• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Gaya Hidup Sehat Bisa Mengatasi Depresi?

Apakah Gaya Hidup Sehat Bisa Mengatasi Depresi?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apakah Gaya Hidup Sehat Bisa Mengatasi Depresi?

Halodoc, Jakarta - Depresi dapat memengaruhi aspek hidup sehari-hari dan menjadi penghalang dari hal-hal yang membuat bahagia. Jadi, hidup dengan depresi memang tidak mudah, tetapi kamu harus berusaha mengatasi depresi jika mengalaminya. Sebelum gangguan kesehatan mental itu semakin mengusik kehidupan. 

Mengatasi depresi tentunya butuh bantuan ahli seperti psikolog atau psikiater. Cara pengobatan yang dilakukan biasanya mencakup pemberian obat-obatan untuk meredakan gejala dan terapi. Selain obat dan terapi, pengidap depresi perlu melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, untuk menunjang proses penyembuhan. 

Baca juga: Depresi Bisa Terjadi pada Segala Usia

Gaya Hidup Sehat yang Bisa Bantu Mengatasi Depresi

Gejala depresi sering datang tanpa kenal waktu. Jadi, melakukan berbagai cara yang dapat memperbaiki suasana hati sangatlah penting. Meski hanya dengan hal-hal kecil, perubahan gaya hidup sehat dapat membantu mengatasi berbagai tantangan saat gejala depresi tiba-tiba muncul.

Berikut gaya hidup sehat yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi depresi:

1.Memiliki Pola Makan Sehat

Di masa-masa depresi, banyak orang yang mungkin kehilangan nafsu makan, melewatkan waktu makan, atau memilih makanan yang tidak sehat, seperti yang tinggi gula agar energi kembali terisi. Padahal, sebaiknya saat depresi, pola makan sehat perlu tetap dijaga. 

Meski tidak ada bukti bahwa depresi bisa disembuhkan dengan makanan tertentu, memiliki pola makan sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh sangat penting bagi kesehatan mental. Mengonsumsi makanan kaya gizi seperti vitamin esensial dan mineral adalah kunci untuk menjaga otak agar tetap berfungsi dengan baik. 

Misalnya, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membantu otak menghasilkan serotonin yang memicu perasaan senang. Namun, yang terpenting adalah memperbanyak variasi makanan sehat dan makan dengan teratur setiap harinya. 

Baca juga: Cyberbullying Bisa Sebabkan Depresi Hingga Bunuh Diri

2.Aktif Bergerak

Aktif bergerak dalam hal ini tidak perlu sampai harus pergi ke gym atau olahraga berjam-jam setiap harinya. Cukup lakukan kegiatan sederhana seperti mengerjakan pekerjaan rumah, atau mengajak hewan peliharaan jalan-jalan. 

Dengan begitu, sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Secara tidak langsung, hal itu meningkatkan kadar dopamin yang dapat memperbaiki suasana hati. 

3.Melakukan Meditasi

Meditasi adalah hal yang sudah dilakukan oleh manusia selama beribu-ribu tahun, sebagai salah satu cara untuk menenangkan diri. Sertakan meditasi dalam gaya hidup sehat sehari-hari, dapat membantu meredakan kecemasan yang terkadang menyertai depresi.

Jika depresi mulai mengganggu jam tidur, cobalah melakukan teknik pernapasan di malam hari. Hal ini membantu menenangkan pikiran, sehingga tidur jadi lebih mudah. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti panduan dari video di internet, atau download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada psikolog lewat chat.

Baca juga: Ciri dan Tanda Gejala Depresi Pada yang Wajib Kamu Ketahui

Hal-Hal Lain yang Bantu Redakan Gejala Depresi

Selain menerapkan gaya hidup sehat seperti yang dijelaskan tadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan rumahan, untuk meredakan gejala depresi, yaitu:

  • Membuat to-do list. Ketika sedang merasa tertekan atau sedih, otak jadi sulit mengingat sesuatu, terutama hal-hal kecil. Membuat daftar berisi hal-hal yang harus dikerjakan mungkin bisa membantu. Dengan begitu, kamu bisa merasa produktif.
  • Tertawa. Meski terkesan sepele, tertawa dapat memberikan berbagai manfaat. Selain membuat suasana hati membaik, tertawa dapat membantu mengurangi hormon stres, meredakan nyeri, dan melemaskan otot. Ketika gejala depresi muncul, carilah hal-hal yang dapat membuat kamu tertawa.
  • Habiskan waktu dengan orang terdekat. Kamu mungkin kerap merasa sepi dan sendirian saat depresi menyerang. Namun, jangan menyendiri dalam waktu yang lama. Lakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia, seperti menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat yang akan selalu mendukung dan membantu kamu melewati masa-masa sulit. 

Mengidap depresi dapat membuat hidup terasa berat, sehingga wajar jika sering merasa lelah dan ingin menyerah. Namun, tetaplah berusaha dan lakukan perubahan positif sekecil apapun pada gaya hidup sehari-hari, sehingga gejala depresi bisa mereda. Jangan lupa juga untuk tetap rutin melakukan konsultasi dan terapi dengan ahlinya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Lifestyle Changes for Depression.
WebMD. Diakses pada 2020. Depression Recovery: Relaxation Exercises Can Help.
Psych Central. Diakses pada 2020. 10 Things People With Depression Should Do Each Day.