging merah lainnya dapat meningkatkan risiko yang ada.

2. Mengurangi Alkohol

Cara lainnya agar miom bisa hilang adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol. Hal ini dapat terjadi karena alkohol dapat meningkatkan tingkat hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tumor jinak di dalam rahim. Selain itu, alkohol juga dapat memicu peradangan pada tubuh. Hanya dengan mengonsumsi satu kaleng bir per harinya dapat meningkatkan risiko lebih dari 50 persen. Maka dari itu, benar-benar batasi konsumsi alkohol.

Itulah pembahasan mengenai cara agar miom bisa hilang tanpa melakukan pengobatan. Selain mencegah penyakit tumor jinak ini, kamu juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan begitu, kamu bisa menerima beberapa manfaat dengan satu cara. Ada baiknya untuk rutin mengonsumsi makanan sehat setiap harinya.

Baca juga: Kaum Hawa Perlu Tahu Jenis-jenis Miom di Rahim

Kamu juga dapat melakukan pemesanan terkait kesehatan rahim untuk memastikan tidak ada miom yang tumbuh di dalamnya. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memesan sesuai dengan waktu yang diinginkan dan rumah sakit yang dekat dengan rumah. Semua ini dapat didapatkan hanya dengan mengunduh aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Shrinking Fibroids with Diet: Is It Possible?
Azura Vascular Care. Diakses pada 2021. Can Fibroids Shrink Without Treatment?