• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Makanan Manusia Aman Dikonsumsi Kucing?

Apakah Makanan Manusia Aman Dikonsumsi Kucing?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Apakah Makanan Manusia Aman Dikonsumsi Kucing?

Halodoc, Jakarta – Pemilik kucing mungkin sesekali tergoda untuk memberikan makanan yang sedang dikonsumsi kepada hewan peliharaan. Saat makan malam, kucing peliharaan mungkin akan mendekat dan terlihat ingin menyantap makanan yang sama. Namun, apakah makanan manusia aman untuk dikonsumsi kucing peliharan? 

Kabar baiknya, beberapa jenis makanan manusia mungkin aman dan boleh dikonsumsi oleh kucing peliharaan. Meski begitu, beberapa jenis makanan ini mungkin belum cukup memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Nyatanya, kucing peliharaan membutuhkan beberapa jenis asupan nutrisi tertentu untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Selain itu, tidak semua jenis makanan manusia aman untuk diberikan pada kucing.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Makanan Kucing

Memilih Makanan Manusia untuk Kucing 

Tidak semua makanan manusia aman untuk dikonsumsi kucing peliharaan. Selain bisa berdampak pada sistem pencernaan, salah memberi makanan juga bisa menyebabkan kucing kurang asupan nutrisi yang dibutuhkan. Maka dari itu, kebanyakan pemilik kucing seringnya lebih memilih makanan khusus hewan peliharaan yang sudah memiliki beragam kandungan nutrisi. 

Namun jangan khawatir, sesekali pemilik tetap bisa memberikan makanan manusia untuk kucing. Ada beberapa jenis makanan manusia yang aman dikonsumsi hewan peliharaan, di antaranya: 

  • Ikan Salmon

Bukan lagi rahasia bahwa ikan adalah makanan favorit kucing. Nah, salah satu jenis ikan yang aman dan baik untuk diberikan pada kucing peliharaan adalah ikan salmon. Jenis ikan ini banyak mengandung protein dan omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan, di samping rasanya yang lezat. Biar aman, pastikan untuk memberi makan kucing dengan ikan salmon yang sudah dimasak atau direbus. 

  • Bayam 

Makanan manusia yang juga aman untuk diberikan pada kucing peliharaan adalah bayam. Jenis sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, dan K, iron, serta kalsium. Sejumlah kandungan nutrisi tersebut membuat bayam bisa menjadi jenis makanan manusia yang baik untuk diberikan pada kucing peliharaan. 

  • Telur 

Telur kaya akan kandungan protein dan vitamin B dan cukup aman untuk diberikan pada kucing peliharaan. Beberapa jenis makanan khusus kucing yang dijual di pasaran juga seringkali memiliki kandungan telur. Biar lebih aman, pastikan untuk memasak telur terlebih dahulu sebelum diberikan pada kucing peliharaan. 

Baca juga: Makanan Basah atau Kering untuk Kucing, Mana yang Lebih Baik?

  • Daging Ayam 

Menambahkan daging ayam pada menu makanan manusia untuk kucing juga bisa menjadi pilihan. Pada dasarnya, kucing merupakan karnivora sejati, sehingga daging-dagingan adalah makanan utamanya. Nah, daging ayam yang kaya akan kandungan protein bisa menjadi salah satu pilihan makanan manusia terbaik yang bisa diberikan pada kucing peliharaan. 

  • Roti Tawar

Beberapa kucing juga menikmati roti tawar. Tidak hanya lezat, jenis makanan manusia yang satu ini juga kaya akan kandungan serat dan protein yang aman untuk pencernaan kucing peliharaan. 

  • Buah-buahan 

Ada beberapa jenis buah-buahan yang aman dan boleh diberikan pada kucing peliharaan. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah nyatanya bisa memberi sederet manfaat dan bisa menjaga kesehatan tubuh kucing peliharaan. Ada beberapa jenis buah-buahan yang aman untuk diberikan pada kucing, di antaranya pisang, apel, dan blueberry. 

Memberikan makanan manusia untuk kucing mungkin sesekali bisa menjadi pilihan. Namun, cobalah untuk memberi variasi agar kucing tidak merasa bosan dan tidak kekurangan asupan nutrisi. 

Baca juga: 4 Nutrisi Penting untuk Makanan Kucing Anggora

Kalau kucing terlihat sakit atau muncul gejala setelah mengonsumsi makanan manusia, coba bicarakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan dan gejala yang dialami kucing dan dapatkan saran kesehatan terbaik dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 



Referensi 
Purina. Diakses pada 2021. Human Food Safe For Cats?
Be Chewy. Diakses pada 2021. 15 Human Foods That Are Safe for Cats.