Apakah Pengobatan yang Ampuh untuk Atasi Balanitis?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Apakah Pengobatan yang Ampuh untuk Atasi Balanitis?

Halodoc, Jakarta - Sesuai namanya, alat vital adalah bagian yang penting dari tubuh. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga bagian tersebut agar tidak mudah terserang gangguan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada bagian vital, terutama pada pria adalah balanitis.

Gangguan ini menyebabkan kelainan pada penis pria yang terserang. Hal ini dapat membuat ujung penis mengalami peradangan. Maka dari itu, kamu harus mengetahui pengobatan efektif untuk mengatasi balanitis. 

Baca juga: Balanitis pada Anak, Ini Gejala yang Dialami

Pengobatan untuk Atasi Balanitis

Balanitis adalah gangguan yang menyebabkan kepala penis mengalami infeksi. Gangguan ini menyebabkan pengidapnya merasa tidak nyaman dan terkadang timbul rasa sakit. Walau begitu, umumnya penyakit ini tidak menimbulkan hal yang serius. Nyatanya, pria dari semua rentang usia dapat terserang gangguan ini.

Walau begitu, gangguan ini umumnya terjadi pada seseorang yang tidak disunat. Selain itu, anak-anak di bawah usia 4 tahun berisiko terhadap penyakit ini. Gangguan ini lebih mungkin terjadi jika kamu mengalami fimosis, kondisi yang menyebabkan kulup penis terlalu ketat.

Terdapat beberapa komplikasi yang terjadi ketika seseorang mengalami balanitis dan tidak segera mendapat pengobatan. Komplikasi yang terjadi menyebabkan gangguan yang parah, seperti kanker penis. Maka dari itu, kamu harus segera mendapatkan pengobatan untuk mengatasi hal tersebut berkembang menjadi hal yang parah. Berikut ini pengobatan yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Balanitis Disebabkan oleh Reaksi Alergi

Salah satu penyebab seseorang mengalami peradangan pada kepala penis adalah reaksi alergi. Pengobatan untuk atasi balanitis yang diberikan oleh dokter jika disebabkan oleh alergi adalah krim steroid ringan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi.

Selain itu, kamu mungkin diresepkan obat antijamur atau antibiotik agar mempercepat penyembuhan. Jika ternyata terdapat gangguan infeksi, krim steroid tidak boleh digunakan. Sebaiknya sabun dan segala sesuatu yang menyebabkan iritasi juga harus dihindari selama perawatan dilakukan.

Baca juga: Ini Hal yang Menyebabkan Terjadinya Balanitis

  1. Balanitis Disebabkan oleh Jamur

Penyebab lainnya yang membuat seseorang mengalami balanitis adalah infeksi dari jamur. Saat ini terjadi, pengobatan untuk atasi balanitis yang diberikan adalah krim antijamur, seperti clotrimazole atau miconazole. Sebaiknya hindari untuk berhubungan intim atau harus menggunakan kondom saat menjalani perawatan.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait pengobatan untuk atasi balanitis, dokter dari Halodoc dapat memberi solusi yang berarti. Kamu hanya perlu untuk download aplikasi Halodoc di smartphone, ya! Kamu juga bisa membeli obat melalui aplikasi tersebut tanpa harus keluar dari rumah.

  1. Balanitis Disebabkan oleh Infeksi Bakteri

Bakteri juga bisa menyebabkan infeksi pada kepala penis setiap pria. Jika hal ini sudah dipastikan karena bakteri, pengobatan yang diberikan untuk atasi balanitis adalah obat antibiotik, seperti eritromycin atau penicillin. Jika tidak ditemukan infeksi dan iritasi, maka kamu harus melakukan pemeriksaan ke dermatologis.

Baca juga: Tips Sederhana untuk Meredakan Gejala Balanitis

Itulah pengobatan untuk mengatasi balanitis ketika terjadi. Agar kamu tidak mengalami gangguan ini, ada baiknya untuk mencegahnya dengan selalu menjaga kebersihan area selangkangan kamu. Selain itu, jika kamu sudah merasa tidak nyaman di bagian penis, ada baiknya untuk langsung memeriksakannya ke ahlinya.

Referensi:
WebMD.Diakses pada 2019.Balanitis: A Penis Condition Explained
Medical News Today.Diakses pada 2019.What to know about balanitis